Sukses

Peringatan Saint Nicholas Day, Sejarah dan Tradisi Perayaannya

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Saint Nicholas Day menjadi salah satu hari yang sering dirayakan oleh umat Katolik diseluruh dunia. Peringatan Saint Nicholas Day diperingati setiap tanggal 6 Desember dan banyak dirayakan di negara seperti Jerman, Belanda, Amerika, Rusia, Yunani hingga Belgia.

Setiap negara memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan Saint Nicholas Day, mulai dari memasang berbagai hiasan khas sinterklas hingga membuat kue khusus. Biasanya tradisi ini dilakukan untuk membuat suasana Saint Nicholas Day menjadi lebih meriah dan penuh suka cita, terutama bagi anak-anak.

Meski bukan merupakan hari libur nasional, Saint Nicholas Day memiliki sejarah tersendiri yang membuatnya menjadi salah satu hari penting yang diperingati. Peringatan Saint Nicholas Day ini terinspirasi dari tokoh Saint Nicholas atau yang sering dikenal dengan sosok sinterklas yang dikenal dengan sifat dermawannya.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (6/12/2022) tentang peringatan Saint Nicholas Day, sejarah dan tradisi-tradisi yang dilakukan untuk merayakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Saint Nicholas Day

Di banyak negara lain, Saint Nicholas Day yang dirayakan pada tanggal 6 Desember. Biasanya dirayakan dengan meninggalkan hadiah kejutan kecil di sepatu atau kaus kaki, hari itu dimaksudkan untuk menghormati semangat dermawan Saint Nicholas, yang merupakan inspirasi sejarah untuk sosok Santa Claus yang kita kenal saat ini.

Perayaan Saint Nicholas Day sangat umum di negara-negara Eropa dan Asia Timur, dan ini bisa menjadi tradisi baru yang menyenangkan untuk ditambahkan ke musim liburan akhir tahun. Saint Nicholas Day adalah perayaan tahunan kehidupan Santo Nikolas dari Myra, yang mengilhami sosok Sinterklas zaman modern. 

Nicholas dari Myra adalah seorang uskup abad ke-4 yang mencapai kesucian setelah kematiannya. Sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupan St. Nicholas, tetapi kisah-kisah tentang kemurahan hati dan pengabdiannya kepada orang miskin menjadi dasar bagi sosok Sinterklas kontemporer. 

Secara khusus, salah satu cerita tentang St. Nicholas yang meninggalkan emas untuk tiga putri yang ayahnya tidak mampu membayar mahar menjadi dasar Sinterklas meninggalkan hadiah pada malam Natal, yang diterapkan hingga kini.

Saint Nicholas Day dirayakan pada tanggal 6 Desember setiap tahun. Tanggal ini dipilih untuk memperingati hari kematian St. Nicholas serta untuk merayakan kehidupan dan semangat dermawannya. Terkadang perayaan dimulai pada malam tanggal 5 Desember, mirip dengan perayaan Natal yang sering dimulai pada Malam Natal. 

Karena Nikolas dari Myra adalah orang suci di gereja Katolik, Saint Nicholas Day pada dasarnya adalah hari raya umat Kristen. Saint Nicholas Day sangat populer di kalangan populasi Katolik Eropa dan Lutheran Jerman.

Namun, karena semangat kepedulian serta kemurahan hatinya yang dirayakan, perayaan ini tidak harus menjadi tradisi religius yang eksklusif. Dan umumnya digemari karena perayaannya yang menyenangkan dan dapat memberikan kebahagiaan di tengah-tengah keluarga.

3 dari 4 halaman

Sejarah Saint Nicholas Day

Pada abad ke-3, di desa Patara di Turki (bagian dari Yunani pada masa itu), sepasang suami istri kaya melahirkan seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Nicholas. Tragisnya, ketika Nicholas masih muda, sebuah wabah merenggut nyawa kedua orang tuanya.

Dibesarkan sebagai seorang Kristen, dia mendedikasikan hidupnya untuk melayani, menjual semua harta miliknya, dan menggunakan warisannya untuk membantu orang miskin dan lemah. Akhirnya, Nicholas menjadi seorang uskup, dan reputasinya untuk membantu anak-anak, pelaut, dan orang lain yang membutuhkan tersebar luas. 

Untuk ini, kaisar Romawi Diocletian menganiaya dan memenjarakannya bersama dengan  orang-orang religius lainnya. Tetapi hanya sampai orang Romawi menyadari bahwa mereka telah memenuhi penjara mereka dengan pendeta sehingga mereka tidak punya tempat untuk menempatkan pencuri dan pembunuh. Jadi orang Romawi membebaskan orang-orang religius.

Setelah dibebaskan, Nicholas melanjutkan pekerjaan amalnya sampai dia meninggal pada tanggal 6 Desember 343 M. Dikatakan bahwa cairan yang terbentuk di kuburannya memiliki kekuatan penyembuhan. Nicholas juga dikenal karena kedermawanannya yang kisah-kisahnya kemudian dijadikan dasar tokoh sinterklas modern yang kita kenal saat ini.

Santo Nikolas juga dikenal sebagai santo pelindung para pelaut, pelancong, pendeta, anak sekolah, dan pencuri, setelah mengabdikan hidupnya untuk melayani yang kurang beruntung dan mereka yang membutuhkan. 

Beberapa cerita tentang St. Nicholas bahkan mengatakan dia secara rutin menjual harta miliknya dan memberikan uangnya kepada orang miskin. Peringatan Saint Nicholas Day merupakan bentuk refleksi dari semangat kepedulian terhadap orang lain dengan bertukar hadiah.

4 dari 4 halaman

Tradisi Saint Nicholas Day

Cara paling umum untuk merayakan Saint Nicholas Day adalah dengan meninggalkan sepatu untuk menaruh hadiah kecil. Kaus kaki juga bisa digunakan untuk menggantikan sepatu. Secara tradisional, umumnya hadiahnya berupa permen atau koin kecil dan barang-barang kecil yang disukai anak-anak. 

Jika anda ingin merayakan tradisi ini, tinggalkan sepatu atau bakiak kayu di dekat pintu pada malam tanggal 5 Desember. Di pagi hari, sepatu akan diisi dengan berbagai macam hadiah kecil seperti permen atau mainan.

Anak-anak meninggalkan sepatu mereka di pintu masuk atau di dekat perapian dengan harapan agar sinterklas meninggalkan hadiah kecil untuk mereka. Ini berasal dari praktik lama meninggalkan sepatu di dekat perapian untuk dikeringkan semalaman, dan kemudian menemukan sepatu mereka diisi dengan hadiah, koin atau catatan baik.

Ada banyak cara tradisional lainnya untuk merayakan Saint Nicholas Day yang dapat dilakukan. Misalnya, salah satu tradisi Jerman yang populer adalah agar anak-anak berdandan seperti St. Nick dan mengumpulkan uang untuk orang miskin. Dan masih banyak lagi tradisi lain untuk merayakan Saint Nicholas Day.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS