Sukses

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, dari Puncak Jaya Hingga Semeru

Liputan6.com, Jakarta Gunung tertinggi di Indonesia tersebar dari Pulau Sumatera hingga Papua, dari Sabang sampai Merauke. Indonesia memang memiliki banyak daerah pegunungan, bahkan menjadi salah satu negara yang mempunyai gunung api terbanyak di dunia.

Gunung tertinggi di Indonesia memiliki tinggi yang mencapai lebih dari 4000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung tertinggi di Indonesia bahkan menjadi salah satu puncak tertinggi di dunia. Jadi, kamu perlu mengenali gunung-gunung tertinggi di Indonesia.

Puncak tertinggi di Pulau Sumatera adalah Gunung Kerinci, sedangkan di pulau Jawa yaitu Gunung Semeru. Puncak tertinggi di Sulawesi yaitu Gunung Latimojong, sedangkan di Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani. Sementara itu, gunung tertinggi di Papua adalah Puncak Jaya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/12/2022) tentang gunung tertinggi di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya, atau dikenal juga dengan nama Piramida Cartensz. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.888 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung yang terletak di Papua dan menjadi bagian dari pegunungan barisan Sudirman ini juga dikenal dengan sebutan Jaya Wijaya.

Mengutip The 7 Summits Indonesia, puncak tertinggi di Tanah Air ini adalah sebuah gunung karang dengan salju abadi. Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid juga dinobatkan sebagai salah satu World Seven Summits. Jalur pendakian untuk mencapai Puncak Jaya ada dua, yakni dari Ilaga dan Sugapa. Pesona dan panorama indah Puncak Jaya bahkan mengundang ketertarikan banyak orang hingga ke mancanegara.

2. Puncak Mandala

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya masih berada di Papua, yaitu Puncak Mandala. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 4760 mdpl, dan terkenal sebagai gunung yang susah ditaklukkan. Di Puncak Mandala terdapat gletser salju yang sangat tebal seperti yang ada di Puncak Jaya.

3 dari 6 halaman

Gunung Tertinggi di Indonesia

3. Puncak Trikora

Puncak Trikora adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 4.730 mdpl. Puncak Trikora memiliki suhu yang sangat rendah, yaitu sebesar 4 derajat celcius. Seperti halnya kondisi gunung-gunung yang terletak di Pegunungan Jayawijaya, kondisi salju di Puncak Trikora juga tebal, namun semakin terkikis karena pemanasan global.

4. Ngga Pilimsit

Ngga Pilimsit adalah gunung tertinggi di Indonesia yang juga terkenal dengan sebutan Gunung Idenburg. Gunung ini memiliki ketinggian 4.673 mdpl, dan merupakan Gunung tertinggi keempat di Indonesia.

4 dari 6 halaman

Gunung Tertinggi di Indonesia

5. Gunung Kerinci

Gunung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Gunung Kerinci. Dengan ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini adalah gunung berapi yang masih aktif. Jalur pendakian ke Gunung Kerinci hanya satu, yaitu dari Desa Kersik Tuo dekat Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Gunung ini juga salah satu situs warisan dunia untuk Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini juga menjadi gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani berada di bawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Puncak Gunung Rinjani bernama Puncak Anjani.

5 dari 6 halaman

Gunung Tertinggi di Indonesia

7. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini terletak di Jawa Timur, di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang. Gunung ini juga dikenal dengan nama Gunung Mahameru dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Karakteristik medan Gunung Semru bervariasi, mulai dari padang savana rumput, hutan cemara, hingga danau di ketinggian. Gunung Semeru menjadi salah satu gunung favorit para pendaki dan ramai saat musim liburan.

8. Gunung Sanggar

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Gunung Sanggar. Gunung yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat ini memiliki ketinggian mencapai 3564 mdpl. Letaknya masih berada di gugusan pegunungan Rinjani, namun kepopulerannya masih kalah jia dibandingkan dengan Rinjani.

6 dari 6 halaman

Gunung Tertinggi di Indonesia

9. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Puncak tertingginya bernama Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl. Salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini bukan gunung berapi, namun jajaran pegunungan dengan beberapa puncak. Gunung ini berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Akses rute normal pendakian berawal dari Desa Karangan.

Puncak tertinggi keduanya adalah Nenekmori dan menjadi puncak kedua tertinggi Pulau Sulawesi. Hutan pengunungan Latimojong tergolong pada tipe ekosistem hutan Montana dengan ketinggian rata-rata 2.000--3.000 mdpl.

10. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang berada di ketinggian 3.432 mdpl. Gunung ini terletak di lima kabupaten, yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang. Gunung ini jadi yang tertinggi di Jawa Tengah dan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS