Sukses

4 Cara Bermain Sudoku yang Cepat, Trik Tepat untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Sudoku adalah permainan teka-teki yang menggunakan logika, ketika Anda ingin menempatkan angka. Nama Sudoku sendiri adalah bentuk akronim dari bahasa Jepang, yaitu Suuji wa dokushin ni kagiru yang memiliki arti setiap angkanya harus tunggal. Oleh karena itu, sebelum mengetahui cara bermain sudoku yang benar dan tepat, maka Anda juga perlu mengetahui aturan penting dalam permainan.

Cara bermain sudoku memungkinkan Anda mengisikan angka 1 sampai 9 pada kotak-kotak 9×9, yang biasanya terdiri dari 9 blok 3x3 tanpa ada angka yang berulang. Jenis permainan atau puzzle angka ini meskipun tergolong sulit, namun digemari oleh semua kalangan baik tua maupun muda. 

Cara bermain sudoku bertujuan mengasah otak Anda secara ringan, serta bisa mengisi waktu luang dengan permainan angka berbagai jenis. Selain permainan sudoku yang identik penggabungan angka ini, tersedia juga jenis lain yang menggunakan kata-kata, sehingga saat semua kotaknya terisi nampak sebuah kata yang utuh.

Berikut ini cara bermain sudoku yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (7/11/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jenis Sudoku

Sebelum mengetahui cara bermain sudoku yang mudah, maka Anda perlu mengetahui jenis-jenis permain sudoku diantaranya: 

1. Mini Sudoku

Mini sudoku berarti permainan denga versi kecil, di mana setiap angka yang digunakan hanya angka 1-6 atau 1-4. Hal ini karena gridnya yang lebih sedikit, hanya 6×6 atau 4×4 saja, namun permainan jenis ini akan mudah untuk diselesaikan dengan cepat. 

2. Sudoku Klasik

Jenis sudoku selanjutnya, yang umum dimainkan, di mana sebagai pemain Anda perlu mengisikan angka 1-9 pada baris, kolom, dan blok tepat satu digit. Akan tetapi Anda tidak boleh ada angka yang sama dalam satu baris, kolom, atau blok 3×3 tersebut.

3. Sudoku Alfabet

Sudoku jenis selanjutnya ini tidak menggunakan angka, namun menggunakan huruf-huruf untuk mengisi setiap kolom yang tersedia. Cara bermain sudoku ini pun masih sama seperti sudoku klasik, di mana saat semua kotaknya sudah terisi, nampak sebuah kata yang utuh.

4. Twin Sudoku

Jenis selanjutnya memiliki 2 buah sudoku dengan grid 9×9, dengan satu atau beberapa blok 3×3 yang saling tumpang tindih. Bagi Anda yang ingin menyelesaikan sudoku ini, perlu ketelitian tinggi karena kedua sudoku saling berkaitan.

5. Killer Sudoku

Ini adalah jenis sudoku yang merupakan gabungan antara Sudoku dan Kakuro, yang pada dasarnya, memiliki aturan bermain sudoku jenis ini sama saja dengan sudoku klasik. Adapun beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan killer sudoku ini adalah angka-angka kecil yang terdapat pada sebagian kotak, yang merupakan hasil penjumlahan angka-angka yang mungkin terdapat pada kotak-kotak yang berwarna sama.

3 dari 4 halaman

Aturan Bermain Sudoku

1. Gunakan Angka 1-9

Cara bermain sudoku yang umum dilakukan, biasanya menggunakan angka 1 sampai 9. Bahkan sudoku ini dimainkan pada kotak berukuran 9x9. Untuk setiap baris, kolom dan persegi (masing-masing 9 spasi) perlu diisi dengan angka 1-9, tanpa mengulang angka apapun dalam baris, kolom atau persegi tersebut. 

2. Jangan Mengulang Angka

Bermain sudoku juga memiliki aturan, di mana Anda jangan sesekali mengulang angka yang sudah ditulis dalam 1 kotak 3x3. Dengan melihat nomor mana yang hilang dari setiap kotak , baris, atau kolom, maka gunakan proses eliminasi dan penalaran deduktif untuk memutuskan angka mana yang perlu dimasukkan di setiap ruang kosong.

3. Jangan Menebak

Sudoku juga memiliki aturan di mana pemain dilarang untuk asal menebak. Hal ini karena sudoku adalah permainan logika dan penalaran, dengan proses memindai area lain dari kisi sampai Anda melihat kesempatan untuk menempatkan nomor. 

4. Gunakan Proses Eliminasi

Sudoku memungkinkan Anda untuk menggunakan proses eliminasi. Terdapat salah satu cara untuk mengetahui nomor mana yang dapat masuk ke setiap ruang adalah dengan menggunakan "proses eliminasi" dengan memeriksa untuk melihat nomor lain mana yang sudah termasuk dalam setiap kotak, karena tidak ada duplikasi angka 1-9 dalam setiap kotak yang tersedia. 

4 dari 4 halaman

Cara Bermain Sudoku

1. Cari nomor mana yang hilang

Cara bermain sudoku bisa Anda lakukan dengan mencari nomor mana yang hilang, sehingga Anda bisa menempatkan nomor di tempat yang belum ada. Jika sebuah angka sudah ada dalam satu baris atau persegi, maka angka tersebut tidak dapat ditempatkan lagi, sehingga Anda perlu melakukan proses penalaran. Contoh jika baris atas teka-teki Sudoku sudah memiliki angka 1, 7, 8, 5, 9 dan 2, ini berarti baris tersebut masih membutuhkan angka 3, 4, dan 6.

2. Terus bergerak

Sudoku membuat Anda terus bergerak, dengan membutuhkan "mata penjelajah". Tak perlu berkonsentrasi terlalu keras pada satu bagian kisi teka-teki, namun bergeraklah ke tempat yang berbeda di kolom di mana Anda belum menempatkan angka apa pun, dan lihat kemungkinan baru mana yang menjadi jelas.

3. Carilah yang mudah lebih dulu

Bermain sudoku bisa Anda lakukan dengan mencari kesempatan termudah untuk menambahkan angka. Seringkali eka-teki Sudoku berperingkat mudah, ketika Anda menggunakan proses eliminasi untuk mencari tahu di mana menempatkan angka.

4. Lakukan evaluasi 

Cara bermain sudoku juga harus dilakukan evaluasi setiap Anda menempatkan angka, agar misi bisa diselesaikan. Permainan sudoku memerlukan daya ingat yang kuat untuk bisa mengingat semua angka yang sudah ditempatkan, dan kotak-kotak mana yang berubah untuk membantu proses eliminasi angka-angkanya dengan mudah dan cepat. Karena setiap langkah dalam memecahkan teka-teki membawa Anda lebih dekat ke kesimpulan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS