Sukses

Penyebab Blue Screen Windows 7 dan Solusinya yang Tepat

Penyebab blue screen Windows 7 perlu dipahami setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab blue screen Windows 7 perlu dipahami setiap orang. Pasalnya masalah satu ini tentunya bikin kebanyakan orang panik bila belum tahu sebabnya. Apalagi, bila hal ini terjadi pada komputer atau laptop kamu satu-satunya.

Penyebab blue screen biasanya membuat komputer atau laptop restart sendiri dan tidak bisa dioperasikan kembali. Istilah blue screen ini dikenal juga dengan sebutan BsoD, atau Blue Screen of Death. Kamu tentu perlu mengenali cara mengatasinya bila terjadi pada komputer atau laptop Windows 7-mu.

Blue Screen of Death atau BsoD biasanya terjadi saat sistem operasi Windows mengalami kesalahan atau sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan. Blue Screen hanya terjadi pada sistem operasi Windows atau sistem operasi berbasis Windows (misalnya pada beberapa mesin ATM atau sistem operasi ReactOS).

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/9/2022) tentang penyebab blue screen Windows 7.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Blue Screen Windows 7

Driver Rusak

Penyebab blue screen Windows 7 yang pertama adalah driver rusak. Biasanya, pada layar kamu akan melihat tulisan “ “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” dengan kode “0X0000000A” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE”. Penyebab blue screen Windows 7 ini adalah karena sistem operasi tidak mendeteksi dengan baik perangkat baru yang dihubungkan, sehingga driver yang secara manual atau otomatis di-install mengalami kerusakan (crash).

Hardware bisa jadi penyebab terjadinya blue screen, jika kamu menggunakan komputer PC dan mengupgrade salah satu komponen (misalnya VGA Card) biasanya kamu diminta untuk meng-install driver. Driver dimaksudkan untuk “mengenalkan” perangkat keras yang baru kepada sistem operasi sehingga sistem operasi dapat mengenali perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya. Jika driver dan sistem yang kamu install tidak cocok maka ada terjadi kerusakan atau eror.

Oleh karena itu, pastikan kamu menginstall driver hardware yang sesuai, lalu coba copot dan pasang ulang VGA card serta Audio card, jangan lupa pastikan telah terpasang dengan benar.

Kerusakan pada File System

Penyebab blue screen Windows 7 selanjutnya adalah adanya kerusakan pada partisi atau file system, namun bukan berada di harddisk. Biasanya kamu akan melihat tulisan “NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)” pada layar monitor. Solusinya yaitu coba periksa apakah kabel SATA/IDE hardisk telah terpasang dengan benar dan cek partisi dengan chkdsk.

Hardware Rusak

Bila kamu melihat tulisan “PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA”, berarti penyebab blue screen Windows 7 adalah adanya kerusakan pada hardware. Kerusakan pada hardware ini bisa mencakup masalah pada RAM, VGA, atau memori pada processor (L2 cache).

Overheat atau Processor Corrupt

Penyebab blue screen Windows 7 berikutnya yaitu terjadinya overheat, processor yang corrupt, dan BIOS corrupt. Biasanya kamu akan melihat tulisan “UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)” pada layar. Hal ini kadang juga disebabkan oleh overclocking yang berlebihan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan (shutdown) laptop terlebih dahulu, lalu cek apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik. Jika bermasalah coba tambahkan komponen pendingin.

3 dari 4 halaman

Penyebab Blue Screen Windows 7

Kerusakan pada RAM

Kerusakan pada slot atau memory (RAM) juga bisa menjadi penyebab blue screen Windows 7. Biasanya kamu akan melihat tulisan “DATA_BUS_ERROR” pada layar. Bila hal ini terjadi, kamu perlu mencoba untuk memeriksa atau segera mengganti RAM dengan yang baru.

Posisi Jumper Harddisk Salah

Bila melihat tulisan “INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE” pada layar, berarti penyebab blue screen Windows 7 adalah posisi jumper pada hardisk yang salah. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena Driver IDE controller yang salah dan Virus Boot sector. Solusinya, kamu perlu memeriksa kondisi kabel IDE , bersihkan virus pada boot sector, dan atur kembali jumper pada hardisk.

Kesalahan Instalasi Driver VGA

Penyebab blue screen Windows 7 selanjutnya yaitu terjadinya kesalahan saat instalasi driver VGA. Biasanya kamu akan melihat tulisan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE” di layar monitor. Cara mengatasinya yaitu dengan instal ulang driver VGA kamu, pastikan dengan driver yang sudah ter-update.

Kesalahan Instalasi OS

Kesalahan instalasi OS juga kerap menjadi penyebab blue screen Windows. Namun hal ini biasanya terjadi pada Windows XP. Kesalahan saat instalasi OS ditandai dengan adanya tulisan “BAD_POOL_CALLER” pada layar monitor.

Solusinya, pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corrupt. Selain itu, untuk memperbaiki bluescreen kamu juga bisa menginstal ulang laptop. Pastikan CD Windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang juga masih tidak berhasil kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

Setelah mengenali penyebab blue screen Windows 7, kamu juga perlu memahami cara mengatasinya. Cara mengatasi blue screen Windows 7 salah satunya dengan melakukan system restore. Jika Blue Screen baru saja terjadi pada laptop, maka sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat laptop kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan scan malware. Hal ini perlu dilakukan agar malware atau virus tidak menggangu sistem pada komputer atau laptop. Menginstal update driver juga perlu dilakukan untuk menghindari crash pada komputer atau laptop. Caranya yaitu dengan download driver terbaru dari perusahaan hardware laptop kamu. Hal ini mungkin akan memperbaiki masalah BSoD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.