Sukses

11 Cara Merawat Rambut Rontok yang Mudah Dilakukan dan Aman

Liputan6.com, Jakarta - Cara merawat rambut rontok penting diketahui. Ini karena rambut manusia rentan mengalami kerontokan jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Rata-rata dalam 1 hari, rambut akan rontok sebanyak 50-100 helai dan ini normal terjadi.

Jika jumlahnya lebih dari itu dan terjadi terus-menerus, jangan dianggap remeh karena ini tanda rambut tidak sehat. Ada sebelas cara merawat rambut rontok yang direkomendasikan oleh para ahli kecantikan. Perawatan rambut rontok ini dimulai dengan memperhatikan cara mencuci rambut hingga proses penataan rambut.

Kemudian, cara merawat rambut rontok juga direkomendasikan dengan mengoleskan minyak esensial dan masker rambut yang dibuat sendiri di rumah. Terakhir, tidak hanya merawat rambut dari luar tetapi dari dalam dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan seimbang.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sebelas cara merawat rambut rontok yang mudah dilakukan, Rabu (19/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rontok

1. Mencuci Rambut Secara Teratur

Cara merawat rambut rontoh yang mudah dilakukan dimulai dengan mau mencucinya secara teratur. Health Line menjelaskan, mencuci rambut setiap hari dapat melindungi rambut dari kerontokan dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih.

Sangat direkomendasikan menggunakan shampo yang ringan, ini aman untuk diterapkan pada rambut setiap hari. Formula yang lebih keras pada shampo dapat membuat rambut lebih rentan kering, patah, dan menyebabkan kerontokan parah.

2. Merawat dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa menurut tinjauan studi tahun 2018 sebagaimana diungkap Health Line, dipercaya oleh para peneliti dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV).

Ini cara merawat rambut rontok yang aman dilakukan. Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa sebagai cara merawat rambut rontok, ampuh mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar, dan helai.

Cobalah cara merawat rambut rontok dengan memijat minyak kelapa ke kulit kepala secara rutin. Ini akan meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali.

3. Merawat dengan Minyak Zaitun

Cara merawat rambut rontoh dengan minyak zaitun sama ampuhnya dengan merawat rambut dengan minyak kelapa. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengkondisikan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan terkait.

Health Line menjelaskan minyak zaitun ini termasuk dalam bahan utama dalam diet Mediterania, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut genetik.

Cobalah cara merawat rambut dengan mengoleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit sebelum dicuci, lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

4. Menata Rambut dengan Sederhana

Masalah rambut rontok erat kaitannya dengan cara menata rambut yang salah. Health Line merekomendasikan cara merawat rambut rontok dengan mulai berhenti mengepang rambut dengan ketat atau menguncir kuda.

Ini karena melakukan penataan rambut itu dapat menarik rambut hingga ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan berlebihan.

Selain itu, cara merawat rambut rontok juga direkomendasikan untuk menghindari penataan rambut panas. Terutama dengan alat pengeriting atau pelurus rambut. Keduanya sangat berisiko merusak atau mematahkan batang rambut.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rontok Selanjutnya

5. Merawat dengan Minyak Atsiri

Cara merawat rambut rontok direkomendasikan menggunakan minyak esensial atsiri. Dalam sebuah penelitian pada tahun 1998 oleh I C Hay, dkk dan dipublikasikan Department of Dermatology, cara ini sangat direkomendasikan.

Minyak atsiri dalam penelitian ini dicampur dengan lavender dan rosemary. Cara merawat rambut rontok dengan minyak atsiri ini diterapkan dengan mengoleskannya ke kulit kepala secara rutin. Dalam penelitian itu, rambut rontoh benar-benar membaik dalam kurun waktu 7 bulan.

6. Merawat dengan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama dipercaya mampu merawat kesehatan rambut, ini termasuk cocok dijadikan cara merawat rambut rontok. Dalam buku berjudul Beauty Clopedia: 110 Rahasia Cantik Alami (2019) oleh Go Dok, vitamin dan mineral lidah buaya berkhasiat memulihkan kerontokan rambut.

Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya yang direkomendasikan adalah mengoleskannya ke kulit kepala secara rutin. Minimal lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Segera coba dan rasakan manfaatnya!

7. Merawat dengan Jus Bawang

Cara merawat rambut rontoh yang mudah dipraktikkan di rumah bisa dengan mengoleskan jus bawang. The Journal of Dermatology merekomendasikan cara merawat rambut rontok dengan kombinasi jus bawang merah dan jus bawang putih.

Perawatan ini dilakukan dengan mengaplikasikan jus bawang ke kulit kepala secara rutin. Direkomendasikan melakukan perawatan dengan jus bawang setidaknya 2 kali dalam seminggu. Hati-hati untuk kulit kepala yang memiliki luka, berisiko menyebabkan iritasi.

4 dari 4 halaman

Nutrisi untuk Merawat Rambut Rontok

Cara merawat rambut rontok tidak cukup dengan melakukan perawatan dari luar. Hasil dari cara merawat rambut rontok akan lebih maksimal jika nutrisi untuk merawat rambut rontoh dipenuhi juga.

Tubuh yang mendapat asupan nutrisi cukup dan seimbang akan bisa memaksimalkan rangsangan untuk menguatkan akar rambut dari dalam. Sebenarnya ini termasuk cara merawat rambut rontok secara alami yang mudah dilakukan juga.

Apa saja nutrisi untuk merawat rambut rontok yang dimaksudkan itu?

1. Multivitamin

Para ilmuwan sebagaimana diungkap Health Line, telah menentukan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, dan D, besi, selenium, dan seng berperan sangat penting dalam proses pertumbuhan dan retensi rambut, khususnya dengan pergantian sel.

2. Biotin

Apalagi nutrisi penting untuk cara merawat rambut rontok yang diperlukan? Health Line pun merekomendasikan biotin — vitamin H atau B7. Nutrisi ini terlibat dalam sintesis asam lemak dalam tubuh. Peranannya sangat penting untuk siklus hidup rambut manusia.

3. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu suplemen yang direkomendasikan Health Line untuk merawat rambut rontok. Ini karena ginseng dipercaya mengandung fitokimia tertentu yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala. Meski demikian, studi lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan dosis konsumsinya.

4. Protein

Protein menjadi nutrisi untuk merawat rambut rontok yang tidak boleh dianggap remeh. Medical News Today merekomendasikan protein sebagai cara merawat rambut rontok karena mereka yang mengalami kerontokan rambut cenderung kekurangan asupan protein dan asam amino.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS