Sukses

17 Cara Merawat Wajah Berminyak, Ketahui yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Merawat wajah berminyak dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk memilih produk pembersih wajah dengan tepat dan menggunakan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah yang berminyak seringkali dianggap menjadi masalah bagi sebagian orang. Kulit berminyak biasanya disebabkan oleh beberapa hal, termasuk keturunan, perubahan hormon, diet, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, mencuci wajah berlebihan, pemilihan kosmetik yang tidak tepat dan lain sebagainya.

Mereka menganggap wajah yang berminyak akan menganggu penampilan. Akan tetapi, sebenarnya banyak cara merawat wajah berminyak ini agar tidak menganggu. Wajah yang terlalu kering pun bukankah tanda kulit yang sehat.

American Academy of Dermatology Association (AAD) menyebutkan bahwa meskipun kulit berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peningkatan jerawat, kulit berminyak ini juga memiliki beberapa manfaat. Minyak membantu menjaga kulit dan orang yang memiliki kulit berminyak cenderung lebih sedikit kerutan dan memiliki kulit yang lebih tebal. Lebih lanjut AAD menyebutkan bahwa kunci cara  merawat wajah berminyak adalah dengan menjaga keseimbangannya agar tidak berlebihan.

Cara merawat wajah berminyak dimulai dari membersihkan, memilih produk yang digunakan hingga membuat masker wajah dari bahan alami. Berikut liputan6.com rangkum tentang cara merawat wajah berminyak dari American Academy of Dermatology Association (AAD)  dan berbagai sumber, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Wajah Berminyak

1. Mencuci Wajah dengan Rutin

Cara merawat wajah berminyak Anda yang pertama adalah dengan rajin mencuci muka. AAD menyarankan untuk mencuci muka setiap pagi, sore dan setelah melakukan olahraga.Ketika mencuci wajah disarankan untuk tidak menggosok kulit, apalagi dengan keras. Hal ini karena menggosok kulit dapat menyebabkan kulit iritasi dan memperburuk keadaan.

2. Pilih Produk yang “Oil Free” dan “Nonkomedogenik

Cara merawat wajah berminyak yang kedua adalah memilih produk pembersih, pelembab dan riasan wajah yang memiliki label “oil free” dan “nonkomedogenik”. Ini karena pemilihan produk dengan label label tersebut akan mencegah pori-pori tersumbat penyebab jerawat.

3. Gunakan Face Wash yang Lembut dan Berbusa

Anda perlu menggunakan pencuci wajah yang lembut daripada yang kuat karena menggunakan pencuci wajah yang terlalu keras mungkin akan mengiritasi kulit dan meningkatkan produksi minyak. Oleh karena itu, cari dan pakailah pencuci wajah yang lembut dan berbusa.

4. Jangan Gunakan Pembersih Wajah Berbasis Minyak atau Alkohol

Setelah disarankan untuk menggunakan produk pencuci wajah yang lembut, Anda tidak disarankan menggunakan pembersih yang berbasis minyak atau alkohol. Hal ini karena dapat mengiritasi kulit Anda.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Wajah Berminyak

5. Gunakan Pelembab Secara Teratur

Meskipun Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan pelembab. Menggunakan pelembab menjadi salah satu cara merawat wajah berminyak yang tidak boleh dillewatkan. Pelembab tetap perlu digunakan untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi. Anda dapat mencari pelembab yang megandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, ringan, bebas dari minyak dan berbahan air.

6. Gunakan Produk Asam Salisilat

Dilansir dari Medical News Today, untuk pengelupasan kulit yang lembut, idealnya menggunakan eksfoliator dengan bahan asam salisilat setiap minggu. Ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, minyak berlebih dan kotoran lain. Sedangkan dilansir dari Healthline, ketika kulit Anda telah dibersihkan menggunakan pencuci wajah, maka Anda dapat menggunakan toner yang mengandung asam salisilat, asam glikolat dan asam laktat.

7. Gunakan Sunscreen di Luar Ruangan

Sunscreen atau tabir surya akan membantu mencegah kerusakan karena sinar matahari yang bisa menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan hingga kanker kulit. Anda tidak disarankan menggunakan tabir surya yang mengandung pewangi atau perfume dan minyak. Anda dapat menggunakan tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide untuk mencegah jerawat.

8. Pilih Riasan yang Bebas Minyak

Cara merawat wajah yang berminyak selanjutnya tentu dengan memilih produk make up yang sesuai. Selain pembersih wajah, Anda juga perlu memilih make up yang “oil free” dan lebih baik berbahan dasar air.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Wajah Berminyak

9. Hapus Make-Up Sebelum Tidur

Anda harus selalu menghapus riasan Anda sebelum tidur. Ini karena  riasan atau make up yang menempel pada kulit semalaman dapat menyumbat pori-pori dan mengiritasi kulit. Anda dapat menghapus riasan dengan bahan pembersih yang lembut dan pH seimbang. Tepuk dengan lembut menggunakan kapas atau kain bersih dan tidak menggosoknya.

10. Gunakan Kertas Blotting Sepanjang Hari

AAD merekomendasikan cara merawat wajah berminyak selanjutnya dengan menggunakan kertas blotting untuk menyerap minyak berlebih dari permukaan kulit. Anda dapat menekan dengan lembut kertas tersebut ke wajah dan membiarkannya beberapa detik. Lebih baik untuk tidak menggosok kertas di wajah karena mungkin akan menyebarkan minyak ke area lainnya.

11. Jangan Sentuh Wajah Terlalu Sering

Hal sederhana yang tidak boleh dilakukan dan sering tidak disadari adalah menyentuh wajah terlalu sering. Menyentuh wajah terlalu sering akan menyebarkan kotoran, minyak dan bakteri dari tangan ke wajah. Oleh karena itu, lebih baik sentuh wajah ketika akan membersihkannya, menggunakan pelembab, tabir surya, riasan dan pastikan tangan Anda telah dibersihkan sebelumnya.

12. Konsumsi Makanan Rendah Glikemik

AAD menyebut bahwa makanan dan minuman yang memiliki glikemik tinggi dapat memicu peradangan dan produksi sebum karena meningaktkan gula darah dengan cepat. Oleh karena itu, Anda yang memiliki kulit berminyak dapat mengikuti diet rendah glikemik yang dapat mengurangi jumlah jerawat. Makanan-makanan rendah glikemik, termasuk sayuran segar, buah-buahan segar, kacang-kacangan, gandum utuh dan sereal.

13. Mengurangi Stres

Dilansir dari Medical News Today, stres dapat melepaskan hormon, seperti kortisol yang akan membantu dalam produksi sebum. Oleh karena itu, mengurangi stres dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Anda dapat mencoba beberapa aktivitas untuk melepaskan stres, seperti yoga, meditasi, menghindari alkohol, tidur nyenyak, olahraga dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Wajah Berminyak dengan Bahan Alami

 14. Madu

Madu menjadi bagian dari cara merawat wajah berminyak karena merupakan salah satu obat kulit yang banyak digunakan oleh orang-orang. Madu memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik yang bermanfaat bagi kulit berminyak dan berjerawat. Untuk menggunakan madu pada kulit berminyak dan berjerawat, Anda hanya perlu mengoleskan secara tipis ke wajah Anda. Biarkan seama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

15. Oatmeal

Cara merawat wajah berminyak secara alami juga dapat dilakukan dengan menggunakan oatmeal. Dilansir dari Healthline, oatmeal akan membantu menenangkan kulit yang meradang, membantu mengelupas kulit mati dan menyerap minyak yang berlebih. Anda dapat memadukan oatmeal dengan yogurt, madu, pisang, apel atau pepaya untuk masker Anda.

Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan setengah cangkir oatmeal dengan air panas. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan madu, lalu oleskan pasta tersebut ke wajah selama tiga menit sebelum dibilas dengan air hangat. Anda juga bisa membiarkannya selama 10 hingga 15 menit.

16. Lidah Buaya

Anda juga dapat menggunakan lidah buaya dalam rangkaian merawat wajah berminyak secara alami. Lidah buaya disebut dapat membantu mengobati kulit bersisik karena bercak berminyak. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan lidah buaya untuk kulit berminyak.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan dengan tipis lidah buaya ke wajah sebelum tidur dan membiarkannya hingga esok pagi. Untuk mengetahui terdapat efek alergi atau tidak, jika Anda belum pernah menggunakannya maka dapat mencobanya dalam jumlah kecil di lengan terlebih dahulu.

17. Tomat

Tomat merupakan salah satu tanaman yang mengandung asam salisilat. Oleh karena itu, tomat merupakan cara merawat wajah berminyak yang baik. Asam dalam tomat akan membantu menyerap minyak yang berlebih serta membuka pori-pori yang tersumbat.

Untuk membuat maskter tomat, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh gula dengan satu tomat yang telah dihancurkan. Setelah itu, oleskan pada wajah dengan gerakan memutar. Biarkan selama lima menit sebelum dibilas dengan air hangat. Selain dijadikan masker, Anda juga dapat langsung menempelkan potongan tomat pada kulit Anda.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.