Sukses

Apa Itu Friendzone? Ketahui Ciri dan Pengertiannya, Jangan sampai Terjebak

Liputan6.com, Jakarta Apa itu friendzone? Istilah ini sebenarnya bukan istilah yang baru, namun beberapa orang mungkin merasa cukup asing dengan istilah dari bahasa Inggris ini. Apa itu friendzone sebenarnya banyak terkait dengan suatu hubungan.

Hubungan yang dimaksud adalah ketika laki-laki dan perempuan menjalin hubungan dekat, kemudian salah satunya menaruh hati, tetapi yang lainnya tidak. Penjelasan singkat tersebut adalah sedikit mengenai apa itu friendzone.

Apa itu friendzone juga bisa dipahami sebagai cinta yang bertepuk sebelah tangan. namun ada hal yang membedakan friendzone dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Pada friendzone, meski seseorang mengetahui cintanya bertepuk sebelah tangan, dia tetap masih menjalin hubungan pertemanan.

Ada sejumlah ciri-ciri yang membedakan friendzone dengan jenis hubungan lain. Namun sebelum jauh membahas mengenai ciri-ciri friendzone, berikut pengertian apa itu friendzone, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (29/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Friendzone?

Dilansir dari Urban Dictionary, friendzone merupakan suatu ungkapan yang bernuansa metaforis di mana seseorang berakhir ketika orang yang mereka sukai secara romantis hanya ingin berteman saja.

Friendzone jelas adalah situasi yang lebih sulit dibandingkan cinta yang ditolak, kemudian tidak berhubungan sama sekali. Yang membuat friendzone adalah situasi yang sulit adalah, Anda masih terlalu sering berinteraksi dengan orang itu, namun tidak bisa melupakan perasaan Anda ataupun memilikinya sebagai pacar.

Untuk lebih jelas mengenai friendzone, berikut adalah ilustrasi percakapan bagaimana seseorang terjebak friendzone.

A: "Seandainya saja, bagaimana reaksimu jika aku bilang aku menyukaimu?"

B: "Maaf, aku tidak bermaksud menyakitimu, tapi aku hanya ingin berteman."

Dari percakapan tersebut, dapat diketahui bahwa sosok A telah terjebak friendzone.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Friendzone

Apa itu friendzone tentu saja dapat dilihat dari ciri-cirinya. Dilansir dari Inspiring Tips, setidaknya ada 14 ciri-ciri bahwa seseorang terjebak friendzone. Lalu, apa saja tanda-tanda seseorang telah terjebak dalam friendzone itu sendiri? Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Anda teman favoritnya

Jika dia selalu membuntuti Anda untuk berbelanja atau menjalankan tugas, maka itu berarti dia merasa nyaman bersahabat dengan Anda. Padahal, ketika seorang perempuan menyukai seorang anak laki-laki, hal itu akan menjadi canggung baginya untuk memintanya mendampingi sepanjang waktu.

2. Dia terlalu nyaman dengan Anda

Hal yang normal bagi perempuan untuk tegang atau malu, kapanpun pria yang mereka sukai ada di sekitar mereka. Jadi, jika dia terlalu nyaman dengan Anda sampai terlalu akrab, maka tidak ada yang romantis dalam cara dia memperlakukan Anda dan ini bagian dari friendzone.

3. Ia bercerita soal cinta dan kencannya

Apakah ia menceritakan soal kencan dan perasaannya kepada Anda? Jika ia sering melakukannya, maka itu tanda ia sangat mempercayai Anda. Di sisi lain, ia ingin menjelaskan dengan Anda hatinya bukan untuk Anda.

4. Saat Anda mengajak pergi, ia membawa teman-teman

Pernahkah Anda mencoba mengajaknya berkencan tetapi rencana Anda untuk membuat momen-momen spesial menjadi hancur karena keberadaan orang lain?

Anda akan tahu jika ia menyukai Anda, dia lebih suka sendirian dengan Anda. Jika dia membawa teman-temannya yang lain, maka itu mengatakan sesuatu tentang posisimu dalam hidupnya.

4 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Terjebak Friendzone

5. Ia coba menyuruh Anda mendekati orang lain

Jika dia terus menggoda Anda dengan perempuan lain atau mendorong Anda untuk segera berkencan, maka dia tidak takut kehilangan Anda karena orang lain. Hal ini juga berarti dia peduli dengan kehidupan cintamu, dan dia berharap kamu menemukan perempuan yang tepat.

6. Ia dandan di depan Anda

Jika teman Anda terlalu nyaman sehingga dia bisa berdandan di hadapan Anda dengan santai, maka Anda hanyalah teman baginya.

7. Anda adalah orang yang ia temua saat sedih

Peran sahabat salah satunya adalah meredakan tangisan seseorang. Jika dia sering meminta Anda untuk membuatnya merasa nyaman di kala sedih atau tertekan, maka Anda hanyalah teman baginya.

8. Dia tak repot-repot tampil untuk Anda

Ketika seseorang menyukai Anda, mereka selalu berusaha untuk menunjukkan penampilan terbaik. Karena itu, jika teman Anda bahkan tak peduli untuk menyisir rambutnya dan mengenakan pakaian apik setiap kali bertemu Anda, maka Anda jelas hanya teman baginya. Dia tidak punya alasan untuk mengesankan Anda.

5 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Friendzone

9. Nama panggilan khusus

Seringkali, seseorang memberikan nama panggilan kepada teman dekat mereka. Jika mereka memanggil BFF atau best friend forever dan sebagainya, mungkin Anda hanya teman baginya.

10. Tak canggung memeluk

Tanda friend zone lainnya, normal untuk teman dekat menjadi sensitif tanpa ada rasa iri. Jika dia memeluk Anda, menyentuh lengan Anda, atau memegang tangan Anda tanpa ragu-ragu, itu berarti Anda hanya teman baginya.

11. Selalu menyesuaikan

Jika Anda perlu menyesuaikan jadwal hanya untuk bertemu dengan dia, sementara dia tidak pernah melakukan hal yang sama, maka sudah jelas bahwa itu adalah friendzone. Jika seseorang menyukai Anda, dia akan rela membatalkan rencana sebelumnya untuk bisa menemui Anda.

12. Anda sering ke rumahnya, tetapi keluarganya hanya menganggap teman saja

Jika Anda adalah pengunjung tetap ke rumah teman Anda dan keluarganya tidak melihat sesuatu yang istimewa tentang hal itu, maka itu berarti mereka melihat Anda sebagai teman biasa. Mungkin dia juga meyakinkan keluarganya bahwa tidak ada yang mendalam terjadi di antara kalian.

13. Menyuruh Anda untuk kencan dengan orang lain

Tanda lain bahwa dia merasa tidak ada yang istimewa bagi Anda adalah ketika dia dengan bersemangat mengatur Anda untuk kencan. Jika dia mencoba mencari pacar yang cocok, maka itu menjelaskan semuanya.

14. Memperkenalkan Anda pada orang yang ia suka atau pacarnya

Mungkin, tanda terburuk dari friendzone adalah ketika dia dengan penuh semangat memperkenalkan Anda kepada pria yang dia kencani, atau mungkin malah sudah jadi pacarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS