Sukses

13 Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru, Cara Ampuh Anti Gagal

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta Resolusi Tahun Baru adalah hal umum yang seringkali dibuat oleh semua orang untuk menyambut tahun baru. Semua orang berkumpul dan berjanji bahwa tahun ini mereka akan melakukan hal yang lebih baik. Mereka akan berusaha untuk mencapai resolusi mereka, mengubah kebiasaan dan pada akhirnya mencapai tujuan pada akhir tahun.

Membuat resolusi tahun baru adalah hal yang baik, sebab menjadi cara untuk seseorang mengubah dirinya menjadi lebih baik. Sayangnya resolusi tahun baru yang sudah ditetapkan, seringkali tidak terlaksana karena berbagai macam faktor. Penelitian oleh Journal of Clinical Psychology, University of Scranton bahkan menemukan hanya 8% resolusi yang terwujud. 

Sedangkan 92% resolusi tahun baru lainnya tidak dapat terwujud. Hal utama yang harus diperhitungkan adalah motivasi dan konsistensi dalam upaya untuk mewujudkan resolusi tahun baru. Dimulai dengan melakukan tips-tips berikut, peluang mewujudkan resolusi tahun baru dapat ditingkatkan.

Lantas apa saja tips mewujudkan resolusi tahun baru? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (2/1/2023). Tips mewujudkan resolusi tahun baru. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

1. Beritahu Orang Tentang Resolusi Anda

Dengan memberi tahu orang-orang tentang resolusi anda, anda secara sadar berkomitmen pada mereka. Jika anda memberitahu seseorang bahwa anda akan melakukan sesuatu, orang akan mengharapkan anda melakukannya. Anda tidak hanya membuat komitmen kepada anda, anda juga membuat komitmen kepada semua orang yang anda beri tahu.

Manfaat bagus lainnya untuk memberi tahu orang-orang tentang resolusi anda adalah dukungan yang menyertai mereka. Ketika orang yang tepat tahu tentang resolusi anda, mereka akan mendukung anda dalam mencapainya. Mereka akan bertindak sebagai jaring pendukung, untuk memacu anda bahkan ketika anda berpikir anda tidak dapat melakukannya.

 

2. Buat Tujuan yang Terukur

Jangan repot-repot membuat resolusi yang tidak jelas seperti, "Saya ingin menjadi lebih sehat", atau "Saya ingin lebih bahagia". Beberapa hari anda akan merasa seolah-olah anda mencapai tujuan anda, tetapi hari lain anda tidak akan melakukannya. 

Jadi tujuan yang tidak berwujud dan tidak jelas akan membuat anda merasa tersesat. Buat tujuan terukur seperti, "Saya ingin pergi ke gym tiga malam seminggu," atau "Saya ingin bertemu teman saya dua kali sebulan." Kemudian, Anda akan memiliki target yang jelas untuk dibidik.

 

3. Identifikasi Langkah-Langkah Tindakan yang Jelas

Anda tidak dapat menurunkan berat badan atau keluar dari hutang tanpa langkah-langkah tindakan yang akan membantu anda mencapainya. Buat rencana yang mencakup tujuan yang akan menciptakan perubahan.

Apakah anda akan makan salad untuk makan siang setiap hari atau anda akan berhenti makan sampai anda melunasi tagihan kartu kredit anda, berkomitmen untuk mengambil tindakan yang akan membantu anda lebih dekat dengan tujuan anda.

 

4. Mulai Saat Anda Siap

Tidak perlu meluncurkan resolusi nda pada tanggal 1 Januari. Faktanya, mulai 1 Januari mungkin merugikan. Mulailah mengerjakan tujuan anda saat Anda siap. Itu tidak berarti anda harus menunggu sampai anda merasa percaya diri sepenuhnya sebelum memulai. Tapi pastikan anda berkomitmen pada tujuan, dan anda telah memikirkan apa yang perlu anda lakukan dan bagaimana anda akan melakukannya.

3 dari 4 halaman

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

5. Lacak Kemajuan Anda

Anda perlu tahu apakah anda menuju ke arah yang benar. Jadi, penting untuk menemukan cara untuk melacak kemajuan anda. Gunakan aplikasi atau kalender untuk mencentang hari-hari anda mengerjakan sasaran. Atau buat bagan, spreadsheet, atau grafik yang membantu anda memvisualisasikan kemajuan anda.

Ketika anda dapat melihat bagaimana anda melakukannya dan langkah-langkah yang anda ambil, itu dapat mengingatkan anda seberapa jauh anda telah sampai. Meninjau upaya anda juga dapat membantu anda tetap berada di jalur saat anda merasa seolah-olah anda tidak membuat kemajuan.

 

6. Belajar Dari Kesalahan Anda

Kesalahan adalah bagian dari proses. Tapi terlalu sering orang berpikir satu kesalahan berarti mereka ditakdirkan untuk gagal. Ketika anda membuat kesalahan belajarlah dari kesalahan anda. Faktanya, sebuah penelitian  menunjukkan bahwa orang yang berhasil mempertahankan resolusinya cenderung tergelincir setidaknya 14 kali. Sebagian besar individu sukses ini mengatakan bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengubah kesalahan menjadi peluang untuk tumbuh lebih kuat dan menjadi lebih baik.

 

7. Berhenti Fokus pada Hasil Akhir

Seperti yang dikatakan Jeff Haden, ketika kita berkomitmen pada suatu tujuan, kita benar-benar harus berkomitmen pada prosesnya. Gagasan tentang tujuan seringkali terasa seperti kita menahannya. Seolah-olah kita harus mencapainya dan kita selesai. 

Namun, ketika kita berkomitmen pada proses, perjalanan, tujuan, jauh lebih mudah untuk menjadikannya pengalaman yang menyenangkan. Tujuannya ada di kejauhan, menuju ke sana di mana fokus kita perlu. Anda tidak dapat terus-menerus melihat peta untuk melihat tujuan akhir Anda saat mengemudi, jika tidak, anda akan mogok dalam perjalanan ke sana.

 

8. Ketahui Kapan Harus Istirahat

Kelelahan adalah kemungkinan yang sangat nyata saat anda tidak beristirahat. Temukan waktu setiap hari untuk membiarkan pikiran anda rileks. Tidak ada tujuan atau resolusi yang harus menghabiskan pikiran anda dari saat bangun hingga saat tidur. Mengambil istirahat yang efektif juga terbukti meningkatkan produktivitas kita.

4 dari 4 halaman

Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

9. Dorong Diri Anda

Ada kutipan bagus dari Bruce Lee, yang mengatakan:

“Jika anda selalu membatasi semua yang anda lakukan, fisik atau apa pun, itu akan menyebar ke dalam pekerjaan dan hidup anda. Tidak ada batasan. Hanya ada dataran tinggi, dan anda tidak boleh tinggal di sana, anda harus melampauinya.”

Bagaimana hal ini berkaitan dengan pencapaian resolusi anda sangat sederhana: akan ada hambatan dalam kemajuan anda untuk mencapainya. Akan ada titik di mana anda tidak yakin bahwa anda benar-benar dapat mencapai apa yang telah anda rencanakan. Bukan hanya dalam resolusi Tahun Baru Anda tetapi dalam kehidupan secara umum.

 

10. Bingkai Ulang Resolusi Anda

Resolusi anda seharusnya tidak membuat anda kecewa. Jangan biarkan resolusi anda menjadi cara pasif untuk mengatakan, "Saya tidak akan cukup baik sampai saya mencapai ini." Ini adalah cara yang pasti untuk menjadi tidak termotivasi oleh gagasan untuk mencapainya, dan benar-benar dapat membuat anda kecewa dalam jangka panjang.

Ambil perspektif baru tentang tujuan. Ingatkan diri anda bahwa anda cukup baik, setiap hari dan bahwa tujuan anda hanya berfungsi sebagai sarana untuk menjadi lebih baik. Anda tidak melakukannya untuk menjadi cukup, anda melakukannya untuk menjadi lebih baik lagi. 

 

11. Hadiahi Diri Anda Sendiri

Pengelompokan godaan adalah cara sederhana yang aneh, namun tidak mengherankan, untuk mendorong diri anda mencapai lebih banyak. Premisnya sederhana, ikat apa yang ingin anda capai (tetapi tampaknya sulit untuk melakukannya) dengan hadiah, dan dapatkan hadiah setiap kali anda bekerja untuk mencapai tujuan.

Contoh yang bagus adalah latihan anda. Jika anda benar-benar menikmati mendengarkan buku audio, tetapi tidak suka berolahraga, dan resolusi anda adalah berolahraga lebih sering, batasi waktu mendengarkan buku audio anda ke gym. Jika anda cukup menyukai buku audio anda, itu akan memacu anda untuk benar-benar berolahraga.

 

12. Jangan Menyerah pada Kritik

Anda akan menemui orang yang suka mengkritik dan mereka adalah bagian dari hidup. Jadi ubah kritik ini untuk memotivasi dan menyemangati anda dalam mencapai resolusi tahun baru anda.

Ambil kritik mereka, dan katakan pada diri sendiri bahwa anda tidak terikat oleh apa yang mereka terikat. Keluarlah, wujudkan, capai. Kemudian, setelah semua dikatakan dan dilakukan, kembalilah ke kritik dan beritahu mereka dengan hormat tentang pencapaian anda, dan berterima kasih atas bantuan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.