Sukses

12 Cara Memutihkan Kulit dengan Cepat dan Permanen, Cantik Tanpa Mahal

Kumpulan cara memutihkan kulit dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Cara memutihkan kulit dengan cepat bisa dilakukan dengan perawatan rumahan, pakai metode sederhana. Mulai dari rutin membersihkan kulit, menjaga kelembapan kulit, hingga menggunakan tabir surya di dalam maupun luar ruangan.

Kulit putih yang permanen bisa didapat tanpa memerlukan perawatan kecantikan mahal. Kunci dari cara memutihkan kulit dengan cepat dan permanen adalah mau lebih rajin menerapkannya setiap hari. Khusus bagi pemilik kulit sensitif, tetap lakukan konsultasi dengan ahlinya.

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit dengan cepat dan permanen, mulai dari pepaya, madu, tepung beras, wortel, alpukat, jinten, dan masih banyak lagi. Agar aman, lakukan tes pada kulit sebelum menerapkannya secara keseluruhan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang dua belas cara memutihkan kulit dengan cepat dan permanen, Jumat (11/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Kulit dengan Cepat dan Permanen

Memutihkan kulit bagian tubuh dan wajah dengan cepat dan permanen melansir dari Health Wire, sebagai berikut:

1. Membersihkan dan Melembapkan Kulit Setiap Hari

Cara memutihkan kulit dengan cepat dan permanen adalah rutinkan kebiasaan membersihkan dan melembapkan kulit setiap hari. Terutama pada mereka pemilik kulit kering.

Orang dengan kulit yang sangat kering harus menggunakan krim pelembap lebih berat, sedangkan mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat harus menggunakan losion yang lebih ringan.

2. Memakai Tabir Surya Setiap Hari

Mau memakai tabir surya setiap hari menjadi kunci seseorang memiliki kulit putih alami. Tabir surya sebagai ampuh menangkis paparan langsung cahaya matahari.

Bila begitu, bintik-bintik hitam dan bintik-bintik coklat hingga kulit terbakar parah dan kanker kulit bisa dicegah sedini mungkin. Cobalah menggunakan tabir surya dengan peringkat Sun Protection Factor (SPF) yang tinggi, terutama jika menginginkan kulit yang lebih cerah.

3. Menggunakan Air Mawar Dingin

Air mawar memiliki kualitas anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan pada kulit. Air mawar yang dingin cocok dijadikan sebagai cara memutihkan kulit. Air mawar dingin yang dioleskan ke kulit, seperti wajah dan badan akan membuat kulit terasa segar kembali sekaligus mampu memperbaiki warnanya.

Apalagi yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit dengan cepat dan permanen? Ini rekomendasi cara memutihkan kulit dengan cepat melansir dari India.com:

4. Mencukupi Waktu Tidur

Dijelaskan, kurang tidur dapat mengganggu kesehatan kulit badan sekaligus wajah, karena tubuh secara alami membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur. Mengapa cara memutihkan kulit harus dengan tidur cukup?

Saat tidur, tubuh akan meningkatkan aliran darah ke kulit yang berarti seseorang akan bangun dengan cahaya yang sehat. Namun jika kurang tidur, kulit bisa terlihat kusam dan tidak bernyawa, belum lagi munculnya lingkaran hitam.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Seseorang harus minum air dalam jumlah yang cukup untuk kulit terhidrasi dan bercahaya. Dijelaskan seseorang harus minum setidaknya 8 gelas yaitu dua liter air dalam sehari untuk menjaga tubuh terhidrasi. Minum banyak air akan memperbaiki tekstur dan penampilan kulit dengan membuang racun.

6. Melakukan Eksfoliasi Kulit

Seseorang perlu mengeksfoliasi kulit untuk menyingkirkan penumpukan kulit mati setiap hari. Ini akan menjadikan kulit tampak putih dan bersih. Cara memutihkan kulit dengan cepat dan permanen adalah menggabungkan 2 sdt bubuk beras dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Gosokkan campuran ini pada kulit secara rutin untuk hasil maksimal.

3 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Kulit dengan Cepat dan Permanen Selanjutnya

7. Pijat dengan Minyak Zaitun dan Madu

Cara memutihkan kulit dengan cepat dan permanen adalah lakukan pemijatan rutin pada kulit dengan minyak zaitun dan madu. Lakukan cara ini setiap hari.

Campurkan 2 sdm minyak zaitun dan satu sdt madu dan pijat ke kulit selama beberapa menit. Jika memiliki kulit berminyak, tambahkan beberapa tetes jus lemon. Bersihkan dengan air hangat.

Apa lagi yang bisa dilakukan? Melansir dari Bebeautiful.in, memutihkan kulit dengan cepat dan permanen bisa dengan bahan alami, berikut ini:

8. Wortel dan Alpukat

Keduanya kaya akan beta-karoten yang sangat baik untuk kulit. Antioksidan yang ada dalam sayuran ini membantu memperbaiki tekstur dan corak kulit. Cocok digunakan untuk memutihkan kulit dengan cepat dan alami.

Sedangkan vitamin yang ada dalam alpukat membantu menghilangkan sel-sel mati, melawan jerawat, membuka pori-pori dan memperbaiki kesehatan kulit. Begini cara memutihkan kulit dengan cepat dan alami:

- Rebus satu wortel berukuran sedang dan setelah dingin, haluskan bersama dengan satu buah alpukat.

- Tambahkan satu sendok makan krim kental, satu telur dan satu sendok makan madu ke dalam campuran.

- Campur bahan dengan baik untuk membentuk pasta yang kental dan halus.

- Oleskan paket pada kulit secara merata.

- Biarkan campuran di wajah selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

9. Jinten

Vitamin E jinten mencegah penuaan dini dan bertindak sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas yang menyebabkan kulit menua dengan cepat.

Termasuk, jinten mampu membantu mencegah berbagai gangguan kulit seperti eksim dan psoriasis dan menghilangkan racun agar kulit bersih dan cerah. Begini caranya:

- Rebus satu sendok teh biji jintan dalam dua gelas air.

- Oleskan atau cuci kulit dengan ramuan ini.

 10. Tepung Beras dan Susu

Tepung beras adalah perawatan rumah untuk pemutih kulit terbaik yang digunakan oleh wanita Asia sejak lama. Begini caranya:

- Giling setengah cangkir beras mentah dan pastikan menghasilkan bubuk halus.

- Tambahkan 3-4 sendok makan susu ke bubuk untuk membentuk pasta.

- Oleskan pasta ke seluruh kulit dan biarkan selama setidaknya setengah jam.

- Cuci kulit dengan air hangat.

11. Pepaya dan Madu

Pepaya mengandung enzim seperti asam alfa hidroksi dan papain yang membantu menyingkirkan kotoran, mengangkat sel kulit mati. Papain sebagai enzim pemutih kulit juga hadir dalam konsentrasi tertinggi dalam kulit pepaya. Begini cara memutihkan kulit dengan cepat dan alami:

- Ambil setengah cangkir potongan pepaya segar dan tumbuk sampai mendapatkan pasta yang halus.

- Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam pasta dan aduk rata.

- Oleskan paket di wajah dan biarkan selama sekitar 20 menit

- Cuci kulit dengan air hangat dan lanjutkan dengan bilas air dingin.

- Tepuk-tepuk kulit hingga kering.

12. Kentang

Jus kentang memiliki kemampuan mencerahkan kulit tanpa menyebabkan kerusakan apa pun. Kentang yang kaya akan Vitamin C dan antioksidan mampu berperan sebagai agen pemutih ringan dan pada saat yang sama menghilangkan sel-sel mati dari kulit. Begini caranya:

- Kupas satu kentang dan potong kecil-kecil.

- Gosokkan potongan kentang pada area yang ingin diringankan agar sarinya menyebar ke kulit.

- Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

- Bisa pula memarut kentang, memeras jusnya dan mengoleskannya pada area yang terkena dengan bantuan kapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.