Sukses

11 Cara Mengobati Masuk Angin Secara Alami, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Cara mengobati masuk angin yang wajib diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Masuk angin adalah kondisi umum yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Istilah masuk angin juga digunakan untuk menggambarkan kondisi badan yang sedang tidak sehat atau fit. Ketika Anda mengalami masuk angin, maka gejala yang timbul juga disertai kepala yang terasa pusing, tubuh lemas serta badan terasa lebih pegal. Maka cara mengobati masuk angin yang mudah dilakukan adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Secara medis, kondisi masuk angin tidak memiliki penyebab pasti, namun masuk angin lebih mendekati gejala flu like symptoms, sehingga cara mengobati masuk angin juga hampir sama dengan mengobati flu.  Kondisi kesehatan ini, sering terjadi saat berada di musim hujan dengan hawa dingin. 

Masuk angin juga menimbulkan gejala awal, seperti adanya infeksi virus atau common cold, yang membuat penderita sering mengalami dispepsia. Keluhan masuk angin juga sering terjadi akibat daya tahan tubuh yang menurun, sehingga mudah untuk terserang bakteri maupun virus. Berikut ini gejala, penyebab serta cara mengobati masuk angin yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gejala Masuk Angin

Sebelum mengetahui cara mengobati masuk angin, maka Anda perlu mengenali gejala masuk angin yang sering muncul adalah: 

- Terserang pilek

- Mual dan muntah hingga sakit kepala

- Lemas serta nafsu makan menurun

- Menggigil dan demam

- Kembung serta sering sendawa

- Keringat dingin juga sering buang angin (kentut)

- Sakit tenggorokan dan batuk

- Sesak napas dan mulai menggigil

- Sakit sinus yang berkepanjangan

- Kesulitan bernapas atau mengi

Jika muncul gejala yang lebih parah dan tak kunjung usai, maka hubungi layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

3 dari 5 halaman

Penyebab Masuk Angin

Secara medis, masuk angin tidak memiliki penyebab yang pasti. Namun ketika seseorang mulai merasa perut kembung, mual, pusing, juga sering bersendawa, maka biasanya pihak medis sering menyebutnya dengan sindrom dyspepsia. Akan tetapi, secara umum salah satu penyebab masuk angin yang sering terjadi diantaranya kondisi tubuh yang mulai kelelahan, kurang tidur, hingga adanya perubahan cuaca. 

Penyebab lainnya adalah berlebihan dalam mengonsumsi minuman dingin, sehingga membuat kepala menjadi pusing. Selain itu, penyebab masuk angin terjadi lantaran sistem imun yang menurun, kurangnya paparan sinar matahari di kala musim hujan juga membuat orang mudah terserang penyakit. Perlu diketahui bahwa sinar matahari ini penting sekali dalam membantu tubuh agar mendapat asupan vitamin D untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, ketika terjadi musim hujan, maka kondisi ini merupakan salah satu faktor yang menjadi pemicu menurunnya sistem imun tubuh, sehingga mudah masuk angin.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Masuk Angin

1. Makan bergizi

Cara mengobati masuk angin yang sangat mudah dilakukan adalah penuhi tubuh dengan asupan makanan yang bergizi. Meski saat masuk angin perut cenderung kembung, namun Anda harus tetap makan, agar kondisi kesehatan tidak menurun. Saat tidak mengonsumsi makanan bergizi, maka organ tubuh yang tak terpenuhi oleh nutrisi, semakin memperparah kondisi kesehatan Anda. 

2. Konsumsi vitamin

Masuk angin bisa diatasi dengan mengonsumsi suplemen seperti vitamin C dan vitamin A untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika daya tahan tubuh selalu terjaga, maka Anda tidak mudah untuk terserang penyakit. Dengan suplemen vitamin, maka akan membantu pemulihan tubuh lebih maksimal. 

3. Istirahat

Saat terserang masuk angin, maka cara mengobatinya yang mudah dilakukan yaitu istirahan yang cukup. Tubuh yang sedang lemas karena masuk angin memang harus diistirahatkan. Karena saat Anda beristirahat, maka kondisi tubuh akan berangsur dan pulih dengan cepat. Tak hanya itu, Anda juga harus menjaga asupan makanan yang bergizi. 

4.  Hindari orang yang terserang pilek

Cara mengobati masuk angin selanjutnya, dengan menghindari orang yang sedang flu. Jauhi juga keramaian, serta hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Atau biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah seperti mata, hidung dan mulut. 

5. Menjaga pola hidup

Masuk angin bisa diatasi dengan menjaga pola hidup sehat. Anda bisa makan secara teratur, melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, tidur cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Berkumur dengan air asin

Cara mengobati masuk angin juga bisa Anda lakukan dengan berkumur air asin 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Karena saat masuk angin, tenggorokan menjadi gatal, sehingga cara ampuh dan mudah mengobati masuk angin yaitu dengan air asin. 

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Masuk Angin

7. Air putih

Minum air putih bisa menjadi cara mengobati masuk angin. Ini akan membuat tubuh lebih terhidrasi. Masuk angin biasanya disebabkan karena tubuh yang kekurangan cairan, sehingga tubuh lebih mudah terserang virus dan bakteri. Dengan mengonsumsi air putih, maka membantu melancarkan pencernaan, dan mempermudah oksigen diedarkan ke seluruh tubuh. 

8. Madu

Masuk angin lebih mudah diatasi dengan madu, yang bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga masalah masuk angin bisa disembuhkan secara alami.

9. Jahe

Air jahe bisa menjadi minuman yang mengurangi gejala masuk angin. Jahe kaya akan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk melancarkan sistem peredaran darah, serta mampu menghangatkan tubuh. 

10. Mandi air hangat

Cara mengobati masuk angin yang sangat mudah dilakukan adalah mandi dengan air hangat. Saat mandi air hangat, maka membantu melancarkan peredaran darah, serta mengatasi masalah masuk angin. Selain itu, air hangat membantu tubuh dalam relaksasi, dan melegakan saluran pernapasan.

11. Olahraga secara rutin

Terakhir, rutin berolahraga bisa menjadi cara mengobati masuk angin yang mudah. Ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, maka daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, biasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir untuk mencegah penyebaran penyakit

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.