Sukses

Profil PT Herona Express, Perusahaan Pengiriman Barang via Kereta Api

PT Herona Express adalah salah satu perusahaan ekspedisi muatan kereta api yang bergerak di bidang jasa pelayanan pengiriman via kereta api

Liputan6.com, Jakarta PT Herona Express adalah salah satu perusahaan ekspedisi muatan kereta api yang bergerak di bidang jasa pelayanan pengiriman via kereta api dan truck box ke lebih dari 50 kota di Pulau Jawa, Bali dan Madura.

Perusahaan ini sudah berdiri dengan sangat lama, yakni sejak 1966. Namun ketika pertama kali dirintis, perusahaan ini bernama Hero Indonesia Agency, dan menjadi salah satu perusahaan sub kontraktor Kereta Api.

PT Herona Express memiliki visi untuk menjadi perusahaan jasa angkutan kereta api yang berstandar internasional dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dan para pemegang saham.

Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Herona Express menjalankan misi untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dengan slogan Cepat-Tepat-Aman-Terjamin melalui sarana angkutan kereta api, ditunjang oleh sumber daya manusia yang terlatih dan profesional serta manajemen yang dinamis - pro aktif.

Untuk dapat memberikan layanan terbaik, PT Herona Express berkantor pusat di Ogie PlazaJl. Siliwangi No.8 Pamulang Tangerang Selatan 15418. Untuk lebih memahami PT Herona Express, berikut adalah sejarah perusahaan seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (15/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT Herona Express

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Herona Express merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang yang sudah sangat lama berdiri. Perusahaan ini dirintis pertama kali pada tahun 1966 dengan nama Hero Indonesia Agency, sebagai salah satu perusahaan sub kontraktor Kereta Api.

Pada tanggal 14 Januari 1972, PT Herona Express didirikan di Jakarta oleh Almarhum DR. H. Zainal Arifin Syah, MBA., Almarhum H. Alimuddin Syah, dan Almarhum H. Abdul Djalal, BBA melalui Akte Pendirian Nomor 21 Notaris ATMADIREDJA di Jakarta.  

Di tahun yang sama, setelah PT Herona Express resmi berdiri, Kantor Pusat dan Kantor Cabang yang berdomisili di DKI Jakarta dibuka. Selang 8 tahun kemudian, tepatnya pada 1980, PT Herona Express secara resmi diterima menjadi kontraktor PT Kereta Api melalui kontrak pertama hanya dengan satu kereta, yaitu kereta Api Bima.

Pada tahun 2010, PT Herona Express berkantor pusat di Komplek Perkantoran Ogie Plaza, Jl. Siliwangi No.8 Pamulang, Tangerang Selatan. Perjalanan selama lebih dari 46 tahun memberikan pengalaman berharga bagi perkembangan perusahaan. Kini, PT Herona Express memiliki 6 Kantor Cabang di Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

3 dari 4 halaman

Layanan PT Herona Express

Sebagai mitra kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Herona Express melaksanakan kegiatan pengiriman paket dan dokumen melalui kereta api. Di samping kereta api, juga tersedia armada truck box container. Layanan tersebut terbagi dalam empat jenis layanan, yakni Station To Door, Station to Station, Door To Door, dan Door To Station.

Station To Door (STD)

Station To Door (STD) adalah layanan pengiriman barang, di mana barang dintarkan dulu ke stasiun atau di PT Herona Express oleh pengirim. Setelah itu barang akan diproses pengirimannya langsung ke alamat penerima di kota tujuan, sesuai alamat penerima yang tertera dalam Surat Pengiriman.

Station To Station (STS)

Station To Station (STS) adalah layanan pengiriman barang, di mana pengirim harus mengantarkan barang ke stasiun, dan kemudian paket barang hanya di antar sampai ke stasiun kota tujuan. Penerima kemudian mengambil sendiri di stasiun tujuan atau di alamat kantor PT Herona Express di kota tujuan.

Yang berhak mengambil kiriman adalah Penerima yang namanya tercantum dalam Surat Pengiriman dan dilengkapi dengan Kartu Tanda Penduduk (fotokopi dan aslinya untuk legalisir).

Door To Door (DTD)

Door To Door (DTD) adalah layanan pengiriman barang, di mana paket barang akan dijemput di alamat Pengirim untuk diproses pengirimannya ke kantor PT Herona Express di kota tujuan, kemudian akan diproses pengirimannya langsung ke alamat penerima di kota tujuan, sesuai alamat penerima yang tertera dalam surat pengiriman.

Door To Station (DTS)

Door To Station (DTS) adalah layanan pengiriman barang, di mana paket barang akan dijemput di alamat Pengirim untuk diproses pengirimannya ke kantor PT Herona Express di kota tujuan, kemudian akan diambil sendiri oleh Penerima di stasiun tujuan atau di alamat kantor PT Herona Express di kota tujuan.

 

4 dari 4 halaman

Layanan Lain dan Metode Pembayaran

Selain menyediakan layanan pengiriman barang, PT Herona Express juga menyediakan layanan pengemasan barang. Standar kemasan yang paling aman untuk kiriman melalui PT Herona Express adalah peti. Akan tetapi kemasan lain berupa dus, karung, styrofoam, drum, dan lain-lain bisa diterima oleh PT Herona Express. Apabila kemasan kiriman dinilai tidak layak, kemasan yang butuh perbaikan, atau barang yang memang belum dikemas, maka PT Herona Express dapat membantu membuatkan kemasannya.

Biaya layanan pengiriman barang PT Herona Express dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni lunas, bayar tujuan, dan bayar belakang.

Lunas (LN)

Pembayaran secara tunai adalah metode pembayaran yang dilakukan oleh Pengirim di kantor PT Herona Express yang memberangkatkan kiriman.

Bayar Tujuan (BT)

Bayar Tujuan adalah metode pembayaran secara tunai oleh Penerima kepada petugas PT Herona Express pada saat penyerahan kiriman kepada Penerima, baik di alamat Penerima (DTD/STD) maupun di kantor PT Herona Express di kota tujuan (DTS/STS).

Bayar Belakang (BB)

Bayar Belakang adalah metode pembayaran secara tunai/giro dilakukan oleh Pengirim/Penerima, dalam kurun waktu tertentu setelah kiriman diterima, sesuai kesepakatan antara PT Herona Express dengan Pengirim/Penerima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.