Sukses

Terlihat Sangat Sempit, Rumah Bawah Tanah Ini Ternyata Luas Banget

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan di kota, rumah-rumah yang dibangun di lahan berkontur tidak rata seperti area pegunungan itu biasanya cenderung unik dan antimainstream. Salah satu konsep rumah yang bisa diaplikasikan di lahan pegunungan adalah konsep downslope.

Konsep ini diterapkan pada lantai bangunan yang mengikuti lereng tanah yang ada untuk menyesuaikan kontur lahan. Seperti rumah unik dalam unggahan video TikTok @ika.skl belum lama ini. Jika dilihat dari luar, rumah tersebut sangat sempit dan kecil karena hanya terdiri dari satu ruangan saja.

Dalam video itu, penampakan rumah bagian depan terlihat mungil dan sempit. Sekilas bagian depan rumahnya seperti kamar kos-kosan. Namun saat masuk ke dalamnya, siapa sangka ternyata rumah itu sangat luas dan besar.

Menariknya lagi, rumah tersebut sebagian berada di bawah tanah. Berikut cerita rumah yang terlihat sempit dari luar, dilansir Liputan6.com dari TikTok @ika.skl, Senin (5/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ternyata Luas dan Besar

Dalam video itu juga menunjukkan bagian dalam rumah tersebut. Di awal masuk, akan disambut ruangan sempit yang hanya difungsikan sebagai garasi sepeda motor. Kemudian berjalan ke arah kanan, ada tangga turun menuju 'lantai dua' yang sangat luas.

Tampak persis di bawah tangga ada ruang keluarga buat menonton TV. Masih di lantai dua di sebelah kiri ruang keluarga, terdapat ruangan yang sangat luas. Ruangan ini hanya ada lemari hias besar.

Ruangan tengah ini biasanya digunakan untuk bermain anak-anak atau melakukan aktivitas bersama keluarga dalam jumlah banyak. Lalu di ruangan tengah juga terdapat pintu ke kamar tidur dan pintu balkon yang menghadap belakang rumah.

Tak hanya itu, di ruangan tengah ini juga ada tangga menuju 'lantai tiga' yang berada di bawah tanah. Tampak lantai tiga terdapat area dapur yang luas dan kamar mandi. Meski terlihat memiliki konsep unik, rumah tersebut tampak nyaman.

"Banyak yang bilang konsep rumahnya aneh, dan sulit di mengerti," keterangan dalam video di TikTok @ika.skl.

3 dari 3 halaman

Berhasil Bikin Netizen Bingung dengan Konsepnya

Video tersebut berhasil menarik perhatian warganet. Tak sedikit netizen yang berkomentar dalam video rumah yang terlihat sempit dari luar itu. Mereka menyebut rumah itu memiliki konsep unik.

"penuh kejutan," komentar akun TikTok @satriabajaringan

"aku suka bgt konsep rumah nya lucu unik," komentar akun TikTok @ruangcerita

"msih bingung sama bentuk rumah nya," komentar akun TikTok @JP•Nila

"itu diatass,tapi konsepnya kek seolah" rumah bawh tanah," komentar akun TikTok @ANANDA overpower

"mungkin rumah ny g sepenuhny dalam tanah tpi masi ada jalan untuk kebawah" komentar akun TikTok @Sasuke Ft Undrev

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS