Sukses

Profil PT Mayora Indah Tbk, Perusahaan Manufaktur Besar Asal Indonesia

Liputan6.com, Jakarta PT Mayora Indah Tbk merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang telah memproduksi banyak makanan dan minuman terkenal, yang namanya kerap kita dengar di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia produk buatan PT Mayora Indah Tbk juga telah masuk ke pasar global dan dipasarkan di banyak negara.

Berdiri sejak tahun 1977, melalui inovasi-inovasi terbaru, PT Mayora Indah Tbk berhasil menjadi salah satu perusahaan yang berhasil berkembang pesat dan bertahan dengan kokoh, untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen baik di dalam negeri maupun diluar negeri. 

PT Mayora Indah Tbk saat ini memiliki dua klasifikasi produk yang berupa makanan olahan dan minuman olahan, yang meliputi enam jenis divisi yang masing-masing divisi menghasilkan produk yang berbeda namun tetap terintegrasi di dalam PT Mayora Indah Tbk. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Mayora Indah Tbk yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Mayora Indah Tbk pada Selasa (29/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Mayora Indah Tbk

PT Mayora Indah Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman olahan. Berdiri sejak 17 Februari 1977, PT Mayora Indah Tbk telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak 4 Juli 1990. Demi memajukan dan mengembangkan perusahaan, PT Mayora Indah Tbk terus berinovasi dan fokus untuk pengembangan Sumber Daya Manusia. 

Penanaman nilai dan budaya menjadi salah satu langkah utama yang dilakukan untuk mendukung perkembangan PT Mayora Indah Tbk melalui terciptanya soliditas dan loyalitas seluruh pekerja terhadap Perseroan. 

Mulai memanggang biskuit pertamanya dari dapur rumah pada tahun 1948. Bisnis ini berkembang dan Grup Mayora kemudian secara resmi didirikan pada tahun 1977 dan sejak itu telah berkembang menjadi perusahaan global yang diakui dalam industri Fast Moving Consumer Goods. 

Beragam produk kami dapat dibagi menjadi 2 kategori dengan 6 divisi yang berbeda, yaitu biskuit, permen, wafer, coklat, kopi dan makanan sehat. Di dalam setiap divisi terdapat merek-merek terkenal seperti Kopiko, Danisa, Roma, Energen, Torabika, Beng Beng dan lain sebagainya.

Pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990 dengan target market konsumen Asean. Kemudian melebarkan pangsa pasarnya ke negara negara di Asia. Saat ini produk Perseroan telah tersebar di 5 benua di dunia. 

Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya adalah : 

- Top Five Best Managed Companies in Indonesia dari Asia Money 

- Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari majalah Swa 

- Top 100 public listed companies dari majalah Investor Indonesia 

- Best Manufacturer of Halal Products dari Majelis Ulama Indonesia 

- Best Listed Company dari Berita Satu dan masih banyak lagi

 

Visi Misi PT. Mayora Indah Tbk

1. Menjadi produsen produk makanan dan minuman berkualitas yang dipercaya oleh konsumen baik di pasar domestik maupun internasional, dan menguasai pangsa pasar yang signifikan di setiap kategori yang dimasuki.

2. Memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan perusahaan

3. Memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana perusahaan beroperasi.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT. Mayora Indah Tbk

PT. Mayora Indah Tbk didirikan pada tanggal 17 Februari 1977 dan mulai beroperasi secara komersial pada bulan Mei 1978. Kantor pusat Mayora Indah Tbk awalnya berlokasi di Gedung Mayora lantai 8, Jl. Tomang Raya 21-23, Jakarta, Indonesia dan pabrik terletak di Tangerang dan Bekasi.

Jogi Hendra Atmadja merupakan pendiri awal PT. Mayora Indah Tbk yang dilahirkan di Jakarta pada tahun 1946. Berlatar belakang pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti. Setelah lulus Jogi Hendra Atmadja bersama dengan Raden soedibjo Daniel Darmawan Kurnia mendirikan PT. Mayora Indah Tbk pada tanggal 17 Februari tahun 1977 di Jakarta.

PT. Mayora Indah Tbk yang keduanya dirikan memproduksi makanan ringan yang kemudian menjadi andalan perusahaan. Sejak berdiri, Jogi Hendra Atmadja sudah menjabat sebagai komisaris utama di PT. Mayora Indah Tbk. Jabatan yang sama juga ia pegang di tiga perusahaan lain seperti di PT Unita Branindo, PT Torabika Eka Semesta dan PT Kanomas Gemilang. 

Sejak berdiri produk makanan ringan yang menjadi andalan perusahaan adalah Biskuit Roma Kelapa yang booming pada akhir tahun 1970-an. Roma Kelapa kemudian dikenal sebagai biskuit sejuta umat yang bersaing ketat dengan biskuit Khong Guan yang kala itu sudah banyak beredar di pasaran. 

Pada akhir tahun 1980-an PT. Mayora Indah Tbk melakukan ekspansi bisnis dengan mengeluarkan produk permen Kopiko yang menjadi permen rasa kopi pertama di Indonesia. Dengan cepat produk permen Kopiko naik ke posisi atas sebagai produk terlaris karena ketika itu belum ada produk yang sama yang beredar di pasaran. 

Selain produk makanan ringan PT. Mayora Indah Tbk juga merambah ke produk minuman kemasan seperti Teh Pucuk Harum. Demi menggaet pasar minuman yang ketika itu dikuasai oleh Teh Botol Sosro. Untuk produk Air mineral kemasan PT. Mayora Indah Tbk bekerja sama dengan PT Tirta fresindo Jaya mengeluarkan produk air mineral kemasan merk Le minerale.

Kian berkembang PT. Mayora Indah Tbk kemudian membuka 5 pabrik lain yang didirikan di Makassar, Medan, Pasuruan, Ciawi, Sukabumi. Dan tahun 2016 dibangun 2 pabrik di Palembang serta Cianjur sebagai langkah memperkuat produksi guna bersaing dengan merek air mineral lain.

Hingga kini PT. Mayora Indah Tbk telah memproduksi banyak produk makanan dan minuman olahan dengan berbagai merek yang dapat dengan mudah kita temui di pasar dengan mudah. Tidak hanya pasar dalam negeri, produk PT. Mayora Indah Tbk juga dapat ditemukan dan telah beredar luas di pasar global di 5 benua.

4 dari 4 halaman

Produk PT. Mayora Indah Tbk

Dilansir dari laman resminya mayoraindah.co.id. Saat ini, PT. Mayora Indah Tbk mengklasifikasikan produk yang dihasilkannya kedalam 2 kategori yaitu makanan olahan dan minuman olahan, yang meliputi 6 divisi yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi, yaitu :

1. Biskuit : Roma Sari Gandum, Roma Sari Gandum Sandwich, Roma Marie Susu, Roma Marie Susu Gold, Roma Malkist, Roma Kelapa, Roma Malkist Kelapa Kopyor, Roma Malkist Keju Tabur, Roma Malkist Cappuccino, Roma Sandwich, Roma Malkist Coklat Kelapa, Better, Roma Arden, Slai O Lai, Royal Choice, dll.

2. Kembang gula : Kopiko, Kopiko Cappuccino, Kopiko Blister, Jae Jae, KIS, Tamarin, dll.

3. Wafer : beng beng, beng beng Maxx, beng beng share it, Astor, Roma Wafer Coklat, Roma Zuperrr Keju, Roma Crepes Roll Kelapa Wijen, Roma SuperStar, Roma Wafello, dll.

4. Coklat : Choki-choki dan drink beng beng.

5. Kopi : Torabika Duo, Torabika Moka, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika Creamy Latte, Torabika Cappuccino, Torabika Diet, Torabika Jahe Susu, Torabika Natacinno, Toracafe, Torabika 3 in 1, Kopiko Kopi Aren, Torabika Kopi Susu Espresso, Torabika Gilus.

6. Makanan kesehatan : Energen Coklat, Energen Vanilla, Energen Jahe, Energen Kacang Hijau, Energen Jagung, Energen Kurma, Energen Oatmilk, Prima Cereal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS