Sukses

12 Cara Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami,

Cara mengatasi wajah berminyak bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi wajah berminyak secara alami bisa kamu praktikkan di rumah. Kulit berminyak biasanya disebabkan beragam faktor, seperti genetik, makanan, gaya hidup, hingga hormon. Kamu tentunya perlu memperhatikan perawatan untuk wajah berminyak.

Apalagi, kulit berminyak merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang melindungi dan melempabkan kulit. Namun, terlalu banyak sebum membuat kulit jadi sangat berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami. Selain itu, kamu juga perlu melakukan kebiasaan sehari-hari yang sehat untuk wajah. Dengan begitu, wajah pun akan terhindar dari jerawat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022) tentang cara mengatasi wajah berminyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Mencuci Wajah Secara Teratur

Cara mengatasi wajah berminyak yang pertama yaitu dengan mencuci wajah secara teratur. Mencuci wajah secara teratur dapat mengurangi minyak pada kulit. Gunakan sabun yang lembut seperti sabun gliserin. Hindari sabun yang mengandung wewangian, atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Pastikan untuk mencuci wajah dua kali sehari.

Tetap Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap juga penting sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Banyak orang menghindari penggunaan pelembap saat kulitnya berminyak. Padahal, pelembap juga penting untuk kulit berminyak. Menggunakan pelembap yang tepat dapat bermanfaat bagi jenis kulit. Pelembap bebas minyak dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dan terlindungi tanpa terasa berminyak.

Tepuk-Tepuk Wajah dengan Handuk Lembut

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, coba untuk menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut. Hindari loofah dan waslap kasar, karena menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Madu

Madu bisa digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak berikutnya. Hal ini berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, sehingga madu dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah dengan cepat. Madu akan melembapkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul. Madu bisa diaplikasikan langsung ke wajah atau dimasukkan ke dalam campuran masker.

Untuk menggunakan madu sebagai solusi kulit berminyak, siapkan 2-3 sendok teh madu mentah. Cuci tangan sampai bersih, dan bersihkan wajah dari debu dan kotoran. Dengan menggunakan ujung jari, pijatkan madu mentah ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya punya efek astringent alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Gel lidah buaya bisa melembapkan kulit dan meremajakan tanpa membuatnya berminyak. Senyawa tertentu dalam lidah buaya dapat memiliki efek menenangkan alami pada kulit. Sifat anti-inflamasi menenangkan kulit dan menyembuhkan jerawat yang berhubungan dengan kulit berminyak. Manfaat lidah buaya ini bisa didapat dari produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya segar.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai solusi kulit berminyak, oleskan tipis gel lidah buaya ebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya. Tapi, perlu diketahui, lidah buaya bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika kamu belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sedikit pada lengan. Jika tidak ada reaksi yang muncul dalam 24 hingga 48 jam, lidah buaya aman digunakan.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Gunakan Astringent

Astringents cenderung mengandung konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dibanding toner. Astringent dapat membantu sebagai cara mengatasi wajah berminyak yang kamu alami. Astringen diformulasikan untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit. Astringent berfungsi mengangkat kelebihan minyak pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Banyak produk astringent yang dijual bebas di pasaran. Kamu juga bisa menggunakan astringent alami seperti witch hazel dan mentimun.

Gunakan Kertas Penyerap Minyak

Cara mengatasi wajah berminyak berikutnya adalah menggunakan kertas khusus yang bisa menyerap minyak di wajah. Kertas penyerap minyak akan menghapuskan kelebihan minyak dari wajah untuk membantu meminimalkan kulit mengkilap dan berminyak. Kertas penyerap minyak ini tersedia di banyak toko skin care atau supermarket dengan harga terjangkau.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Tomat

Cara mengatasi wajah berminyak selanjutnya yaitu dengan tomat. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori. Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Cara mengatasi wajah berminyak secara alami dengan tomat adalah dengan menempelkannya langsung pada wajah atau menjadikannya masker wajah.

Teh Hijau

Teh hijau sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah polifenol yang menurut penelitian dapat digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Menggunakan kompres kantung teh atau mencuci muka dengan air teh hijau bisa membantu mengurangi produksi sebum dan mencegah jerawat. Ambil beberapa kantong teh hijau bekas dan simpan di lemari es selama beberapa waktu. Oleskan isi kantong teh dingin ke seluruh wajah. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Oatmeal

Cara mengatasi wajah berminyak secara alami bisa menggunakan oatmeal. Oatmeal bisa membantu menenangkan kulit dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Campurkan 1/2 cangkir oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta. Campurkan 1 sendok makan madu. Pijatkan campuran oatmeal ke wajah selama sekitar tiga menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan. Cara mengatasi wajah berminyak dengan oatmeal juga bisa dengan mengoleskan oleskan campuran oatmeal ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Charcoal

Masker charcoal dan produk charcoal lainnya adalah perawatan yang luar biasa untuk kulit berminyak. Charcoal bisa membantu mengeluarkan sebum, kotoran, dan sisa make up dari pori-pori. Penggunaan masker atau produk charcoal secara rutin bisa membantu mengecilkan pori, menghilangkan minyak berlebih, dan membantu menyeimbangkan kulit.

Almond

Kacang almond yang dihaluskan tidak hanya bekerja untuk pengelupasan kulit, tetapi juga membantu mengurangi kelebihan minyak dan kotoran. Almond bisa dijadikan scrub untuk mengangkat minyak dan kotoran. Cara mengatasi wajah berminyak dengan almond adalah dengan menghaluskan almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah. Oleskan ke wajah dengan lembut dalam gerakan memutar. iarkan masker selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.