Sukses

Manfaat Pasta Gigi untuk Wajah, Pahami Risiko Penggunaanya

Manfaat pasta gigi untuk wajah memang terbukti dapat memutihkan wajah secara alami dan menghilangkan jerawat, tapi hasil yang didapat disertai pula dengan efek samping yang tidak bisa diabaikan.

Liputan6.com, Jakarta Pasta gigi adalah bahan pembersih yang diformulasikan khusus untuk membersihkan gigi. Beberapa tahun silam, pasta gigi dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Namun ternyata, manfaat pasta gigi untuk wajah cukup berisiko.

Manfaat pasta gigi untuk wajah memang terbukti dapat memutihkan wajah secara alami dan menghilangkan jerawat, tapi hasil yang didapat disertai pula dengan efek samping yang tidak bisa diabaikan. Kandungan sorbitol, kalsium karbonat, sodium lauryl sulfate, maupun baking soda pada pasta gigi yang diformulasikan untuk membersihkan gigi justru dapat merusak kulit. 

Kulit wajah adalah salah satu bagian kulit yang lebih sensitif dari bagian kulit lain. Oleh sebab itu, produk perawatan kulit wajah dibedakan dengan produk perawatan bagian kulit lainnya.

Menggunakan manfaat pasta gigi untuk wajah dapat menimbulkan permasalahan di wajah. Berikut manfaat pasta gigi untuk wajah beserta risikonya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pasta Gigi Untuk Kulit dan Risikonya

Memutihkan Kulit

Pasta gigi dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih putih dan bersih. Manfaat pasta gigi untuk wajah didapat dengan mencampurkan satu sendok teh pasta gigi dengan sedikit jus lemon. Campuran ini kemudian digunakan sebagai sebagai pembersih muka yang dipercaya membuat kulit menjadi lebih putih dan bersih.

Penggunaan pasta gigi yang dioleskan langsung ke wajah dapat menyebabkan kulit mengelupas karena kering. Pengelupasan inilah yang kemudian memicu timbulnya kulit baru yang tampak lebih putih, namun cara ini terlalu berisiko. Kandungan fluoride pada pasta gigi dapat membuat kulit wajah mengering.

Proses eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati memang perlu dilakukan agar kulit tetap sehat, tapi menggunakan pasta gigi merusak kulit yang masih sehat dan menyebabkan kulit mengelupas. Apalagi ditambah dengan air lemon yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Penggunaan lemon secara topikal ke kulit tidak disarankan oleh para dokter kulit karena dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif dan mudah terbakar.

Membasmi Jerawat dan Komedo

Jerawat dan komedo merupakan masalah kulit wajah yang banyak dialami sebagian besar orang terutama remaja. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi permasalah kulit yang mengganggu keindahan kulit ini. Pasta gigi dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan komedo dengan mengoleskannya pada malam hari dan biarkan semalaman. 

Seperti sudah dijelaskan, pasta gigi dapat menyebabkan kulit kering. Inilah yang menyebabkan jerawat yang ada di wajah juga cepat kering, tapi ini tidak berlaku untuk semua jenis jerawat. Pada jerawat yang meradang kandungan mentol pada pasta gigi dapat memper parah peradangan. Bahan kimia lain yang ada pada pasta gigi juga dapat membuat pori-pori wajah tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pasta Gigi Untuk Kulit dan Resikonya

Menghilangkan Noda dan Keriput

Manfaat pasta gigi untuk wajah dipercaya dapat menghilangkan noda dan keriput. Caranya dengan mencampurkan pasta gigi dengan susu, kemudian mengoleskannya ke kulit wajah seperti masker. 

Cara ini jelas beresiko, keriput terjadi karena produksi kolagen yang mulai menurun sehingga kelembapan kulit berkurang dan terjadilah keriput. Alih-alih menghilangkan keriput, mengoleskan pasta gigi langsung ke kulit justru akan mengikis kelembaban kulit yang membuat keriput semakin terlihat.

Kandungan alkohol yang tinggi pada pasta gigi juga dapat membuat pori-pori wajah tampak lebih besar. Alkohol dapat mengikis kandungan air yang ada di kulit sehingga kulit akan semakin kering dan pori-pori tampak membesar. Pori-pori yang tampak membesar ini akan membuat tampilan wajah menjadi lebih tua.

Mengatasi Kulit Berminyak

Paste gigi juga dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak. Caranya dengan mencuci muka dengan campuran pasta gigi, air, dan garam dapat dengan tujuan mengurangi jumlah minyak atau sebum yang ada di wajah. 

Membersihkan wajah secara rutin memang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Khusus untuk kulit wajah disarankan untuk menggunakan pembersih yang lembut karena kulit wajah cenderung sensitif. Pasta gigi adalah bahan yang terlalu keras untuk kulit wajah. 

Menggunakan Pasta Gigi di Wajah Dapat Memicu Peradangan

Selain manfaat pasta gigi untuk wajah beserta resiko yang sudah di sebutkan, penggunaan pasta gigi di wajah juga dapat memicu terjadinya peradangan. Kandungan bahan kimia pada pasta gigi diperuntukan untuk membersihkan gigi dari plak dan berbagai bakteri yang ada di mulut. Bahan-bahan kimia, seperti sorbitol, kalsium karbonat, sodium lauryl sulfate, maupun baking soda terlalu keras untuk kulit bagian wajah. Apalagi jika pasta gigi diaplikasikan pada kulit wajah yang sensitif. Bukannya bertambah cantik pasta gigi justru akan merusak kulit.

Sebaiknya untuk merawat kulit wajah gunakan produk perawatan yang memang khusus dibuat untuk kulit wajah. Selain itu pilih produk yang memiliki sertifikat BPOM agar terhindar dari bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.