Sukses

14 Cara Merawat Kulit Wajah agar Tetap Sehat, Ketahui Tips dan Triknya

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat kulit wajah merupakan hal yang harus kamu ketahui. Ini karena berkaitan dengan kesehatan kulit wajah. Namun, tidak jarang orang yang ingin memiliki kulit wajah sehat nan sempurna tanpa mau bersusah payah merawatnya. Padahal, merawat kulit wajah bukanlah hal yang sulit, pada dasarnya hanya memerlukan konsistensi atau keteraturan. Dialnsir dari Healthline, rutinitas perawatan kulit harian akan membantu kamu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sebelum melakukan cara merawat kulit wajah, kamu perlu mengetahui jenis kulit wajah kamu terlebih dahulu. Ini nantinya juga bermanfaat untuk menentukan pilihan produk perawatan dan make up. Dilansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), jenis kulit yang pertama adalah kulit sensitif. Kulit sensitif yang biasanya mudah merasa tersengat atau terbakar setelah penggunaan produk. Kedua ada jenis kulit normal, yaitu kulit yang bersih dan tidak sensitif. Selanjutnya ada kulit kering, yaitu kulit yang bersisik, gatal atau kasar.

Ketiga, ada jenis kulit berminyak, yaitu kulit yang berkilau dan tentu saja berminyak. Terakhir ada jenis kulit kombinasi, yakni kulit yang kering di beberapa bagian wajah dan berminyak di bagian lainnya. Berikut liputan6.com rangkum tentang cara merawat kulit wajah dari AAD dan berbagai sumber, Jum’at (11/11/22) :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah

Berikut langkah-langkah merawat kulit wajah sehari-hari :

1. Cuci Muka Secara Rutin

Cara merawat kulit wajah yang selanjutnya adalah mencuci muka. Kamu dapat memilih produk pembersih wajah yang lembut, non-abrasif dan tidak mengandung alkohol. Kamu dapat mencuci wajah dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari serta setelah berkeringat. Cara mencuci wajah sangat mudah dan bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut :

a. Basahi wajah dengan air hangat dan gunakan ujung jari untuk mengoleskan produk. Gunakan waslap, spons jala atau apapun untuk melapisi ujung jari.

b. Tidak menggosok kulit, apalagi menggosoknya dengan keras karena ini bisa menyebabkan iritasi.

c. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

2. Gunakan Toner

Menggunakan toner merupakan bagian dari cara merawat kulit wajah yang bertujuan untuk mengisi kembali kulit melalui hidrasi dan mengangkat sel-sel kulit mati atau kotoran. Dilansir dari SehatQ, menggunakan toner juga bertujuan untuk mengembalikan pH kulit wajah yang hilang ketika kamu mencuci muka.

3. Gunakan Serum

Dilansir dari Healthline, serum dengan vitamin C akan lebih baik digunakan pada pagi hari di bawah tabir surya. Sementara itu, pada malah hari retinol akan bekerja paling baik.

3 dari 6 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah

4. Gunakan Pelembab

Pelembab akan menenangkan dan melembutkan kulit kamu. Jkka kamu memiliki jenis kulit kering, maka kamu bisa menggunakan krim. Sedangkan, krim yang lebih kental akan bekerja lebih baik pada kulit normal atau kombinasi serta pelembab yang berbentuk gel disarankan untuk jenis kulit wajah yang lebih berminyak. Cara merawat kulit wajah yang satu ini juga lebih baik tidak kamu lewati.

5. Perhatikan Bibir

Bibir juga menjadi bagian wajah yang perlu kamu rawat. Ini karena kanker kulit bisa berbentuk di bibir. Kamu bisa mengoleskan lip balm atau lipstik yang mengandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum keluar ruangan. Jika bibir kamu pecah-pecah atau kering, kamu bisa megoleskan petroleum jelly untuk menambah kelembaban.

6. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Tabir surya merupakan salah satu cara merawat kulit wajah yang tidak boleh kamu lewatkan. Jika diaplikasikan dengan tepat, tabir surya mungkin bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Ini karena sinar UV dapat menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit dan penuaan dini, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan.

Untuk perlindungan terbaik, oleskan tabir surya spektrum luas dan tahan air dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk semua kulit yang tidak tertutup pakaian. Kamu bisa mengaplikasikan kembali setiap dua jam, setelah berenang atau berkeringat. Kamu juga bisa menggunakan pelembab atau kosmetik yang sudah mengandung tabir surya sekaligus, tetapi tetap perlu mengulangi penggunaan setiap dua jam.

Salah satu hal yang penting untuk diingat, bahwa karena tidak ada tabir surya yang dapat menghalangi 100% sinar UV matahari. Oleh karena itu, baik bagi kamu untuk mencari tempat teduh dan mengenakan pakaian untuk melindungi diri dari matahari ketika berada di luar ruangan. Pakaian yang mungkin kamu kenakan, seperti kemeja lengan panjang, celana, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam dengan perlindungan UV.

4 dari 6 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah

7. Gunakan Exfoliator atau Clay Mask

Dilansir dari Healthline, eksfolasi akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati sambil membersihkan pori-pori.Sedangkan clay mask bekerja untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan bisa menyerap minyak berlebih. Kamu bisa menggunakan ini, terutama pada malam hari untuk menghilangkan kotoran dan membantu kulit menyerap produk lainnya. Hindari penggunaan produk eksfoliator pada kulit yang teriritasi dan hindari penggunaan berlebihan pada kulit sensitif. Kamu harus menggunakan tabir surya setelah menggunakan produk ini pada malam hari.

8. Krim Malam atau Masker Tidur

Kamu dapat melengkapi cara merawat kulit wajah dengan mengaplikasikan krim malam atau masker tidur. Ini bersifat opsional dan tidak wajib, tetapi dapat bermanfaat bagi kulit wajah kamu. Krim malam dapat membantu dalam perbaikan sel dan masker tidur mengandung pelembab yang cukup ringan dibiarkan semalaman.

5 dari 6 halaman

Tips Perawatan Kulit Wajah

Selain pengaplikasian basic skin care, berikut beberapa cara merawat kulit wajah lainnya yang perlu kamu lakukan :

1. Jauhkan Tangan dari Wajah

Cara merawat kulit wajah yang satu ini mungkin terlihat sederhana, tetapi kenyataannya masih banyak orang yang sering melanggar. Setiap kali kamu menyentuh wajah kamu, kamu akan memindahkan kotoran, kuman dan minyak dari tangan ke wajah. Usahakan yang terbaik untuk menjauhkan tangan kamu dari wajah sepanjang hari. Selain itu, kamu juga tidak disarankan untuk memencet atau meremas jerawat.

2. Jauhi Tanning Beds

Sama halnya dengan matahari, tanning beds bisa memancarkan radiasi UV berbahaya yang bisa menyebabkan kanker kulit. Jadi, langkah yang bijak bagi kamu adalah menghindari penggunaan tanning beds. Kamu bisa menggantinya dengan self-tanning products.

3. Sederhanakan Rutinitas Perawatan Kulit

Meskipun perawatan kulit mungkin terlihat banyak manfaat, AAD tetap menyarankan untuk tidak berlebihan dalam penggunaannya. Hal ini karena menggunakan terlalu banyak produk, terutama produk anti-penuaan, dapat mengiritasi kulit kamu. Fokuslah pada hal-hal dasar, seperti pembersih lembut, tabir surya, dan pelembab.

 

6 dari 6 halaman

Tips Perawatan Kulit Wajah

4. Makan Makanan Sehat

Melembabkan kulit dan merawat kulit tidak hanya dilakukan secara eksternal, kamu juga perlu melakukannya dari dalam. Dilansir dari Medical News Today, apa yang kamu makan sama pentingnya dengan produk yang kamu pakai di kulit. Diet kamu dapat meningkatkan kesehatan kulit dari dalam ke luar.

5. Tidur Cukup

National Sleep Foundation menyarankan orang dewasa untuk tidur antara 7 hingga 9 jam setiap hari. Orang-orang yang kurang tidur dapat memiliki peningkatan tanda-tanda penuaan kulit prematur dan penurunan kemampuan kulit untuk memperbaikinya sendiri pada malam hari. Jika kamu tidur nyenyak, kamu memasuki mode perbaikan regenerasi kulit, otot, darah dan sel-sel otak.

6. Periksakan Kulit secara Teratur

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang tidak kalah mematikan. Penting bagi kamu untuk memeriksakan secara teratur untuk memeriksa jika ada bintik-bintik baru, bintik-bintik yang berbeda dari tubuh, tahi lalat yang gatal, berdarah atau berubah warna, yang mana sering menjadi tanda-tanda peringatan dini kanker kulit. Jika melihat bintik yang mencurigakan, segeralah periksakan diri Anda.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS