Sukses

9 Wisata Paralayang di Indonesia yang Terkenal dan Terbaik, Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata paralayang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki banyak sekali wisata paralayang yang memesona. Tak hanya memesona dari sisi pemandangan alam dari ketinggian seperti hutan, gunung, hingga pantainya. Wisata paralayang di Indonesia yang terkenal dan wajib dikunjungi ini sudah atas pengawasan atlet-atlet profesional atau ahli profesional, dijamin aman.

Di mana saja lokasi paralayang yang terkenal dan wajib dikunjungi tersebut? Mulai dari wisata paralayang di Yogjakarta, Malang, Sumatera Barat, Ponorogo, Subang, hingga Gorontalo.

Memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata paralayang di Indonesia ini sangat cocok bagi mereka para pemilik jiwa petualangan. Wisata paralayang adalah salah satu jenis wisata atau olahraga yang memacu adrenalin, terbang dari atas tebit dengan parasut. Tertarik mengunjungi dan mencobanya?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sembilan wisata paralayang di Indonesia yang terkenal dan wajib dikunjungi, Selasa (11/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Paralayang di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

1. Watugupit Yogyakarta

Bukit Paralayang Watugupit Jogja adalah wisata paralayang di Indonesia yang terkenal dan wajib dikunjungi. Wisata paralayang ini menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Lokasi wisata ini ada di Bantul, Daerah Istimewa, Yogyakarta, tepatnya di area wisata Pantai Parangtritis.

Total biaya masuk ke Watugupit sekitar Rp5.000 per orangnya. Pengunjung bisa melihat hamparan Pantai Parangtritis yang menakjubkan. Jika datang pada waktu sore hari, bisa menikmati sunset yang tentunya sangat menawan.

2. Bukit Lelato Pohuwato

Lokasi paralayang ini berada di Desa Lomuli, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato. Berada di wilayah Gorontalo bagian timur. Bukit Lelato Pohuwato adalah salah satu yang lahir dari inovasi dari warga desa Lomuli. Mereka melihat letak geografis desa ini berada di dataran tinggi. Wisata Bukit Lelato Pohuwato ini dibuat melalui anggaran dana desa dan sebagian merupakan swadaya masyarakat setempat.

Pemandangan di wisata Paralayang ini sangat luar biasa. Hutan, pulau, dan lautan lepas bisa terpantau langsung ketika mencoba paralayang di desa ini.

3. Santiong Subang

Lokasi wisata ini berada di Subang, Jawa Barat, ini menawarkan panorama alam yang begitu menawan. Berada di ketinggian 150 meter, wisatawan bisa bermain paralayang dan gantole.

Harga tiket masuk di wisata paralayang ini cukup terjangkau, yakni hanya Rp10 ribu per orang. Apabila ingin bermain paralayang, pengunjung harus membayar Rp400 ribu per orang.

4. Kota Batu Malang

Di Kota Batu Malang, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hamparan lampu kerlip-kerlip kota atau dengan latar belakang awan yang putih di pagi hari. Di sini banyak wisatawan dari berbagai macam daerah untuk sekadar mengambil gambar dan menikmati suasana sejuknya dataran tinggi.

5. Gunung Panten Majalengka

Pengunjung tempat ini bisa menikmati pemandangan dataran tinggi wisata paralayang, sambil menikmati suguhan kerlip lampu yang bercahaya dari pusat Kota Majalengka. Selain pemandangan kotanya yang dikagumi warga, kawasan ini juga menyediakan sejumlah spot Instagramable seperti lampu berbentuk cinta yang menyala terang dan menghadap ke arah cahaya lampu kota.

Jika tertarik berkunjung ke sini. pengelola menyediakan tiket masuk dengan harga yang terjangkau yakni Rp10.000 dengan fasilitas parkir yang juga luas. Jangan sampai terlewatkan!

3 dari 3 halaman

Wisata Paralayang di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

6. Gunung Mas Bogor

Tidak hanya dapat bermain paralayang, para pengunjung juga bisa menikmati panorama alam yang indah dan memesona. Di wisata paralayang ini, banyak sekali fasilitas di obyek wisata. Mulai dari kolam renang, flying fox, lapangan volley, dan masih banyak lagi. Lokasinya berada di Jl. Raya Puncak 8 Km, Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuknya hanya Rp6.000 per orang. Jangan sampai melewatkan wisata paralayang di tempat ini!

7. Salimpauang Sumatera Barat

Lokasi wisata ini menyimpan pesona alam yang memukau. Hamparan sawah dan perbukitan siap memanjakan mata jika berdiri dari panorama Bukit Gadang. Ini destinasi wisata baru di Tanah Datar, antusiasme warga yang datang ke lokasi ini sangat tinggi. Tempatnya sangat indah, ini objek wisata yang digagas pemuda dan masyarakat.

8. Bukit Gede Ponorogo

Tepatnya berada di kawasan Bukit Gede yang terletak di Desa Tatung, Kecamatan Balong. Lokasinya berada di 25 km arah Selatan dari pusat kota Ponorogo, destinasi paralayang ini bakal jadi satu-satunya olahraga ekstrem yang ada di Ponorogo. Hasil survei dari semua peneliti, menyatakan bahwa Bukit Gede layak dan unik untuk dijadikan wisata paralayang karena cocok di semua musim.

9. Puncak Lawang Sumatera Barat

Obyek wisata yang berada di Kota Bukitinggi, Sumatera Barat ini, menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Dari atas ketinggian, pengunjung wisata paralayang di Indonesia yang terkenal dan wajib dikunjungi ini dapat melihat bukit-bukit yang masih hijau dan asri.

Bagi pengunjung yang ingin bermain paralayang, dari atas ketinggian juga akan dimanjakan dengan hamparan air bening Minanjau yang indah dan memesona. Untuk itu, disarankan membawa kamera untuk mengabadikan momen terbang terbaikmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.