Sukses

Profil PT Mandom Indonesia Tbk, Sejarah, dan Produk-produknya

PT Mandom Indonesia Tbk terkenal dengan produk-produk parfum, kosmetik, dan juga perawatan rambutnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Mandom Indonesia Tbk terkenal dengan produk-produk parfum, kosmetik, dan juga perawatan rambutnya. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan produk-produk seperti Gatsby, Pixy, Pucelle, Tancho, hingga Johnny Andrean yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di berbagai toko atau supermarket.

Perusahaan ini berfokus pada pembuatan dan penjualan kosmetik dan produk lainnya. Produk utamanya yaitu produk kosmetik, make-up, dan produk perawatan wajah atau skin care. Produk wangi-wangian atau parfum dan perawatan rambut perusahaan ini juga banyak digemari di Indonesia.

PT Mandom Indonesia Tbk adalah perusahaan yang berorientasi pada manusia dan berkomitmen untuk membagikan semangat OYAKUDACHI kepada seluruh pemangku kepentingan. Oyakudachi yaitu berdedikasi untuk melayani lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik atau ESG.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Mandom Indonesia Tbk, Rabu (14/12/2022) tentang PT Mandom Indonesia Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

PT Mandom Indonesia Tbk

Saat ini PT Mandom Indonesia Tbk berkantor pusat di Wisma 46 Kota BNI, Lt.7, Jl. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta. Perusahaan ini mempunyai dua lokasi pabrik. Pabrik pertama berada di Kawasan Industri MM2100, Jl. Irian Block PP Bekasi, khusus memproduksi seluruh produk kosmetik PT Mandom Indonesia Tbk. Sementara pabrik kedua yang berada di Jl. Jawa berfungsi untuk memproduksi kemasan plastik dan juga sebagai pusat logistik.

Merek utama PT Mandom Indonesia Tbk antara lain GATSBY, PIXY, dan PUCELLE. Selain itu, perusahaan ini juga memproduksi berbagai macam produk lain dengan merek Tancho, Mandom, Spalding, Lovillea, Miratone, Lucido-l dan juga beberapa merek yang khusus diproduksi untuk ekspor.

Selain pasar domestik, PT Mandom Indonesia Tbk juga mengekspor produk-produknya ke beberapa negara antara lain Uni Emirat Arab (UEA), Jepang, India, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan lain-lain. Melalui UEA, produk-produk perusahaan di re-ekspor ke berbagai negara di Afrika, Timur Tengah, dan lain-lain.

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Mandom Indonesia Tbk

PT Mandom Indonesia Tbk didirikan pada tahun 1969 sebagai perusahaan joint venture antara Mandom Corporation, Jepang, dan PT The City Factory. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Tancho Indonesia, dan pada tahun 2001 berganti nama menjadi PT Mandom Indonesia Tbk.

Pada tahun 1993, perusahaan ini menjadi perusahaan ke-167 dan perusahaan joint venture Jepang ke-11 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Saat ini jumlah saham PT Mandom Indonesia Tbk adalah 201.066.667 lembar saham dengan nilai nominal Rp 500/saham.

Kegiatan produksi komersial perusahaan dimulai pada tahun 1971, di mana pada awalnya PT Mandom Indonesia Tbk menghasilkan produk perawatan rambut, kemudian berkembang dengan memproduksi produk wangi-wangian dan kosmetik.

4 dari 5 halaman

Produk PT Mandom Indonesia Tbk

Produk-produk dari PT Mandom Indonesia Tbk di antaranya sebagai berikut:

- Gatsby

GATSBY adalah total men’s grooming brand yang menyajikan berbagai seri produk untuk menunjang penampilan yang trendy dan stylish. Merek ini telah menjadi trendsetter sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 1980. Dimulai dari GATSBY Water Gloss yang pertama kali diluncurkan tahun 1989 sampai sekarang GATSBY menawarkan tipe produk hairstyling yang sangat beragam seperti wax, cream, gel, pomade, clay, dan lain-lain. Produk yang dibuat sesuai dengan standar kualitas Jepang membuat GATSBY mampu secara konsisten bertahan sebagai market leader di pasar men's hairstyling.

Selain hairstyling, GATSBY juga mengembangkan berbagai kategori lain seperti fragrance, body care dan face care yang dapat menjadi acuan pria dalam berpenampilan. Bahkan di kategori men's fragrance, GATSBY memiliki market share yang cukup tinggi.

- Pixy

PIXY adalah merek kosmetika wanita yang mendukung penampilan modern, feminine, chic dan simple. Perjalanan PIXY di pasar kosmetika wanita diawali dengan peluncuran produk PIXY Moisturizing Lipstick di tahun 1987 yang disusul dengan beberapa produk lain termasuk Eye Makeup di tahun 1991. Kemudian di tahun 1995 PIXY meluncurkan produk base makeup yang menjadi hit yaitu PIXY UV Whitening Two-Way Cake. PIXY menyediakan rangkaian lengkap kosmetika wanita mulai dari skin care, base makeup sampai decorative makeup.

- Lucido-L

- Mandom

- Tancho

- Colorcomm

- Fresh n Fresh

5 dari 5 halaman

Produk PT Mandom Indonesia Tbk

Produk-produk dari PT Mandom Indonesia Tbk di antaranya sebagai berikut:

- Pucelle

PUCELLE merupakan merek wewangian yang mengusung konsep "The Scent of Cool Beauty Platform", memberikan wewangian yang elegan dan eksklusif untuk para perempuan muda yang mempunyai "self uniqueness"-nya masing-masing. Membantu meningkatkan percaya diri dan gaya hidup modern di perkotaan. PUCELLE memiliki beberapa tipe wewangian mulai dari Splash Cologne, Spray Cologne, Eau De Cologne (EDC) dan Eau De Parfume (EDP). 

- Miratone

MIRATONE adalah "Hair Beauty Products" untuk perempuan dengan image yang stylish, terpercaya & menarik, memiliki kualitas tinggi dengan teknologi dari Jepang dan tersertifikasi Halal. MIRATONE memiliki formula yang aman untuk digunakan. Saat ini MIRATONE memiliki 2 tipe pewarna rambut yaitu Conditioning Cream Color dan Bubble Whip Colorant.

- Johnny Andrean

- Spalding

- Glazelle de Pucelle

- Lovillea

- Style Up

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.