Sukses

Viral Didikan Ibu pada Sang Anak Tanpa Gadget Selama 5 Tahun, Tuai Pujian

Liputan6.com, Jakarta Mendidik anak tanpa gadget memang menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua khususnya ibu. Apalagi di zaman serba teknologi ini, banyak orangtua yang menggunakan ponsel untuk membuat anak mereka anteng. Bahkan, tidak sedikit yang memperkenalkan berbagai permainan seru melalui gadget.

Nyatanya, efek buruk penggunaan gadget pada anak sangat bisa terjadi. Karena itu, para orangtua hendaknya bisa meminimalisir penggunaan gadget pada anak. Seperti kisah ibu ini. Seorang ibu membagikan pengalamannya mendidik sang buah hati. Diakuinya, sudah lima tahun lamanya, ia telah mendidik anaknya tanpa gadget ataupun televisi.

Cara didikan ibu tersebut diunggah di laman TikTok @dearuti. Meski telah dihapus, videonya telah diunggah ulang oleh Instagram @undercover.id. Dalam video, ibu itu mengaku sepakat dengan sang suami untuk mendidik anak mereka selama lima tahun tanpa kontak langsung dengan teknologi.

"Sayang kita no gadget di rumah ya. Anak-anak tanpa gadget dan tv," tulis pemilik akun di awal video, dikutip Liputan6.com dari laman Instagram @undercover.id pada Rabu (30/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Menerapkan kurikulum rumah

Mendidik anak tanpa gadget, pasangan suami istri itu pun menerapkan kurikulum rumah yang membuat anak mereka aktif belajar sambil bermain. Tampak dalam video, sang ibu telah mempersiapkan bola-bola jelly kecil dalam sebuah wadah yang berguna melatih motorik anak. Selain itu, ada juga memasukkan kelereng ke dalam botol.

Meski ada momen di mana sang buah hati tidak mau menurut, tetapi pasangan itu tetap konsisten menerapkan kurikulum rumah yang mereka sepakati bersama. Jika bosan di dalam rumah, sang ibu akan mengenalkan anak-anaknya dengan dunia luar, melihat pelajaran dari alam dengan mengenal jenis-jenis tumbuhan. Lama-lama, sang anak semakin terbiasa.

"Tidak terasa 5 tahun uni tanpa gadget, masya Allah," tulisnya.

Mereka juga tampak difasilitasi dengan tumpukan buku. Selain untuk belajar membaca, anak-anak juga kerap dibacakan buku setiap hari. Kecintaan terhadap buku kemudian menurun kepada adiknya yang masih sangat kecil. Keseruan tersebut tentu membuat kurikulum di rumah mengajarkan banyak hal kepada mereka.

3 dari 3 halaman

Komentar warganet

Video unggahan ibu itu pun mencuri perhatian warganet. Banyak yang salut dengan caranya mendidik anak. Ada pula yang mengatakan kalau parenting yang diterapkannya bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

"Ini keren bgt klo diterapkan buat yg ibunya bener2 full dirumah karna klo ortunya kerja dua2nya ga akan berhasil pake campur tangan pembantu yg belum tentu mau momong anaknya tanpa gadget," tulis akun @poetri.rizky.

"Aslinya itu semua orangtua bisa melakukan ini tetapi ya masalahnya di kesibukan masing masing aja, biasanya ada yang engga mau repot banget atau sebaliknya," tulis akun @djenar004.

"Apapun didikan orangtua ke anaknya itu yg terbaik untuk versi mereka krn hakikatnya tdk ada orangtua yg ingin anaknya dijalur jelek atau yg negatif, tetap berjalan di porsi masing-masing tanpa membedakan pihak lain," tulis akun @setiajuwitawahyu_93.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS