Sukses

6 Cara Membuat Masker Putih Telur untuk Kecantikan, Ketahui Risiko Penggunaannya

Meskipun masker putih telur menjadi salah satu DIY masker yang banyak dipercaya oleh orang-orang untuk kesehatan kulit wajah, nyatanya terdapat bebeberapa risiko dalam penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah yang halus dan kencang merupakan salah satu impian banyak orang. Hampir tidak ada orang yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang halus dan kencang. Salah satu cara yang mungkin bisa Anda coba untuk mendapatkan kulit wajah tersebut adalah dengan mengetahui cara membuat masker putih telur.

Selain memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi, banyak orang yang percaya bahwa putih telur dapat menjadi bahan masker wajah yang baik. Meskipun masih sedikit bahkan belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung manfaat nyata telur putih untuk kulit, mereka masih mengaplikasikan cara membuat masker putih telur dengan harapan kulit menjadi kencang dan nampak lebih cerah.

Membuat masker wajah dari putih telur merupakan salah satu DIY yang akan menghemat biaya Anda. Akan tetapi, perlu dipahami juga mengapa masker wajah dari putih telur bukan menjadi salah satu rekomendasi teratas yang bisa Anda coba. Walaupun demikian, jika Anda masih ingin mencoba masker telur putih, dilansir dari Healthline, Anda bisa membantu meminimalkan reaksi kulit dengan memilih telur yang paling aman.

Itu berarti menggunakan telur organik yang dipasterurisasi atau telur karton putih lebih baik daripada telur ayam dari halaman belakang rumah Anda. Berikut liputan6.com rangkum beberapa cara membuat masker putih telur dan risiko penggunaannya dari berbagai sumber, Kamis (3/11/22) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Risiko Penggunaan Putih Telur untuk Masker Wajah

Dilansir dari Healthline, berikut risiko menggunakan masker wajah putih telur :

1. Reaksi Alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap putih telur, tentu Anda tidak hanya tidak boleh memakannya, tetapi juga tidak disarankan untuk mengoleskannya secara topikal. Hal ini mungkin bisa membuat Anda gatal parah, ruam, kesulitan bernapas dsb. Alergi telur ayam juga merupakan alergi makanan kedua yang paling umum diderita anak-anak. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir untuk menggunakan masker wajah putih telur pada bayi atau anak-anak.

2. Gejala Intoleransi Telur

Berbeda dengan alergi telur, intoleransi telur bisa mengakibatkan peradangan dan pencernaan yang tidak nyaman ketika memakannnya. Jika Anda menggunakan masker telur putih pada wajah, hal ini tidak menutup kemungkinan ada telur yang masuk ke dalam mulut meskipun dalam jumlah yang sedikit.

3. Infeksi Salmonella

Pasti Anda sudah tidak asing dengan banyaknya peringatan makanan mentah bisa menyebabkan infeksi salmonella. Meskipun jarang terjadi, infeksi ini diakibatkan oleh bakteri salmonellosis yang kadang terdapat pada telur, daging mentah serta produk air yang terkontaminasi. Jika Anda sampai terinfeksi, Anda dapat menderita masalah pencernaan hingga 10 hari, seperti diare, mual dan kram.

4. Iritasi Kulit

Tidak hanya putih telur yang bisa menyebabkan iritasi kulit, tetapi hampir semua zat. Jika Anda merasakan gatal ringan, kemerahan atau benjolan setelah menggunakan masker putih telur, maka hentikan penggunaan sesegera mungkin.

5. Infeksi Lainnya

Terutama jika Anda memiliki luka, goresan atau luka yang masih baru, mengoleskan putih telur bukanlah ide yang tepat. Ini mungkin akan menyebabkan infeksi sekunder.

6. Kontaminasi Permukaan

Menggunakan masker putih telut bisa mencemari permukaan, termasuk wastafel, meja dan tempat-tempat yang lain. Ini karena masker yang Anda gunakan dapat menetes ke area rumah.

7. Menempatkan Orang Lain dalam Risiko

Jika Anda memiliki orang yang alergi putih telur di rumah, ini bisa membahayakan mereka. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan dan tetap berada pada satu area ketika menggunakan masker putih telur tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Putih Telur

Berikut berbagai cara membuat masker putih telur dengan bahan tambahan lainnya :

1. Masker Putih Telur dengan Alpukat

Alpukat mengandung vitamin A yang dapat mencegah jerawat dan menghilangkan bekasnya. Selain itu, terdapat pula vitamin B6 dan vitamin C yang mampu membantu memperbaiki sel kulit mati dan merangsang aktivitas sel kulit.

Cara membuat masker putih telur dengan alpukat juga cukup mudah. Anda memerlukan satu buah alpukat, satu buah lemon dan putih telur. Haluskan alpukat, lalu tambahkan putih telur dan perasa lemon. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum wajah dibersihkan.

2. Masker Putih Telur dengan Tomat

Tomat memiliki kandungan lycopene yang bekerja sebagai antioksidan bagi tubuh. Ini juga mampu membantu mencerahkan kulit. Cara membuat masker putih telur dengan tomat dapat Anda lakukan dengan mencampurkan tomat yang telah dihaluskan dengan putih telur. Oleskan campuran tersebut pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan beberapa saat. Anda dapat menggunakan masker ini saat sebelum tidur.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Putih Telur

3. Masker Putih Telur dengan Madu dan Lemon

Madu telah umum dikenal masyarakat menjadi salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat. Anda dapat membuat sebuah masker untuk wajah dari campuran madu alami dan putih telur. Cara membuat masker putih telur madu dilakukan dengan menyiapkan satu putih telur, satu sendok teh jus lemon dan satu sendok teh madu mentah atau alami.

Campuran masker ini dipercaya dapat mengencangkan kulit. Anda dapat mencampur semua bahan tersebut, lalu mengoleskannya ke wajah dan membiarkannya selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu Anda dapat membilasnya dengan air hangat dan mengeringkannya.

4. Masker Putih Telur dengan Anggur

Campuran antara putih telur dan anggur segar diklaim oleh orang-orang dapat menghidrasi kulit bagi mereka yang memiliki kulit sangat kering. Cara membuat masker putih telur dengan anggur dapat dilakukan dengan meletakkan satu putih telur dan enam hingga tujuh anggur di dalam blender. Setelah itu, hancurkan hingga menjadi halus.

Sebelum mengaplikasikannya pada wajah, Anda perlu mencuci muka dengan air hangat terlebih dahulu. Aplikasikan masker pada wajah menggunakan sikat wajah atau kapas dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Anggur yang disarankan adalah jenis anggur yang memiliki biji di dalamnya. Lalu gunakan pelembab setelahnya.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Putih Telur dan Tips Penggunaannya

5. Masker Putih Telur dengan Lidah Buaya dan Teh Chamomile

Anda membutuhkan satu putih telur, satu sendok teh gel lidah buaya dan satu sendok teh teh chamomile untuk membuat masker bagi kulit sensitif. Anda dapat mencampurkan semua bahan ke dalam mangkuk lalu mengaduknya hingga rata. Setelah itu, oleskan pada kulit dan bairkan selema 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lidah buaya dan teh chamomile ini dilansir dari hello glow akan meredakan peradangan. Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk menggunakan ini pada kulit yang terbakar sinar matahari.

2. Masker Putih Telur dengan Lemon

Masker ini seharusnya cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak karena dilansir dari Medical News Today, terdapat lemon yang memiliki sifat antibakteri. Cara membuat masker putih telur dengan lemon membutuhkan satu buah putih telur dan setengah jus lemon.

Anda bisa mengocok dua bahan tersebut hingga berbusa. Setelah itu, cuci muka dengan air hangat terlebih dahulu sebelum diolesi oleh masker tersebut. Oleskan ipis pada wajah dan bairkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Nah demikian cara membuat masker putih telur dengan berbagai bahan tambahannya. Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika Anda akan mengaplikasikan masker putih telur tersebut.

Pertama, masker wajah putih telur hanya disarankan dioleskan pada kulit yang baru dibersihkan. Kedua, pastikan Anda telah mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah memegang putih telur.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.