Sukses

Profil PT Sasa Inti, Perusahaan Makanan dan Bumbu Terkemuka di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta PT Sasa Inti (Sasa) merupakan salah satu perusahaan makanan dan bumbu masak, yang didirikan oleh Rodamas pada tahun 1968. Untuk nama Sasa sendiri, adalah kependekan dari "Sari Rasa" di mana berbagai produknya menawarkan sejumlah kebutuhan masak memasak di dapur, seperti bumbu, saus, tepung dan juga penyedap rasa.

PT Sasa Inti adalah perusahaan Food and Seasoning, yang hadir dengan moto "Sasa Melezatkan." Hadirnya perusahaan ini, dapat memberikan service terbaik dan berkualitas untuk citarasa kuliner Indonesia. Perusahaan ini terkenal karena memproduksi MSG pertama kalinya, yang dibuat melalui proses fermentasi.

Perusahaan ini memiliki dua pabrik produksi diantaranya PT Sasa Fermentation Ltd, dan Sasa Inti yang kemudian berpartner dengan A.I.F. Investmen (Pte) Ltd. Namun pada tahun 2020, PT Sasa Inti kemudian melakukan akuisisi aset pabrik santan, yang berada di Sulawesi Utara dan secara resmi meluncurkan produk Sasa Bumbu Gulai. 

Berikut ini profil PT Sasa Inti yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tentang PT Sasa Inti

PT Sasa Inti (Sasa) adalah perusahaan makanan dan bumbu masak terkemuka dari Indonesia, yang didirikan oleh Rodamas pada tahun 1968. PT Sasa Inti adalah perusahaan pertama yang memproduksi MSG atau Monosodium Glutamat, yang dilanjutkan dengan produk lain seperti Tepung Bumbu, Santan, Bumbu Instan, Kaldu, dan bumbu-bumbu lainnya.

Perusahaan ini hadir dengan moto “Sasa Melezatkan”, yang kemudian berkomitmen untuk terus membahagiakan konsumen melalui makanan lezat, sehat, dan berkualitas. Hingga kini Sasa memiliki dua pabrik, yaitu PT Sasa Fermentation Ltd yang berlokasi di Sidoarjo, serta Sasa Inti yang berada di Probolinnggo. Kedua perusahaan ini berpartner dengan A.I.F. Investmen (Pte) Ltd. 

PT Sasa Inti (Sasa) memiliki tujuan yaitu menjadi sebuah perusahaan, yang mampu menghasilkan produk bermutu, aman dan juga halal. Tak hanya ini, kehadiran perusahaan ini juga memiliki visi tetap menjaga kelestarian lingkungan. 

3 dari 5 halaman

Sejarah PT Sasa Inti

PT Sasa Inti adalah perusahaan Food and Seasoning FMCG yang terpercaya di Indonesia. Perusahaan makanan dan bumbu terkemuka ini didirikan pada tahun 1968 oleh Rodamas. Sasa adalah singkatan dari "Sari RaSa" yang kemudian dijadikan sebagai brand, dan hingga kini memimpin pasar baik lokal maupun Internasional.

Hadirnya perusahaan ini, karena meningkatnya permintaan untuk makanan yang mudah dibuat, sehat, dan lezat memberi PT Sasa Inti kesempatan, untuk memperkuat kehadirannya di seluruh distribusi di pasar Indonesia dan luar negeri. Hal ini menjadikan PT Sasa Inti sebagai perusahaan terkemuka di sejumlah kategori makanan dan bumbu di Indonesia.

 

 

4 dari 5 halaman

Produk PT Sasa Inti

PT Sasa Inti kemudian menciptakan berbagai inovasi produk, sehingga membantu konsumen agar menikmati makanan yang lezat juga berkualitas. Berikut ini, berbagai produk yang diluncurkan oleh PT Sasa Inti di antaranya:

1. Produk MSG

2. Tepung Bumbu

3. Santan

4. Saus

5. Sambal Tradisional

6. Aneka Bumbu

7. Kaldu

 

 

 

5 dari 5 halaman

Penghargaan PT Sasa Inti

Adapun beberapa penghargaan yang diperoleh PT Sasa Inti, diantaranya:

- Sasa Menjadi Leading Brand oleh Business Digest, SWA sesuai survei Indonesia Original Brand (IOB) Award 2022 oleh Business Digest yang dirilis di SWA edisi 20 Oktober - 9 November 2022. 

- Penghargaan Sasa Masterspices di Gallery Campaign Brief Asia, kategori Lukisan Sabung Ayam (2021) dan Fifteen Goldfish (2020) karya Sasa Masterspices. 

- Sasa Masterspices juga berhasil masuk ke dalam Gallery Campaign Brief Asia dengan kategori Print Advertising. 

- Pada 19 Oktober 2022, PT Sasa Inti Gending baru saja meraih penghargaan Radar Bromo Award dengan kategori atas komitmen dalam melakukan aktivitas CSR pemberantasan stunting dan peduli lingkungan di Probolinggo. 

- Penghargaan SME Enabler dari Marketeers, tepat pada hari UMKM Nasional. PT Sasa Inti meraih penghargaan SME Enabler Award untuk bidang Culinary sebagai apresiasi dari Marketeers terhadap perusahaan yang sudah melakukan serangkaian aksi nyata untuk pemberdayaan UMKM.

- Sasa memenangkan Piala Emas HR Excellence Awards 2022, yang diberikan oleh Human Resource Online, Singapura dalam acara yang diadakan di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel pada tanggal 15 September. 

- Sasa Memenangkan Marketeers Omni Brands of the Year 2022

- PT Sasa Inti Mendapatkan Medali SNI Award 2021, kategori Organisasi Besar Barang Sektor Agro dalam gelaran SNI Award 2021 yang diselenggarakan pada 18 November 2021 di Auditorium Soemitro Djojohadikusoemo, Gedung BJ Habibie – BRIN.

- PT Sasa Inti Mendapatkan Apresiasi "The Most Contributed BIPP Company" yang diberikan dalam acara Virtual Industry Gathering hari Rabu, 10 November 2021. 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS