Sukses

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi? Ketahui Pengertian, Tujuan, dan Strukturnya

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah penguat dari keaslian atau kebenaran dari pesan yang disampaikan.

Liputan6.com, Jakarta Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi tentunya perlu kamu pahami. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan rinci suatu fenomena. Segala proses yang terjadi akan dijelaskan secara rinci dan logis dalam teks eksplanasi. 

Fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan atau menerangkan bagaimana atau mengapa suatu hal terjadi. Kamu akan memahami seperti apa teks eksplanasi dengan mengenali ciri-cirinya. Selain itu, kamu juga perlu mengenali tujuan serta strukturnya.

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah penguat dari keaslian atau kebenaran dari pesan yang disampaikan. Teks eksplanasi biasanya berkaitan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lain sebagainya.

Teks eksplanasi bisa kamu temukan dalam bacaan sehari-hari, terutama pada artikel. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022) tentang apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Teks Eksplanasi

Sebelum mengenali apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi, kamu perlu mengenali pengertian teks eksplanasi terlebih dahulu. Eksplanasi berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Jadi, teks eksplanasi bisa dimaknai sebagai teks yang menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi.

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Teks eksplanasi akan memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks ini berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses.

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi bisa kamu kenali setelah memahami pengertiannya. Menurut Anderson, teks eksplanasi didefinisikan sebagai bentuk teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa).

Sementara itu, menurut Priyatni, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Sebuah teks eksplanasi berasal dari pertanyaan penulis terkait “mengapa‟ dan “bagaimana‟ suatu fenomena terjadi.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ciri-ciri teks eksplanasi:

- Memiliki tujuan untuk memberikan informasi, pengertian, dan pengetahuan.

- Memiliki sifat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana.

- Disampaikan dengan gaya yang lugas dan menggunakan bahasa baku.

- Umumnya disajikan dengan menggunakan susunan logis.

- Biasanya memuat penunjuk keterangan waktu, penunjuk keterangan cara, konjungsi kronologis, dan kata tunjuk.

- Termasuk jenis teks non-fiksi yang di dalamnya terdapat data, fakta, serta opini yang logis.

- Bersifat faktual, di mana ia memuat seluruh informasi yang bersifat fakta dan ilmiah.

- Menggunakan konjungsi kausalitas maupun kronologis. Konjungsi kausalitas contohnya adalah: antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, atau sehingga. Sementara konjungsi kronologis contohnya adalah: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

4 dari 6 halaman

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan atau menerangkan tentang sebuah proses atau peristiwa secara informatif dan faktual. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pertanyaan-pertanyaan yang memiliki hubungan sebab dan akibat atau bersifat kausalitas. Dari hal ini mungkin kamu sudah menebak-nebak apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi.

Teks eksplanasi sering kali dimasukkan ke dalam teks lain, digunakan untuk memberikan informasi yang menjawab pertanyaan yang menarik tentang topik tertentu. Teks eksplanasi bertujuan memberi tahu audiens bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi.

Teks eksplanasi bertujuan agar para pembaca dapat memahami proses berlansungnya suatu peristiwa yang bersifat kausalitas dengan sejelas-jelasnya. Dalam menjelaskan teks eksplanasi penulis harus berfokus bukan pada subjek yang terlihat saja, tetapi juga pada suatu fenomena melainkan pada kejadian atau peristiwa yang terjadi tersebut.

5 dari 6 halaman

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi?

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi bisa kamu pahami dengan mengenal apa itu fakta terlebih dahulu. Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan. Fakta dapat ditunjukkan benar atau salah tanpa keraguan, biasanya melalui beberapa bukti yang tak terbantahkan, seperti pengukuran atau pengamatan. Fakta adalah pengamatan yang tak terbantahkan dari fenomena alam atau sosial.

Fakta pada dasarnya adalah sesuatu yang ada, atau hadir dalam kenyataan. Fakta adalah informasi yang tak bisa didebat lagi. Untuk dapat mengetahui sebuah informasi adalah fakta atau bukan adalah dengan apakah hal itu dapat dibuktikan sesuai dengan pengalaman.

Fakta adalah hal-hal yang dapat dilihat secara visual, dan ini adalah hal-hal yang benar-benar dapat diverifikasi. Fakta adalah hal-hal yang objektif daripada yang subjektif. Ini bukan hanya sesuatu yang diyakini, tetapi ini lebih atau kurang adalah hal-hal yang dapat diamati secara empiris, atau oleh indra. Jadi, fakta dapat dilihat dan didengar, serta dibuktikan dengan indera lainnya.

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi tentu perlu kamu pahami. Fakta sangat penting dalam teks eksplanasi. Setiap peristiwa atau kejadian yang diceritakan dalam teks eksplanasi harus dilengkapi dengan fakta. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi membantu pembaca mengerti apa yang terjadi atau dijelaskan dalam teks tersebut.

Teks eksplanasi adalah seperangkat pernyataan yang biasanya dibangun untuk menggambarkan serangkaian fakta yang menjelaskan penyebab, konteks, dan konsekuensi dari fakta-fakta tersebut. Teks eksplanasi yang tidak dilengkapi fakta akan menurunkan kualitasnya. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah penguat dari keaslian atau kebenaran dari pesan yang disampaikan teks tersebut. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi yaitu menjadi penjelas tentang sebab akibat yang dijelaskan.

6 dari 6 halaman

Struktur Teks Eksplanasi

Ada tiga struktur utama dalam teks eksplanasi. Struktur teks eksplanasi meliputi pernyataan umum, deretan penjelasan, dan kesimpulan. Berikut penjelasannya:

Pernyataan umum

Pernyataan umum berisi gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang suatu fakta yang bersifat umum. Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang topik utama.

Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan inti dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan pernyataan umum. Deretan penjelasan dijelaskan fakta tentang proses terjadinya sesuatu dan sebab akibat sesuatu itu terjadi.

Kesimpulan

Kesimpulan atau interpretasi berisi ringkasan penjelasan dari penulis. Bagian ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.