Sukses

Apa yang Dimaksud Pola Irama? Kenali Juga Elemen Irama dalam Musik

apa yang dimaksud pola irama? berikut ini pengertian pola irama, jenis dan elemen irama dalam musik.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud pola irama mungkin menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan saat seseorang mulai mempelajari musik. Pola irama sendiri merupakan bagian dari unsur pembentuk musik yang merupakan sekelompok bunyi dengan susunan birama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang dan teratur dalam sebuah musik.

Dalam buku Konsep Dasar Seni Musik karya Andika Ahmad (2021), menerangkan bahwa apa yang dimaksud pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama di dalam lagu. Bunyi ini muncul secara berulang dan teratur.

Dengan mengetahui apa yang dimaksud pola irama, pemain musik dan penyanyi dapat mengikuti pola irama yang telah ditentukan dengan baik, dan dapat membawakan lagu yang diinginkan dengan sempurna. Hal ini karena tanpa pola irama, musik akan menjadi kacau dan tidak enak didengar.

Untuk menjawab pertanyaan apa yang dimaksud pola irama, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022). Tentang pengertian pola irama, jenis dan elemen irama dalam musik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Yang Dimaksud Pola Irama?

Pola Irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama di dalam lagu. Bunyi ini muncul secara berulang dan teratur. Penggunaan pola irama penting untuk membuat musik dapat didengar dengan baik dan teratur.

Untuk membaca, mengidentifikasi dan menyalin ritme, anda harus terbiasa dengan notasi irama dan pola irama. Ini terutama melibatkan indikasi kapan sebuah nada terjadi dan berapa lama itu berlangsung dan mengenali kapan anda mendengar ritme yang sama.

Irama terjadi dalam kerangka meteran, yang merupakan pola berulang dari ketukan kuat dan lemah. Berikut adalah beberapa contoh umum dari meteran:

- Meteran dua ketukan: Kuat lemah

- Meteran tiga ketukan: KUAT - lemah - lemah

- Meteran empat ketukan: KUAT - lemah - lemah - lemah

Meteran lagu ditunjukkan oleh tanda waktunya. Tanda tangan waktu terdiri dari dua angka, ditumpuk satu di atas yang lain. Angka atas mewakili jumlah ketukan per takaran, sedangkan angka bawah mewakili nilai not untuk setiap ketukan. Irama dinotasikan menggunakan not dan sunyi. Berikut adalah notasi dasar untuk setiap not, bersama dengan sunyi.

Irama dalam musik terdiri dari frasa pendek yang digabungkan untuk membuat frasa yang lebih panjang, seperti bahasa lisan. Banyak dari frasa ini terdiri dari pola dua ketukan yang umum. Setelah anda terbiasa dengan pola pendek ini, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi dan mengikuti ritme frasa yang lebih panjang.

3 dari 4 halaman

Jenis - Jenis Pola Irama

Pola irama dibagi menjadi beberapa jenis yang dikelompokan berdasarkan pembagian polanya. Secara umum, jenis pola irama dibagi menjadi tujuh kelompok, berikut penjelasannya:

1. Pola Irama Rata

Pola irama rata merupakan pola yang memiliki pembagian pola yang rata pada bagian atas maupun pada bagian pulsa. Pola ini biasanya ditemui pada lagu-lagu anak.

2. Pola Irama Tidak Rata

Pola irama tidak rata merupakan pembagian nada berulang yang tidak sama antara pola dengan pulsa. Jenis pola ini berkebalikan dengan pola rata.

3. Pola Suku Bangsa

Pola suku bangsa merupakan irama musik yang menjadi ciri dari suatu daerah, suku, atau bangsa. Misalnya irama dari India, Arab, Latin, Melayu, dan sebagainya.

4. Pola Syncope

Pola Syncope terbentuk ketika pulsa yang seharusnya tidak mendapat tekanan berpindah dari aksen kuat dari pulsa yang seharusnya mendapat tekanan. Pola ini sering ditemui pada musik-musik orkestra.

5. Pola Ostinato

Pola ostinato adalah pola nada yang dinyanyikan secara berulang. Namun, ketika memiliki lebih dari satu variasi nada disebut dengan ostinanti. Pola ini banyak diterapkan dalam musik-musik klasik.

6. Poliritmia

Poliritmik merupakan penggunaan beberapa jenis pola secara bersamaan sehingga menciptakan kekhasan nada yang memiliki tekanan kuat dan rendah yang serentak.

7. Polimerik

Polimerik merupakan irama yang tercipta dari beberapa instrumen yang dimainkan secara bersamaan dengan pola yang berbeda. Sehingga, membuat lagu atau musik akan terdengar lebih kompleks.

4 dari 4 halaman

Elemen Irama dalam Musik

Selain memahami tentang pengertian irama dan pola irama, untuk dapat menyajikan lagu yang teratur dan dapat didengar, terdapat elemen-elemen irama dalam musik yang juga perlu untuk dipahami, berikut penjelasannya:

1. Tanda Waktu

Tanda waktu musik menunjukkan jumlah ketukan per takaran. Ini juga menunjukkan berapa lama ketukan ini bertahan. Dalam tanda waktu dengan 4 di bagian bawah (seperti 2/4, 3/4, 4/4, 5/4), satu ketukan sesuai dengan not seperempat.

Jadi dalam waktu 4/4, setiap ketukan adalah panjang not seperempat, dan setiap empat ketukan membentuk ukuran penuh. Dalam waktu 5/4, setiap lima ketukan membentuk ukuran penuh. Dalam tanda waktu dengan angka 8 di bagian bawah (seperti 3/8, 6/8, atau 9/8), satu ketukan sesuai dengan nada kedelapan.

 

2. Meter

Teori musik Barat standar membagi tanda waktu menjadi tiga jenis meteran musik, yaitu meter duple dimana ketukan muncul dalam kelompok dua, meter tiga di mana ketukan muncul dalam kelompok tiga dan meter empat kali lipat di mana ketukan muncul di kelompok empat. Meter tidak terikat dengan nilai not, sebagai contoh tiga meter dapat melibatkan tiga nada setengah, tiga nada seperempat, tiga nada kedelapan, tiga nada keenam belas, atau tiga nada dengan durasi berapa pun.

 

3. Tempo

Tempo adalah kecepatan di mana sebuah musik dimainkan. Ada tiga cara utama tempo dikomunikasikan kepada pemain, yaitu ketukan per menit, terminologi Italia, dan bahasa modern. Ketukan per menit menunjukkan jumlah ketukan dalam satu menit.

Kata-kata Italia tertentu seperti largo, andante, allegro dan presto menyampaikan perubahan tempo dengan menggambarkan kecepatan musik. Banyak komposer juga menunjukkan tempo dengan kata-kata bahasa biasa seperti "cepat", "lambat", "malas", "santai", dan "sedang".

 

4. Ketukan kuat dan ketukan lemah

Irama menggabungkan ketukan kuat dan ketukan lemah. Ketukan kuat mencakup ketukan pertama dari setiap takaran (ketukan), serta ketukan beraksen berat lainnya. Musik populer dan musik klasik menggabungkan ketukan kuat dan ketukan lemah untuk menciptakan pola berirama yang mudah diingat.

 

5. Sinkopasi

Irama sinkopasi adalah ritme yang tidak selaras dengan ketukan langkah individu. Ketukan sinkopasi akan menekankan pada ketukan lemah tradisional, seperti nada kedelapan kedua dalam ukuran 4/4. Ritme kompleks cenderung mencakup sinkopasi. Meskipun ritme ini mungkin lebih sulit untuk dipahami oleh musisi pemula, ritme ini cenderung terdengar lebih mencolok daripada pola ritme non-syncopated.

 

6. Aksen

Aksen mengacu pada penekanan khusus pada ketukan tertentu. Untuk memahami aksen, pikirkan sepotong puisi. Sebuah meteran puitis, seperti pentameter iambic, dapat mendikte campuran tertentu dari suku kata tertekan dan suku kata tanpa tekanan. Aksen musik tidak berbeda. Ritme yang berbeda mungkin memiliki tanda waktu dan tempo yang sama, tetapi mereka menonjol satu sama lain dengan menonjolkan nada dan ketukan yang berbeda.

 

7. Polyrhythm

Untuk mencapai rasa ritme yang sangat ambisius, sebuah ensemble dapat menggunakan polyrhythm, yang melapisi satu jenis ritme di atas yang lain. Misalnya, ansambel perkusi salsa dapat menampilkan congas dan bongo yang dimainkan 4/4 kali, sedangkan timbale secara bersamaan memainkan pola dalam 3/8.

Polyrhythm menciptakan rebusan berirama yang padat dan, ketika dieksekusi dengan benar, itu dapat menghasilkan pola ritme yang sangat menarik. Polyrhythm berasal dari permainan drum Afrika, dan telah menyebar ke semua jenis genre di seluruh dunia, dari Afro-Karibia hingga India hingga rock progresif, jazz dan klasik kontemporer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.