Sukses

15 Wisata Pulau Bintan Riau yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata Pulau Bintan di Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Ada lima belas destinasi wisata Pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Bintan dijuluki sebagai pulau terbesar di Kepulauan Riau, ada lebih kurang 3.000 pulau kecil dan pulau besar di sini.

Wisata Pulau Bintan Riau menyuguhkan banyak wisata bahari yang sayang dilewatkan. Mulai dari pantai-pantai berpasir putih, danau air biru dari bekas tambang, hingga ada kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara yang disebut Crystal Lagoon.

Di mana lagi wisata Pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi? Wisata religi seperti berkunjung ke Masjid Raya Sultan Riau, Vihara Seribu Wajah, hingga Klenteng Sun Tekong jangan sampai terlewatkan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam lima belas wisata Pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi, Minggu (20/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Pulau Bintan Riau yang Wajib Dikunjungi

1. Telaga Biru

Telaga Biru adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini telaga yang terbentuk dari bekas lokasi pertambangan. Berawal dari sebuah kubangan yang tergenang air hujan, dan air dari sungai hutan mangrove.

Kemudian, perlahan membentuk danau dan menjadi sebuah telaga berwarna biru. Telaga Biru sebagai wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi, dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dari Kota Tanjung Pinang.

2. Gunung Bintan

Gunung Bintan adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini disebut sebagai titik tertinggi di Pulau Bintan. Gunung Bintan dihiasi dengan rimbunan pepohonan, wajib dinikmati para pendaki.

Wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi ini bisa dicapai dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam dari arah Kota Tanjungpinang. Dari puncak Gunung Bintan, wisatawan bisa menyaksikan panorama Pulau Bintan yang memesona mata. Di kawasan Gunung Bintan ada lokasi untuk berkemah.

3. Pantai Senggiling

Pantai Senggiling adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini salah satu pantai eksotis yang ada di Pulau Bintan. Pantai ini belum terlalu populer tetapi wajib banget dikunjungi

Destinasi wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi aksesnya terbilang sulit. Namun, ketika sampai di pantai ini, rasa lelah akan terbayarkan dengan panorama pantai pasir putih dengan bebatuan besar yang indah.

4. Crystal Lagoon

Crystal Lagoon adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Pulau Bintan punya Crystal Lagoon yang disebut sebagai kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara.

Crystal Lagoon berada di kawasan Treasure Bay Bintan. Ini danau buatan pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas air seperti berenang, kano, ski, dan masih banyak lagi.

5. Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Pantai ini disebut sebagai pantai terpanjang di Pulau Bintan. Di kawasan wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi ini, wisatawan dapat menemukan hamparan pantai pasir putih yang memanjang hingga 25 kilometer.

Terdapat beragam panorama di pantai ini mulai dari batu granit berukuran besar, pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, dan masih banyak lagi. Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan resor dan kawasan umum dengan empat bagian yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan Trikora 4.

Wilayah Trikora 1 dan Trikora 2 merupakan kawasan wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi umum yang bebas dikunjungi. Sementara Trikora 3 dan Trikora 4 merupakan pantai yang dikelola hotel atau resor.

6. Lagoi Bay

Lagoi Bay adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Lagoi Bay, yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan, ini wilayah administratif di desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini seperti mengunjungi pantai Lagoi dan menyusuri hutan bakau Lagoi.

7. Pantai Impian

Pantai Impian adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih dengan pemandangan yang langsung menghadap ke pusat Kepulauan Riau. Fasilitas wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi ini, berupa resort, tempat makan, dan tempat bersantai di pinggir pantai.

 

3 dari 3 halaman

Wisata Pulau Bintan Riau yang Wajib Dikunjungi

8. Danau Biru Kawal

Danau Biru Kawal adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini berupa area bekas tambang pasir. Wisatawan akan disuguhkan dengan gundukan bebatuan berwarna putih dan air jernih di sini.

Perhatikan! Wisatawan di tempat wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi ini, dilarang menceburkan diri di dalamnya. Semakin tertarik mengunjunginya?

9. White Sands Island

White Sands Island atau Pulau Beralas Pasir adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Lokasi tepatnya berada di Teluk Bakau. Ini pulau tidak berpenghuni yang cocok untuk menikmati wisata bahari seolah milik sendiri. Kegiatan snorkeling bisa dilakukan di perairannya pulau pasir ini.

10. Gurun Pasir Busung

Gurun Pasir Busung adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini dulunya kawasan pertambangan pasir yang sudah berhenti beroperasi. Kawasan tambang ini meninggalkan gundukan pasir yang kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata.

11. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas menarik. Wisatawan bisa memanah, bermain bola, berkemah, naik perahu, snorkeling, memancing, dan mengendarai jet ski. 

12. Klenteng Sun Tekong

Klenteng Sun Tekong adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini kelenteng Budha yang berada di pesisir Senggarang, Kota Tanjungpinang. Kelenteng Sun Te Kong diyakini sebagai tempat berkumpulnya warga Tionghoa sebelum menyebar ke seluruh Kepulauan Riau. Di area kelenteng terdapat banyak patung para dewa.

13. Rumah Arang

Rumah Arang adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi dan unik banget. Rumah Arang ini berupa bangunan berbentuk kubah milik warga Suku Laut di Bintan.

Bangunan ini dulunya dapur tungku milik warga Suku Laut untuk membuat arang. Kini Rumah Arang difungsikan sebagai destinasi wisata di Bintan yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

14. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Ini bangunan bersejarah dan yang paling terkenal di Tanjungpinang. Masjid Sultan Riau memiliki desain arsitektural unik bergaya persia dan turki.

Ada empat menara berbentuk kerucut dan memiliki tujuh pintu masuk serta enam jendela. Masjid ini didominasi warna kuning menyala dan terlihat kontras dengan bangunan di sekitarnya. Masjid ini menjadi salah satu Masjid tertua di Indonesia.

15. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva adalah wisata pulau Bintan Riau yang wajib dikunjungi. Wisata pulau Bintan Riau ini juga dikenal sebagai Vihara Seribu wajah.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva memiliki 500 patung Lohan dengan berbagai ekpresi wajah, dan terdapat 40 lebih patung dewa-dewa dalam kepercayaan Budha. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terletak persis di sebelah Barat Kota Tanjungpinang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.