Sukses

12 Cara Membersihkan Jerawat dengan Cepat dan Aman, Hilang dalam 4 Minggu

Liputan6.com, Jakarta - Cara membersihkan jerawat dengan cepat dan aman wajib diketahui, karena ini masalah gangguan kulit wajah yang sangat umum terjadi. Penyebab jerawat adalah produksi minyak berlebih dan penyumbatan pori-pori, yang nantinya akan memicu peradangan.

Upaya apa yang bisa dilakukan untuk membersihkan jerawat? Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan, ada dua belas cara membersihkan jerawat dengan cepat dan aman yang bisa dilakukan.

Mulai dari melakukan pengobatan rutinan, membersihkan wajah dua kali sehari, hingga menjaga pola makan. American Academy of Dermatology Association menjelaskan jerawat bisa bersih dalam kurun waktu 4 minggu sampai 6 minggu dan bisa lebih dari itu jika jerawat cukup serius.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang cara membersihkan jerawat dengan cepat dan aman yang dimaksudkan, Selasa (8/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Jerawat dengan Cepat dan Aman

1. Melakukan Pengobatan Jerawat Minimal 4 Minggu

Cara membersihkan jerawat dengan cepat harus melakukan pengobatan rutinan. Usahakan selalu menggunakan produk pengobatan jerawat yang cocok dan sama, karena berganti-ganti produk jerawat berisiko menimbulkan jerawat batu.

Perawatan untuk membersihkan jerawat membutuhkan waktu, American Academy of Dermatology Association menjelaskan minimal lakukan selama 4 minggu. Sementara bagi yang menginginkan hasil maksimal bisa melakukan pengobatan lebih dari 4 minggu atau 4 minggu sampai 6 minggu.

2. Menambah Produk Perawatan Jerawat

Menambah produk perawatan jerawat sangat perlu dilakukan jika pengobatan pertama tidak membuahkan hasil. Direkomendasikan American Academy of Dermatology Association, untuk menambah produk jerawat kedua ke rencana perawatan sebagai cara membersihkan jerawat dengan cepat.

Tujuan dari cara ini, membantu menyerang berbagai penyebab jerawat. Bakteri, pori-pori tersumbat, minyak, dan peradangan semuanya yang dapat menyebabkan jerawat. Ini contoh produk perawatan jerawat yang dimaksudkan:

- Benzoil peroksida akan membantu memerangi bakteri P. acnes.

- Retinoid, seperti gel adapalene, akan membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi sifat manis mulut.

- Asam salisilat akan membantu meredakan peradangan dan menyumbat pori-pori.

3. Mencucui Muka 2 Kali Sehari dan Setelah Berkeringat

Cara membersihkan jerawat dengan cepat dan aman, bisa dilakukan dengan menerapkan cuci muka dua kali sehari. Terutama, lakukan cara ini setelah berkeringat.

Kulit berjerawat memang sangat sensitif. Hindari mencuci muka berlebihan. Mencuci muka lebih dari dua kali sehari dapat mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

Untuk hasil terbaik, dokter kulit American Academy of Dermatology Association merekomendasikan untuk mencuci muka saat:

- Bangun tidur

- Siap untuk pergi tidur

- Memiliki wajah berkeringat

4. Berhenti Menggosok Wajah dan Kulit Berjerawat

Hindari betul menggosok wajah dan kulit berjerawat. Jika kulit terasa berminyak dan kotor, jangan tergoda untuk menggosoknya hingga bersih.

Jangan! Menggosok dapat mengiritasi kulit yang rentan jerawat, yang memperburuk jerawat. Cara terbaik oleh American Academy of Dermatology Association, menghidari menggosoknya dan beralih mencucinya.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Jerawat dengan Cepat dan Aman

5. Memperbaiki Pola Makan

Pola makan sangat memengaruhi kesehatan kulit wajah. Health Line menyarankan cara membersihkan jerawat dengan cepat, seperti menghindari konsumsi produk susu, termasuk susu, keju, yogurt. Lakukan diet ini selama 3 minggu, kemudian pantau kulit wajah.

Apabila dalam 3 minggu tidak ada jerawat seperti bruntusan baru yang muncul, itu merupakan indikasi bahwa produk susu adalah pemicu atau penyebab bruntusan atau jerawat lain. Selain susu, ahli pun merekomendasikan untuk menghindari konsumsi gula rafinasi untuk pemulihan yang lebih cepat.

6. Melakukan Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur menjadi cara membersihkan jerawat dengan cepat yang wajib dicoba. Chiu-Ling Yang dan Chung-Hey Chenmana melakukan studi pada tahun 2018, terbukti olahraga bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Kedua masalah ini sangat berdampak pada kesehatan kulit wajah, termasuk mengatasi atau membersihkan masalah bruntusan.

Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan orang dewasa baiknya berolahraga atau melakukan dua jenis aktivitas fisik setiap minggu selama 150 menit. Misalnya, berjalan, berlari, mengangkat beban dan hiking.

7. Mengompres dengan Es

Mengapa ini akan berhasil? Health Line menjelaskan es cukup efektif dalam mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan kemerahan.

Ini yang menjadikannya cocok digunakan sebagai cara membersihkan jerawat dengan cepat dan berbagai masalah di kulit wajah lain. Praktik ini direkomendasikan tiga kali sehari.

8. Memakai Masker Aspirin

Disarankan Health Line untuk mencampur tablet aspirin yang dihancurkan dengan air untuk membuat pasta dan mengoleskannya pada jerawat batu.

Mengapa cara ini akan berhasil? Secara alami ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat batu.

Penting untuk dicatat bahwa aspirin dapat menyebabkan iritasi bila dioleskan langsung ke kulit. Juga, bagi yang memiliki alergi terhadap salisilat, lebih baik hindari cara ini.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Jerawat dengan Cepat dan Aman

9. Menggunakan Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis ampuh mengatasi masalah bruntusan di wajah. Studi tahun 2017 yang dipublikasikan National Institutes of Health, ditemukan ada kombinasi baik antara madu dan ekstrak kulit kayu manis.

Keduanya terbukti efektif membersihkan jerawat seperti bruntusan di wajah dengan cepat. Ini karena madu dan kayu manis memberikan efek antibakteri terhadap P. acnes. Berikut caranya:

- Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis

- Oleskan ke wajah bruntusan sebagai masker

- Biarkan selama 10-15 menit

- Bilas wajah sampai bersih sambil tepuk wajah dengan lembut hingga kering

10. Menggunakan Teh Hijau

Cara membersihkan jerawat dengan cepat menggunakan teh hijau. Senji Sakanaka, dkk dalam studi tahun 2000 menemukan teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal bisa membantu melawan peradangan dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) teh hijau cukup tinggi. Inilah yang menjadikannya ampuh membersihkan jerawat seperti bruntusan di wajah dengan cepat.

Kandungan ini terbukti mampu melawan peradangan, mengurangi produksi sebum, menghambat pertumbuhan P. acnes pada orang dengan kulit berjerawat. Cara membersihkan jerawat dengan cepat:

- Seduh teh hijau dengan air mendidih selama 3-4 menit, tunggu dingin

- Oleskan ke wajah di area bruntusan dengan kapas atau semprotkan

- Biarkan selama 10 menit atau semalaman

- Bilas wajah dengan air

- Direkomendasikan menerapkannya 1-2 kali sehari secara rutin

11. Menggunakan Lidah Buaya

Cara membersihkan jerawat dengan cepat menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya telah terbukti membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka, ini baik untuk pemulihan wajah bruntusan.

L.O Orafidiya, dkk, dalam studi yang diterbitkan International Journal of Aromatherapy tahun 2004, menjelaskan semakin tinggi konsentrasi lidah buaya dalam lotion, maka semakin efektif dalam mengurangi jerawat termasuk bruntusan.

Cara membersihkan jerawat dengan cepat:

- Kerok gel dari daun lidah buaya atau produk gel lidah buaya (lidah buaya murni)

- Oleskan gel ke kulit wajah (bisa campur dengan perawatan jerawat lain)

- Paling tidak, terapkan sebanyak 1-2 kali per hari

12. Mengandalkan Masker Kunyit

Cara membersihkan jerawat dengan cepat menggunakan masker kunyit. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga agak mengental untuk membuatnya menjadi masker terlebih dahulu.

Kemudian oleskan larutan bubuk kunyit ini ke area yang ditumbuhi jerawat batu. Biarkan kira-kira 45 menit, lalu bilas dengan air sampai wajah bersih. Cara ini direkomendasikan Health Line dilakukan dua kali sehari.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS