Sukses

Cara Memotong Kaca yang Baik dan Benar, Aman untuk Pemula

Cara memotong kaca perlu menggunakan alat khusus.

Liputan6.com, Jakarta Cara memotong kaca mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang. Pasalnya, kaca dikenal sebagai suatu benda yang keras, biasanya bening dan mudah pecah. Kaca tentu sudah sering kamu temukan, baik sebagai jendela, botol, dan lain sebagainya.

Cara memotong kaca perlu menggunakan alat khusus. Kamu mungkin pernah melihat proses pemotongan kaca dengan suatu alat yang berbentuk pena atau cutter. Kamu juga perlu memahami langkah-langkah yang benar untuk memotongnya.

Kaca yang sifatnya kaku dan mudah pecah perlu dipotong dengan langkah yang tepat Hal ini tentunya perlu diikuti agar kaca tidak pecah ketika kamu memotongnya. Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan lainnya selain pemotong kaca.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022) tentang cara memotong kaca.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Kaca

Sebelum mengenal cara memotong kaca, kamu perlu mengetahui jenis-jenis kaca terlebih dahulu. Kaca pada dasarnya berasal dari bahan yang bersifat cair namun memiliki kepadatan tinggi. Kaca merupakan salah satu benda yang sering digunakan dalam setiap kontruksi bangunan. Oleh karena itu, cara memotong kaca ini mungkin sudah agak familier bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia konstruksi bangunan. Cara memotong kaca tentunya salah satu hal yang sangat penting dipahami orang-orang yang bergelut di dunia konstruk bangunan.

Sebelum mengenali cara memotong kaca, kamu perlu mengetahui jenis-jenis kaca terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut:

Kaca Es

Jenis kaca yang pertama adalah kaca es. Kaca es atau frosted glass adalah salah satu jenis kaca yang banyak digunakan untuk dekorasi. Jenis kaca ini dapat mengurangi intensitas sinar matahari dan menghalangi pandangan orang lain ke dalam ruangan. Biasanya, kaca es digunakan untuk area shower pada kamar mandi. Selain itu, kaca es juga dapat digunakan untuk ruang yang bersifat privasi.

Kaca Bening

Jenis kaca selanjutnya yaitu kaca bening. Kaca bening adalah salah satu jenis kaca yang paling banyak digunakan pada bangunan rumah. Jenis kaca yang sering disebut dengan float glass ini memiliki permukaan yang sangat bersih dan rata. Sehingga kaca bening mampu membiaskan objek hingga 90%. Kaca bening dapat digunakan sebagai interior atau eksterior rumah. Biasanya jenis kaca ini banyak digunakan untuk membuat jendela, kaca railing, dan beragam keperluan furnitur lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara Memotong Kaca

Cara memotong kaca tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menerapkan cara memotong kaca dengan beberapa alat khusus. Kamu bisa memotong kaca dengan gergaji kaca, gerinda, dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula alat pomotong kaca seperti T Cutter, Oil Glass Cutter, hingga Intime Glass Cutter. Kamu mungkin pernah melihat alat-alat ini saat melihat seseorang memotong kaca.

Kamu bisa belajar menggunakan pmotong kaca tersebut satu per satu. Berikut cara memotong kaca yang benar:

Siapkan Alat Pemotong Kaca

Cara memotong kaca yang pertama yaitu dengan menyiapkan alat pemotong terlebih dahulu. Beberapa alat pemotong yang paling banyak digunakan ialah pemotong kaca model pulpen, seperti T Cutter, Oil Glass Cutter, dan Intime Glass Cutter. Kamu nantinya akan menggunakan alat-alat ini dengan cara memegangnya seperti pulpen dan memotong kaca dengan rapi. Namun, dalam ukuran kaca tebal dan besar, kamu dapat menggunakan gerinda sebagai alat pemotong.

Siapkan Alas yang Tepat

Setelah mempersiapkan alat pemotongan, cara memotong kaca selanjutnya yaitu dengan menyiapkan tempat atau alas yang digunakan saat pemotongan. Alas yang bisa kamu gunakan yaitu berupa meja besar atau papan yang memiliki permukaan rata. Setelah itu letakkan kaca dengan hati-hati agar tidak pecah. Pastikan alas yang kamu gunakan kuat untuk menopang kaca dan tidak akan menyulitkanmu saat proses pemotongan berlangsung nantinya.

Olesi Minyak Pelumas pada Kaca

Sebelum memotong kaca, kamu juga perlu mengolesi kaca dengan pelumas. Minyak pelumas ini juga sangat penting sebagai cara memotong kaca. Kamu bisa menggunakan minyak tanah, solar, atau olei sebagai pelumas untuk memuluskan cara memotong kaca. Hal ini juga akan mempermudah proses pemotongan agar lebih rapi sesuai yang diinginkan.

Ukur dengan Baik

Cara memotong kaca berikutnya yaitu mengukur kaca yang akan dipotong dengan baik. Kamu bisa menggunakan tali untuk memastikan lurus tidaknya garis yang akan dipotong. Selain itu,kamu juga bisa menandai kaca yang akan dipotong dengan pulpen atau pensil. Setelah itu, siapkan penjepit kop kaca agar saat membelah tidak pecah atau terjadi kerusakan.

Belah Kaca dengan Hati-Hati

Proses pemotongan kaca harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak pecah atau rusak. Pastikan kaca telah diolesi pelumas dan ditandai dengan rapi. Agar proses pembelahan tidak miring dan berantakan, goyangkan tang atau penjepit secara pelan-pelan hingga kaca terbelah. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan potongan kaca yang lurus dan tidak keluar dari garis yang sudah ditentukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.