Sukses

14 Wisata Pantai di Malang yang Sayang Dilewatkan, Keindahannya Manjakan Mata

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata pantai di Malang sayang untuk dilewatkan apabila sedang berlibur di Kota Apel. Kota Malang menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur dengan potensi wisata alam yang terbilang lengkap. 

Tak heran banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke kota Apel untuk menikmati keindahan alamnya, terutama wisata pantainya. Wisata pantai di Malang menawarkan pesona yang dapat memanjakan mata.

Wisata pantai di Malang berada di selatan. Dataran rendah di pesisir selatan ini cukup sempit dan sebagain besar pantainya berbukit. Malang bagian selatan dekat dengan Samudra Hindia, menjadikan wilayahnya banyak ditemui pantai dengan pasir putih.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata pantai di Malang yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Pantai di Malang yang Sayang Dilewatkan

1. Pantai Batu Bengkung

Wisata pantai di Malang yang pertama adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini populer di kalangan pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini terletak 57 kilometer dari kota Malang ke arah selatan, yaitu ke desa Gajahrejo kecamatan Gedangan. Walaupun perjalanannya cukup memakan waktu alias jauh, namun setibanya di sana akan terbayarkan dengan keindahan pantai pasir putihnya yang  bersih, karang-karang yang menawan, dan pemandangan yang bikin berdecak kagum.

2. Pantai Tiga Warna

Tempat wisata pantai di Malang selanjutnya adalah Pantai Tiga Warna. Pantai ini memiliki keunikan dari pantai lainnya yang ada di Malang. Keunikan pertama Pantai Tiga Warna, yaitu memiliki tiga warna berbeda. Penyebab pantai ini memiliki perbedaan warna karena pembiasan cahaya matahari. Ketiga warna pantai ini, yaitu merah, hijau, dan biru.

Keunikan kedua Pantai Tiga Warna terdapat pada manajemen pengelolaannya. Pantai ini memiliki penjagaan yang sangat maksimal. Misalnya saja terdapat kuota maksimal pengunjung yang datang setiap harinya. Pembatasan jumlah pengunjung ini berguna untuk menjaga kelestarian serta kealamian dari pantai ini. Durasi berkunjung ke pantai ini juga dibatasi, yaitu hanya diberi waktu selama 2 jam.

3. Pantai Banyu Anjlok

Wisata pantai di Malang yang berikutnya adalah Pantai Banyu Anjlok. Pantai ini merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri. Untuk sampai ke pantai ini cukup membutuhkan perjuangan, yakni perjalanan off road selama kurang lebih 30 menit melewati perkebunan kopi.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Pantai di Malang yang Sayang Dilewatkan

4. Pantai Licin

Pantai Licin merupakan salah satu pantai pesisir selatan pulau Jawa. Pantai ini terletak di tepi Samudera Indonesia dan masuk ke dalam wilayah Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Ampelgading yang merupakan lokasi paling ujung selatan Malang. Rute menuju ke pantai ini cukup menantang, hal ini dikarenakan akses jalannya yang berliku-liku. Oleh karena itu, perlu sangat berhati-hati ketika dalam perjalanan menuju Pantai Licin ini.

Kamu akan menikmati keindahan alam pantai selatan dengan pasir hitamnya. Pasir hitam pada Pantai Licin ini berasal dari letusan Gunung Semeru. Karena pantai ini menghadap ke arah Samudera Hindia, membuat pantai Licin memiliki garis pantai yang tidak lurus memanjang, melainkan lengkung teluk.

5. Pantai Sipelot

Tempat wisata pantai di Malang selanjutnya adalah Pantai Sipelot. Pantai ini persis berada pada sebuah teluk. Lokasinya terletak di Kecamatan Tirtoyudao Malang Selatan. Berkunjung ke sini, anda akan ditawarkan pemandangan yang mengesankan karena pemandangan dari atasnya terlihat air yang sangat jernih.

6. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter menjadi salah satu habitat penyu abu-abu. Wisata pantai di Malang ini sangat cocok dijadikan spot berlibur sambil belajar mengenai pernyu. Jika anda berkesempatan, maka bisa menemukan penyu abu-abu di sana. Di pantai ini terdapat bebatuan karang yang indah. Inilah yang membuat pantai ini dinamai Pantai Watu Leter.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Pantai di Malang yang Sayang Dilewatkan

7. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Malang Selatan. Pantai Sendang Biru terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Apabila ditempuh dari kota Malang, perlu menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Di pantai ini juga ada danau kecil yang terdapat di pulau Sempu. Danau ini bernama Segoro Anakan yang merupakan salah satu tempat wisata favorit para pelancong.

8. Pantai Goa Cina

Wisata pantai di Malang yang lainnya adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini dekat sekali dengan Pantai Sendang Biru. Keunggulan pantai ini yakni terletak pada adanya goad-an pulau-pulau kecil yang sangat eksotis.

9. Pantai Bajul Mati

Tempat wisata pantai di Malang selanjutnya adalah Pantai Bajul Mati. Pantai ini terletak di Kecamatan Gedangan. Menuju ke pantai ini butuh menempuh jarak sekitar 58 kilometer dari pusat kota Malang. Untuk menuju ke pantai ini masih menggunakan jalur yang sama dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Pantai di Malang yang Sayang Dilewatkan

10. Pantai Jonggring Saloka

Pantai Jonggring Saloka cukup terkenal dengan fenomena watu ngebros, yaitu fenomena semburan air yang muncul dari sela bebatuan karang. Semburan tersebut adalah hasil pertemuan ombak selatan dan utara yang menghasilkan suara gemuruh yang amat keras.

11. Pantai Balekambang

Wisata pantai di Malang Selanjutnya adalah Pantai Balekambang. Anda bisa dengan mudah menuju ke pantai ini karena penunjuk arahnya yang sangat jelas. Walaupun perlu menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Malang, anda tidak akan kesulitan dengan perjalanannya.

Pantai ini memiliki keunikan berupa adanya pura di subah pulau yang bernama pulau Ismoyo. Terdapat sebuah jembatan yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat langsung Pura Luhur Amertha Jati.

12. Pantai Tamban

Pantai Tamban juga bisa anda jadikan alternatif untuk liburan jika ingin menikmati pantai selatan di Malang. Pantai ini letaknya tidak jauh dari Sendang Biru. Berkunjung ke sini, anda akan disuguhkan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk bersantai bersama keluarga.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Pantai di Malang yang Sayang Dilewatkan

13. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep terkenal dengan tebing-tebing karang yang mengelilingi pantai ini. Selain itu, pantai ini juga punya pasir putih yang sangat eksotis. Apabila tertarik mengunjungi pantai ini, anda perlu menempuh jarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Malang. Tepatnya terletak di Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo.

 

14. Pantai Mbehi

Wisata pantai di Malang selanjutnya yaitu Pantai Mbehi. Berlokasi di Desa Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur, pantai Malang ini berada di balik hutan lindung. Jadi bisa dibayangkan pemandangan asri yang ada di pantai ini.

Untuk menuju ke pantai ini memang dibutuhkan perjalanan yang cukup jauh. Namun, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan memukau yang disuguhkan oleh Pantai Mbehi. Pantai ini memiliki air berwarna biru kehijauan. Terdapat pula lubang mirip kawah yang tembus langsung ke permukaan laut. Jadi, saat ombak besar datang, air akan menyembur dari lubang kawah dengan suara yang keras.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS