Sukses

Universal Adalah Bersifat Melingkupi Seluruh Dunia, Kenali Artinya dalam Berbagai Bidang

Liputan6.com, Jakarta Universal adalah istilah yang cukup sering berseliweran di media sosial. Bahkan, istilah ini kerap kali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Walaupun begitu, masih ada sebagian orang yang masih belum memahami maknanya.

Universal adalah umum atau berlaku secara luas. Sehingga, hal ini menjadi salah satu tolak ukur yang cakupannya sangat luas. Istilah universal ini maknanya berbeda-beda pada setiap bidang, sehingga kamu perlu memahaminya dalam setiap bidang.

Universal adalah sebuah ilmu yang dilihat secara umum ataupun secara luas. Kamu perlu memahami makna universal dalam bidang filsafat, bidang sosiologi, matematika, hingga seni budaya. Setelah memahami maknanya, kamu bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2022) tentang universal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Universal

Universal adalah istilah yang sudah digunakan secara umum, termasuk di Indonesia. Kamu mungkin sudah tidak jarang melihat istilah ini digunakan di media sosial. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), universal adalah bersifat melingkupi seluruh dunia. Universal adalah umum atau berlaku untuk semua orang atau untuk seluruh dunia. Universal adalah sebuah ilmu yang dilihat secara umum ataupun secara luas. Sehingga, hal ini menjadi salah satu tolak ukur yang cakupannya sangat luas dalam sebuah ilmu.

Universal adalah istilah yang maknanya umum atau berlaku untuk semua orang hingga untuk seluruh dunia, bersifat (melingkupi) seluruh dunia. Sehingga, kata ini digunakan untuk mencangkup seluruh dunia ataupun seluruh orang, tergantung dari konteks pembahasannya.

Universal dalam Bidang Filsafat

Dalam filsafat, ada istilah kebenaran universal, yaitu kebenaran yang sifatnya umum tak terbatas ruang dan waktu. Banyak yang menganggap bahwa pemikiran filsafat dapat mencapai kebenaran universal, yaitu suatu kebenaran yang berlaku kapan saja dan di mana saja.

Kebenaran yang universal tentu saja berdasarkan logika dan pembuktian yang tidak terbantahkan. Misalnya, cabai itu pedas atau gula itu manis. Ini merupakan salah satu teori umum dan tak terbantahkan. Bahkan, beberapa filsuf terkenal seperti Socrates dan Aristoteles berupaya mencari arti universal dengan menggunakan logika. Jadi, dalam ilmu filsafat, arti universal juga tidak bisa dianggap sebagai salah satu teori yang sembarangan. Ini menjadi sebuah teori yang diambil menurut pendapat orang banyak, bahkan menurut logika yang arti atau maksudnya tidak bisa terbantahkan.

3 dari 4 halaman

Universal dalam Bidang Sosiologi dan Seni Budaya

Dalam ilmu sosiologi, arti universal adalah situasi di mana beberapa kelompok orang dari berbagai kalangan bergabung dalam kelompok dan melakukan kegiatan bersama-sama. Contoh aktivitas universal adalah kerja suka rela dan gotong royong untuk membersihkan balai desa dan daerah perumahan setempat. Hal ini berbeda dengan ilmu filsafat, yang mengambil arti universal sebagai sebuah ilmu ataupun teori yang luas dan tak terbantahkan. Dalam ilmu sosiologi, arti universal adalah sebuah kegiatan yang bisa dilakukan oleh banyak orang secara bersama-sama atau dalam lingkup yang luas. Misalnya, gotong royong ataupun kegiatan yang umum dan sering sekali dilakukan.

Universal dalam bidang seni budaya juga perlu kamu pahami maknanya. Dalam bidang ini, arti universal adalah sesuatu yang sifatnya dapat diterima dan dinikmati oleh siapa saja dan di mana saja. Setiap individu pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap suatu karya seni. Sebuah karya seni pasti ada yang menyukai, tapi ada juga yang tidak menyukai. Jika suatu karya seni budaya disukai oleh banyak orang, maka karya seni tersebut dapat disebut sebagai suatu karya yang baik, dan begitu sebaliknya.

Hal ini sifatnya umum karena telah menjangkau ide dan pemikiran banyak orang (universal). Sehingga, arti universal adalah dapat dikatakan sebagai salah satu ide seni yang hasilnya bisa dinikmati oleh banyak orang dalam seni budaya. Artinya, banyak orang yang mengungkapkan bahwa karya seni itu indah.

4 dari 4 halaman

Universal dalam Bidang Matematika

Arti universal dalam bidang matematika juga penting dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, universal dalam matematika tentunya tidak dapat dipahami sebagaimana pada bidang-bidang sebelumnya. Arti universal dalam konsep matematika bisa lebih akurat untuk dijelaskan, walaupun lebih memerlukan ketekunan setiap orang untuk bisa memahaminya. Bahkan sebuah konsep matematika (itu sendiri) adalah sebuah konsep yang universal.

Salah satu cara termudah memahami sifat universal dari suatu konsep matematika yaitu dengan melalui contoh konsep matematika yang biasanya dianggap sebagai konsep matematika yang termudah, yaitu konsep dari suatu bilangan, khususnya konsep suatu bilangan bulat yang positif, yaitu konsep bilangan asli.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa semua ilmu dari matematika bersifat secara universal ataupun umum. Hal ini disebabkan karena, ilmu matematika memiliki rumus yang sama dan memiliki hasil yang pasti bila menggunakan rumus dengan benar. Sehingga, hal ini bisa dikatakan sebagai salah satu ilmu universal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS