Sukses

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Cara Membuatnya yang Benar

Liputan6.com, Jakarta Contoh surat izin tidak masuk kerja mungkin perlu dipahami oleh kamu yang sedang bekerja. Surat izin tidak masuk kerja merupakan surat dari seorang pegawai yang ingin mengajukan izin berhalangan hadir ke tempat kerja, terkait dengan adanya urusan yang mendesak.

Alasan izin tidak masuk kerja ini biasanya dibuat ketika seorang karyawan atau pegawai sedang sakit, memiliki acara keluarga, atau memiliki keperluan mendesak yang tidak bisa ditunda. Surat izin tidak masuk kerja merupakan wujud profesionalisme dalam bekerja.

Contoh surat izin tidak masuk kerja ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada perusahaan tentang alasan karyawan tidak dapat masuk kantor pada hari itu. Sehingga perusahaan memahami dan dengan jelas mengizinkannya sesuai peraturan.

Sebelum mengajukan izin tidak masuk kerja, kamu tentunya perlu memahami kebijakan perusahaan mengenai permohonan dan prosedur cuti. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022) tentang contoh surat izin tidak masuk kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Tidak Masuk Kerja

Sebelum mengetahui contoh surat izin tidak masuk kerja, kamu tentunya perlu mengenali cara membuatnya. Cara membuat surat izin tidak masuk kerja perlu memperhatikan hal-hal berikut:

- Ikuti format. Surat izin tidak masuk kerja harus sesuai dengan format surat formal yang digunakan oleh perusahaan. Hal ini karena surat tersebut akan diberikan kepada HRD dan agar terlihat lebih formal dan profesional.

- Menggunakan bahasa baku dan formal. Bahasa yang digunakan dalam surat izin tidak masuk kerja harus baku dan formal. Hal ini karena surat ini digunakan untuk tujuan pekerjaan atau formal.

- Mencantumkan waktu atau tanggal izin. Mencantumkan tanggal izin tentunya merupakan salah satu komponen yang sangat penting dimasukkan dalam surat izin tidak masuk kerja.

- Mencantumkan identitas dan data pribadi. Mencantumkan identitas pribadi tentu juga sangat penting. Pasalnya, hal ini perlu didokumentasikan oleh HRD dengan jelas. Kamu perlu mencantumkan nama lengkap, jabatan atau departemen, hingga nomor identifikasi Staf.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Tidak Masuk Kerja

- Menjelaskan kenapa izin tidak masuk kerja. Contoh surat izin tidak masuk kerja tentunya harus memiliki alasan yang jelas. Hal ini nantinya akan menentukan apakah izin yang kamu ajukan diterima atau tidak.

- Menjelaskan berapa lama durasi izin kerja. Durasi ini juga penting, agar perusahaan bisa merencakan apa yang bisa kamu lakukan selama izin tidak masuk kerja. Selain itu, perusahaan juga bisa memutuskan untuk memberikan tugas kamu dalam pekerjaan ke orang lain untuk sementara bila diperlukan.

- Mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih pada pihak yang bertanggung jawab tentunya juga sangat penting sebagai itikad baik kamu dalam menghargai atasan.

- Periksa tipografi. Memeriksa ulang contoh surat izin tidak masuk kerja juga sangat penting. Kamu perlu memeriksa apakah ada kesalahan dalam penulisan kalimat. Kamu juga perlu memerhatikan pemilihan kata yang benar.

- Kirim surat. Setelah memperhatikan semua cara membuat surat izin tidak masuk kerja di atas, kamu bisa segera mengirimkannya dalam bentuk hard copy ataupun digital.

4 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh surat izin tidak masuk kerja yang pertama:

 

Yogyakarta, 9 Desember 2022

Hal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Yth. Kepala Divisi Human Resource di Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini:

Nama: Dwi

Alamat: Jl. Yangjauh No. 1053 Yogyakarta

Jabatan: Customer Service

NIP: 1223334444

 

Dengan surat ini saya memohon izin kepada Bapak/Ibu Kepala HRD untuk tidak masuk kerja pada 12 Desember 2022 karena ada urusan keluarga yang mengharuskan saya untuk pergi ke luar kota.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat saya

 

Dwi

5 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh surat izin tidak masuk kerja juga bisa digunakan saat kamu sakit. Contoh surat izin tidak masuk kerja yang Kedua:

 

Pati, 9 Desember 2022

Perihal: Permohonan Izin Sakit

 

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Aiyu Indonesia

Jl. Jalankepuncak gunung No. 143

Pati

 

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Agus

Jabatan: Staff Produksi

Alamat: Jl. induluaja No. 247, Pati

Dengan ini bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja dikarenakan sedang dalam keadaan sakit. Adapun menurut pemeriksaan dokter, saya harus berisitirahat selama tiga hari di rumah untuk memulihkan keadaan, terhitung mulai hari ini, Jumat, 9 Desember 2022.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak Kepala Personalia, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Agus

6 dari 6 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh surat izin tidak masuk kerja yang ketiga:

 

Bantul, 9 Desember 2022

Perihal: Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

 

Kepada Yth,

Ibu Kinapti

Kepala Personalia PT. Bantul Jaya Selamanya

di Tempat

 

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Cahyono

Jabatan: Kepala Bagian Administrasi

Alamat: Jl. jalanyuk No. 123, Imogiri Timur

Dengan ini bermaksud untuk meminta izin tidak masuk kerja selama 10 hari, terhitung mulai hari ini, Jumat, 9 Desember s.d. 19 Desember 2022. Hal tersebut dikarenakan saya akan melaksanakan pernikahan pada 11 Desember 2022, dan ada banyak persiapan yang harus diselesaikan.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Ibu Kepala Personalia, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Cahyono

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS