Sukses

1 Kg Berapa Liter? Simak Cara Menghitung dan Daftar Satuan Berat

1 kg berapa liter adalah 1 liter, karena 1 kg setara dengan 1 liter.

Liputan6.com, Jakarta 1 kg berapa liter mungkin saja pertanyaan yang kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Liter adalah unit pengukur volume. Sedangkan Kg atau kilogram satuan pokok untuk besaran massa dalam Sistem Satuan Internasional (SI).

1 kg berapa liter biasanya digunakan untuk mengukur barang dalam bentuk volume. Pengukuran liter dan kilogram atau kg paling sering digunakan dalam menentukan ukuran pada barang ataupun benda.

Dengan mengetahui 1 kg berapa liter, maka dapat dengan mudah mengukur suatu benda ataupun barang. Menentukan ukuran 1 kg berapa liter bisa diketahui hasilnya dari sebuah rumus dalam materi matematika.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai 1 kg berapa liter beserta cara menghitung dan daftar satuan berat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Kilogram

Kilogram atau kg adalah satuan pokok untuk besaran massa dalam Sistem Satuan Internasional (SI). Sebelumnya, kilogram didefinisikan sama dengan massa dari suatu kilogram standar yang disebut Purwarupa Kilogram Internasional (bahasa Inggris: International Prototype of the Kilogram, IPK) yang disimpan di Sevres, Prancis. Massa kilogram standar ini hampir sama dengan massa 1 liter air. Setelah redefinisi, instrumen-instrumen pengukuran massa yang lebih presisi dapat dibuat dan dikalibrasi oleh laboratorium metrologi. Timbangan Kibble sebagai merupakan instrumen utama yang menghitung massa kilogram yang tepat saat ini. Satuan kilogram merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur berat beras atau benda padat lainnya.

3 dari 6 halaman

Mengenal Liter

Sebelum mengetahui 1 kg berapa liter, anda harus memahami apa itu liter. Liter adalah unit pengukur volume. Liter bukan salah satu dari unit SI, tetapi disenaraikan sebagai salah satu dari "unit di luar SI yang diterima penggunaannya dengan SI". Unit SI untuk volume adalah meter kubik (m³).

Kata liter sendiri berasal dari bahasa Perancis, tepatnya "litron", yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di tahun 1785. Satuan liter ini juga dapat digunakan untuk mengukur massa. Pada umumnya, satuan liter digunakan untuk mengukur massa benda cair.

1 ml = 1 cm³ = 1 cc Simbol liter adalah huruf l kecil atau huruf besarnya, L. Huruf l kecil yang lebih melengkung (ℓ) juga digunakan, tetapi tidak diterima oleh BIPM atau Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan.

4 dari 6 halaman

1 Kg Berapa Liter?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, 1 kg berapa liter yakni setara dengan 1 liter. Satuan kilogram ini merupakan turunan dari gram. Namun, liter adalah satuan dari sebuah volume. Sedangkan kilogram adalah satuan berat masa benda. Sederhananya, massa jenis adalah tetapan yang dimiliki oleh setiap benda baik padatan, cair atau gas. Cara menghitung massa jenis adalah sebagai berikut:

Volume atau rho (massa jenis)= m (massa) / v (volume).

p = m/V

Di mana p adalah masa jenis, m adalah massa dan V adalah volume. 

Satuannya ini menyesuaikan satuan yang digunakan. Dalam hal 1 liter berapa kg, berarti satuan massa jenisnya adalah kg/liter. Kemudian, dari rumus massa jenis itu, kamu bisa konversi volume (liter) ke massa (kg) dengan rumus berikut ini:

m = p x V 

m = 1 (Kg/L) x 1 L

m = 1 Kg.

Jadi, hasil atau jawaban dari pertanyaan 1 kg berapa liter adalah 1 liter, karena 1 kg setara dengan 1 liter.

5 dari 6 halaman

Daftar Satuan Liter

Satu liter sama dengan:

1. 0.001 meter kubik,

2. 1 desimeter kubik,

3. 1000 sentimeter kubik

4. volume sebuah kubus dengan sisi masing-masing 10 sentimeter.

Ada 1.000 liter dalam satu meter kubik (m³). Liter dapat dibagi lagi kepada satuan yang lebih kecil lagi. 1 liter sama dengan:

a. 1.000.000 mikroliter (µL)

b. 1.000 mililiter (mL) = 1.000 sentimeter kubik (cm³),

c. 100 sentiliter (cL),

d. 10 desiliter (dL),

e. 0,01 hektoliter (hL).

Volume yang lebih besar dapat dihitung dengan kiloliter (1 kL = 1.000 liter) atau megaliter (1 ML = 1.000.000 liter).

Tidak ada standar internasional mengenai kapan menggunakan liter dan kapan menggunakan meter kubik. Biasanya liter digunakan dengan barang-barang yang diukur menurut kapasitas atau ukuran wadahnya (misalnya cairan), sementara meter kubik biasanya digunakan dengan barang-barang yang diukur menurut dimensi mereka. Liter juga sering digunakan dalam beberapa pengukuran yang telah diperhitungkan, seperti kepadatan (kg/L), sehingga mudah untuk dibandingkan dengan kepadatan air.

6 dari 6 halaman

Daftar Satuan Kilogram

Menurut Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia, satuan berat terdiri dari miligram (mg), sentigram (cg), desigram (dg), gram (g), dekagram (dag), hektogram (hg), kilogram (kg), ons, pon, kati, kuintal, dan ton. Jika diturunkan ke dalam tangga konversi, maka akan mendapatkan hitungan sebagai berikut ini:

- 1 kilogram = 10 hektogram

- 1 kilogram = 100 dekagram

- 1 kilogram = 1.000 gram

- 1 kilogram = 10.000 desigram

- 1 kilogram = 100.000 sentigram

- 1 kilogram = 1.000.000 miligram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.