Sukses

Abses adalah Peradangan karena Infeksi Bakteri, Ada 3 Jenis

Abses adalah bisa muncul di area kulit, area mulut, hingga area organ dalam manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu abses? Abses adalah peradangan yang terjadi karena infeksi bakteri. Abses bisa terbentuk di area tubuh manapun. Termasuk di area kulit, area mulut, hingga area organ dalam manusia.

Meski abses lebih sering terjadi karena infeksi bakteri, tidak jarang abses muncul karena infeksi virus, parasit, atau jamur. Munculnya abses adalah ditandai dengan adanya pembengkakan halus, nyeri, demam, badan panas dingin, hingga munculnya nanah putih atau kuning.

Abses adalah peradangan akibat infeksi yang berisiko pada mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Kondisi ini membuat mereka sulit menangkal infeksi. Sistem kekebalan tubuh lemah akan membuat abses lebih sering dan lebih parah terjadi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang abses, gejala abses, penyebab abses, risiko abses, dan jenis-jenis abses, Kamis (22/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Abses adalah Peradangan karena Infeksi Bakteri

Abses adalah infeksi yang bisa muncul di area tubuh manapun. Abses masuk kategori peradangan yang jika tidak ditangani segera, akan berisiko menyebabkan komplikasi.

National Health Service Uniterd Kingdom, mengungkap penyebab abses adalah paling sering karena infeksi bakteri. Saat ada bakteri memasuki tubuh seseorang, sistem kekebalan tubuh akan secara otomatis mengirimkan sel darah putih untuk melawan infeksi ke area tersebut.

Kemudian, abses akan terbentuk saat sel darah putih menyerang bakteri, beberapa jaringan di dekatnya mati, dan menciptakan lubang yang terisi nanah. Nanah dari abses adalah berisi campuran jaringan mati, sel darah putih, dan bakteri.

Abses adalah masalah infeksi atau respon peradangan yang berisiko pula terjadi di bagian tubuh terdalam atau internal. Dijelaskan, abses internal sering berkembang sebagai komplikasi dari kondisi yang ada, seperti infeksi di tempat lain di tubuh seseorang.

Misalnya, jika usus buntu pecah akibat radang usus buntu. Pada kondisi ini, bakteri dapat menyebar ke dalam perut (perut) dan menyebabkan terbentuknya abses.

Orang yang berisiko mengalami abses adalah mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah. WebMD menjelaskan sistem imun lemah meningkatkan risiko seseorang sulit menangkal adanya infeksi. Inilah mengapa abses pada mereka dengan sistem imun lemah akan lebih sering dan lebih parah.

Mereka yang berisiko mengalami abses adalah yang mengalami sebagai berikut:

1. Terapi steroid kronis

2. Kemoterapi

3. Diabetes

4. Kanker

5. AIDS

6. Penyakit sel sabit

7. Gangguan pembuluh darah perifer

8. Penyakit Crohn

9. Kolitis ulseratif

10. Luka bakar parah

11. Trauma berat

12. Alkoholisme atau penyalahgunaan obat IV

13. Kegemukan

14. Faktor risiko abses lainnya termasuk paparan lingkungan yang kotor, paparan orang dengan jenis infeksi kulit tertentu, kebersihan yang buruk, dan sirkulasi yang buruk.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Abses dan Penjelasannya

Abses adalah masalah peradangan yang dipengaruhi infeksi bakteri. Cleveland Clinic mengungkap ada tiga jenis abses yang sering terjadi. Mulai dari abses yang muncul di area kulit, mulut, dan sekitar organ dalam manusia.

Ini perbedaan ketiga jenis-jenis abses yang dimaksudkan:

Abses Kulit

Abses kulit adalah jenis peradangan karena infeksi bakteri yang berkembang di bawah kulit. Mereka sangat umum terjadi dan biasanya mudah diobati. Jenis abses kulit meliputi:

1. Abses Ketiak

Abses ketiak dapat terjadi ketika nanah terkumpul di ketiak. Penyebabnya adalah kondisi yang disebut hidradenitis suppurativa. Hidradenitis suppurativa menyebabkan benjolan merah dan lembut di kulit ketiak yang dapat berubah menjadi abses seiring waktu.

2. Abses Payudara

Abses payudara adalah kantong nanah di payudara. Infeksi payudara yang tidak diobati dapat menyebabkan abses payudara. Abses payudara sering terjadi pada orang yang sedang menyusui (chestfeeding).

3. Abses Anorektal

Abses anorektal adalah peradangan yang terjadi karena infeksi di bawah kulit di sekitar anus atau rektum. Abses pilonidal sama dengan abses di kulit lipatan bokong.

Abses di Mulut

Abses di mulut dapat memengaruhi gigi, gusi, dan tenggorokan penderitanya. Abses gigi adalah peradangan karena infeksi bakteri yang terbentuk di sekitar gigi. Ada berbagai jenis abses gigi:

4. Abses Gingiva

Nama lain untuk abses gingiva adalah abses gusi. Jenis abses ini berkembang di gusi dan biasanya tidak mempengaruhi gigi penderitanya.

5. Abses Periapikal

Abses periapikal adalah infeksi yang terbentuk di ujung akar gigi. Abses jenis ini dapat terjadi akibat cedera gigi atau gigi berlubang.

6. Abses Periodontal

Abses periodontal mempengaruhi tulang dan jaringan yang menopang gigi penderitanya. Ini jenis abses yang terjadi karena periodontitis atau penyakit gusi.

7. Abses Amandel

Abses amandel adalah kantong nanah di belakang salah satu amandel. Abses tonsil paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda.

8. Abses Peritonsillar

Nama lain untuk abses peritonsillar adalah quinsy. Quinsy adalah penumpukan nanah di antara amandel dan dinding tenggorokan seseorang.

9. Abses Retropharyngeal

Abses retropharyngeal adalah abses di bagian belakang tenggorokan. Jenis abses ini terbentuk ketika kelenjar getah bening di belakang tenggorokan terinfeksi.

Abses Internal

Abses internal adalah peradangan karena infeksi bakter yang terjadi jauh lebih jarang daripada abses eksternal. Akan tetapi, jenis abses ini dapat berkembang di sumsum tulang belakang, otak, dan organ lainnya. Abses internal lebih sulit didiagnosis dan diobati.

10. Abses Perut

Abses perut adalah penumpukan nanah di dalam perut (perut). Ini mungkin terletak di dalam atau di dekat hati, ginjal, pankreas atau organ lainnya.

11. Abses Sumsum Tulang Belakang

Abses sumsum tulang belakang adalah penumpukan nanah di dalam dan sekitar sumsum tulang belakang. Infeksi pada tulang belakang biasanya menyebabkan abses sumsum tulang belakang.

12. Abses Otak

Abses otak adalah penumpukan nanah yang langka di otak. Abses dapat terbentuk di otak ketika bakteri dari infeksi di tempat lain di kepala atau aliran darah atau dari luka masuk ke otak penderitanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.