Sukses

Viral Kakek Penjual Buku Mirip Presiden Ketiga BJ Habibie, Cakap Bahasa Inggris

Selain wajahnya yang mirip Presiden Ketiga BJ Habibie, kakek penjual buku ini juga pandai berbahasa Inggris dan pelajaran sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Republik Indonesia sudah memiliki tujuh orang Presiden dan sembilan orang Wakil Presiden sejak Hari Kemerdekaan. Di antara mereka, sudah ada yang mendahului kita menghadap Sang Pencipta. Meski begitu, jasa dan perjuangannya selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia.

Semua guru di Indonesia pun wajib mengenalkan wajah para presiden kepada murid-muridnya agar terus diingat. Mengenali wajah sang presiden, seorang pelajar pun merekam momen pertemuannya dengan seorang kakek yang punya wajah mirip dengan Presiden Ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

Video tersebut ia bagikan di laman TikTok-nya @soyasoy__ yang mencuri perhatian warganet. Kakek tersebut merupakan seorang penjual buku di wilayah Bandung. Dua pelajar perempuan itu sempat diajak ngobrol oleh sang kakek. Menakjubkannya, kakek tersebut ternyata pandai berbahasa Inggris dan pelajaran sejarah.

Melihat momen tersebut, warganet pun menyoroti kemiripan sang kakek penjual buku dengan Presiden Ketiga RI, BJ Habibie. Berikut ulasan lengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman TikTok @soyasoy__ pada Minggu (11/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wajah mirip Presiden Ketiga BJ Habibie

Meski sudah banyak berdiri toko buku, masih ada beberapa orang yang menjajakan buku dengan cara berkeliling. Seperti yang dilakukan oleh seorang kakek penjual buku di wilayah Bandung yang terekam dalam video viral. Dalam tayangan video, tampak kakek tersebut menjual beragam jenis bacaan.

Koleksi buku yang dijualnya itu pun dipegang di tangan, antara lain bacaan iqra hingga juz amma. Warganet pun terkejut dengan wajahnya yang mirip dengan Presiden Ketiga BJ Habibie. Penampilannya sangat sederhana, ia memakai kaus dan celana panjang, serta mengenakan topi dan membawa tas ransel.

Selain kemiripan wajahnya dengan presiden, kakek tersebut juga berhasil bikin takjub warganet karena pintar berbahasa Inggris. Saat bercakap dengan dua siswi tadi, kakek tersebut menanyakan jurusan sekolah mereka. Uniknya, sang kakek bertanya menggunakan bahasa Inggris.

"What your major, jurusan apa?" tanya sang kakek.

Dua siswa yang baru saja membeli juz amma dari kakek tersebut pun menjawab bahwa mereka merupakan siswa SMA dengan jurusan IPS dan siswa SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

3 dari 4 halaman

Pandai bahasa Inggris dan sejarah

Selain takjub karena ternyata bisa berbahasa Inggris, sang kakek penjual buku rupanya juga hafal pelajaran sejarah. Saat mengetahui jurusan sekolah salah satu siswi dari IPS, kakek tersebut langsung menyebut Pithecanthropus erectus.

Kemudian, ia menyebutkan nama-nama manusia purba yang menjadi bagian dalam pelajaran siswa IPS. Sang kakek juga tampak lancar menyebutkan nama-nama istilah zaman purba tanpa jeda. Sembari menyebutkan, ia juga memperagakan bentuk alat-alat purba di masa lalu.

Di akhir video, kedua siswa mengucapkan terima kasih kepada kakek tersebut. Sambil melambaikan tangan, penjual buku itu pun kembali menjawab dalam bahasa Inggris. "Take care," ucap sang kakek.

4 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton hingga 3,2 juta itu pun mendapat berbagai komentar dari warganet. Banyak yang menyebutnya mirip dengan mendiang Presiden Ketiga BJ Habibie. Tak sedikit pula yang takjub dengan kecakapan sang kakek yang pandai dalam bahasa Inggris dan sejarah.

"Kok mirip eyang habibie sih, pinter lagi," tulis akun @sal.shaaf_.

"Logatnya kayak eyang habibie:)," tulis akun @tagdhtag.

"Waktu kuliah di bandung sering banget ketemu kakek iniiii," ungkap akun @eni.rh.

"Mirip eyang habibie dari suara tegas saat berbicara logatnya tekstur tubuh hampir 100% mirip," tulis akun @mr.pudindi2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.