Sukses

4 Cara Membuat Bibimbap, Lezat dan Mudah Untuk Dicoba di Rumah

Simak cara membuat bibimbap yang lezat dan mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun belakangan, budaya Korea menyebar dan menjadi populer di seluruh penjuru dunia. Banyak orang di berbagai negara mulai menggilai berbagai produk budaya Korea seperti musik dan film. Selain budaya pop-nya, produk budaya Korea yang lainnya juga mulai diminati, termasuk makanan.

Banyak orang yang mulai mencari-cari makanan khas Korea yang mereka lihat di dalam film-film ataupun acara-acara televisi Korea. Salah satu dari makanan khas Korea yang populer adalah bibimbap.

Bibimbap bisa dikatakan sebagai nasi campur khas Korea. Sajian yang satu ini biasanya adalah nasi yang dihidangkan dengan berbagai lauk pauk seperti sayuran, daging, dan telur mata sapi di atasnya, ditambah dengan saus yang meningkatkan kelezatan hidangan ini. Di samping itu, cara membuat bibimbap sebenarnya cukup mudah.

Ada berbagai cara membuat bibimbap. Salah satu bahan yang terkenal untuk digunakan di dalam hidangan ini adalah gochujang. Bumbu khas Korea ini memang banyak digunakan di dalam berbagai masakan khas negara gingseng tersebut, termasuk juga di bibimbap. Akan tetapi, bila anda tidak punya gochujang, janganlah khawatir. Ada juga cara membuat bibimbap yang tidak menggunakan bumbu ini sehingga anda tetap bisa membuatnya di rumah.

Berikut ini beberapa cara membuat bibimbap yang mudah dan lezat yang bisa kamu coba di rumah yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Bibimbap

1. Cara Membuat Bibimbap Sederhana

Bahan:

- 100 gram daging sapi giling

- Tauge sesuai selera

- Bayam sesuai selera, potong

- Wortel sesuai selera, potong korek api

- Mentimun, potong korek api

- Jamur kancing, potong kecil

- 1/2 buah bawang bombay, potong

- 1 siung bawang putih, iris tipis

- 1 butir telur ayam

- Garam

- Lada

Bumbu:

- 1 sendok makan gochujang

- 1 sendok makan kecap asin

- 1 sendok makan minyak wijen

- 1 siung bawang putih, haluskan

- 1 sendok teh gula pasir

- 1 sendok teh wijen sangrai

Cara Membuat Bibimbap:

1. Panaskan sedikit minyak lalu tumislah bawang putih dan bawang bombay sampai warnanya agak kecoklatan. Setelah iti, masukkan daging giling lalu tambahkan garam dan lada bubuk. Anda juga bisa menambahkan sedikit kaldu bubuk bila anda suka. Aduk sampai rata dan terus tumis daing hingga berubah warna. Saat daging matang, angkat dan sisihkan.

2. Rebuslah tauge lalu angkat dan tiriskan. Sesudah itu, rebuslah bayam hingga matang lalu tiriskan. Bumbui bayam dengan garam, bawang putih, dan minyak wijen lalu sisihkan.

3. Panaskan minyak secukupnya lalu tumislah wortel. Beri sedikit saus tiram dan tumislah sampai wortel layu lalu angkat dan sisihkan. Setelah itu, tumislah jamur dan beri garam serta lada bubuk secukupnya sampai matang lalu angkat dan sisihkan. Selanjutnya, tumislah mentimun sebentar saja hingga layu lalu tambahkan gula dan angkat.

4. Di wajan terpisah, gorenglah telur mata sapi lalu angkat dan sisihkan.

5. Langkah selanjutnya adalah penyajian. Anda bisa menyajikan bibimbap dengan cara meletakkan nasi di dalam mangkuk lalu menata seluruh bahan atau lauk secara melingkar di atas nasi dan menambahkan telur mata sapi di tengahnya. Setelah itu, tualnglah bumbu di dekat telur dan sajikan. Jangan lupa untuk mengaduk dan mencampur rata semua bahan terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Bibimbap

2. Cara Membuat Bibimbap Khas Korea

Bahan:

- 150 gram nasi putih.

- 20 gram daging sapi

- 100 gram zukini, potong persegi panjang

- 20 gram wortel, potong menyerupai korek api

- 20 gram tauge.

- 10 gram gosari.

- 10 gram doraji.

- 2 buah jamur shitake.

- 1 butir telur ayam.

- 1 ½ sdt gula pasir.

- ½ sdt kecap asin.

- ½ sdt kecap manis.

- ½ sdt bawang putih, haluskan

- 1 butir bawang bombay.

- 2 ½ sdt minyak wijen.

- 2 sdt saus gochujang.

- 1 sdm air

Cara Membuat Bibimbap Khas Korea:

1. Rebuslah dosari dan tauge satu per satu hingga layu dengan menggunakan air mendidih. Setelah itu angkat dan tiriskan. Berilah sedikit garam dan minyak wijen lalu sisihkan.

2. Panaskan wajan dan minyak sayur secukupnya, lalu tumislah semua sayuran seperti wortel, gosari, dan zukini satu per satu dan tambahkan sedikit minyak wijen lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu, tumislah pula jamur shitake dan tambahkan munyak wijen, serta sedikit kecap manis dan gula pasir lalu angkat dan tiriskan.

3. Potong-potong daging lalu bumbui dengan ½ sdt minyak wijen, ½ sdt gula pasir, dan ½ sdt kecap asin. Goreng daging hingga matang.

4. Setelah itu, gorenglah telur mata sapi, sesuaikan tingkat kematangan telur dengan seleramu mau itu setengah matang ataupun matang.

5. Buatlah saus bibimbap dengan cara mencampurkan air, saus gochujang, bawang bombay, bawang putih, dan minyak wijen lalu masak hingga saus mendidih dan harum.

6. Langkah terakhir adalah dengan menyusun bibimbap. Taruhlah nasi di dalam mangkuk, lalut letakkan semua topping di atasnya. Taruhlah telur mata sapi di bagian paling atas dan di tengah. Terakhir, tuanglah saus bibimbap di atasnya lalu sajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Bibimbap

3. Cara Membuat Bibimpab Tanpa Gochujang

Bahan:

- Nasi

- Sayuran, sesuai selera seperti wortel dan bayam

- 1 butir telur

Bumbu:

- 2 sdm saus tomat

- 2 sdm saus cabai

- 1 sdm saus tiram

- 1 sdt minyak wijen

- 1/2 sdt garam

- 1/4 sdm gula

- 100 cc air

- 1 sdm tepung maizena

Cara Membuat Bibimbap Tanpa Gochujang

1. Rebus atau tumislah sayuran yang sudah dipotong-potong lalu angkat, tiriskan, lalu tambahkan sedikit garam dan minyak wijen.

2. Gorenglah telur mata sapi. Sesuaikan tingkat kematangan telurmu sesuai selera.

3. Buatlah saus dengan cara mencampur semua bahan bumbu kecuali tepung maizena. Aduk perlahan sampai rata lalu tambahkan tepung maizena untuk mengentalkan. Aduk sampai rata dan mengental.

4. Susunlah bibimbap di mangkuk. Pertama taruhlah nasi di mangkuk, lalu susunlah sayuran di atasnya. Setelah itu, taruhlah telur mata sapi di tengahnya lalu tuanglah saus di atasnya.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Bibimbap

4. Cara Membuat Bibimbap yang Otentik

Bahan:

- 4 cangkir nasi putih yang sudah dimasak , sebaiknya butiran pendek

- 4 butir telur

- 2 sdt biji wijen

Daging Sapi dan Bumbu Korea:

- 250 g / 8oz beef tenderloin atau steak tebal, diiris sangat halus

- 1/4 apel hijau, parut menggunakan parutan kotak

- 3 siung bawang putih, cincang

- 1 sdm kecap, ringan atau serbaguna

- 2 sdt minyak wijen, sangrai

- 1 sdm madu (atau gula merah)

Sayuran:

- 2 wortel, besar, potong panjang berukuran 5 x 0,5 cm

- 2 buah zucchini, besar, potong panjang berukuran 5 x 0,5 cm

- 1 ikat bayam, potong sepanjang 5 cm

- 8 jamur shiitake kering, besar

- 4 cangkir tauge

- 2 sdt bawang putih, cincang

- 8 sdt minyak sayur

- 1/2 sdt garam

- 1,5 sdt kecap, ringan atau serbaguna

- 1/4 sdt kecap ikan

- 1/4 sdt gula putih

- Minyak wijen, sangrai

Saus Bibimbap:

- 4 sdm pasta gochujang

- 2 sdm mirin

- 2 sdm cuka beras

- 1,5 sdt kecap

- 3 sdt gula putih

- 1 siung bawang putih, parut halus

- 2,5 sdt minyak wijen, sangrai

Cara Membuat Bibimbap

Saus Bibimbap:

- Campurlah Campur bahan sampai gula larut.

Daging Sapi yang Direndam:

- Campurlah bumbu untuk daging di mangkuk lalu tambahkan daging. Campur sampai rata lalu rendamlah daging selama kurang lebih 30 menit sampai semalaman.

- Angkatlah daging dari rendaman bumbu lalu tiriskan. Panaskan 2 sendok teh minyak dengan api besar lalu masukkan daging. Masak sampai matang lalu angkat dan tiriskan. Jaga daging tetap hangat. Bila daging sudah dingin, hangatkan sejenak.

Menyiapkan dan Memasak Sayuran:

- Rendamlah jamur shiitake di dalam mangkuk dengan air mendidih selama kurang lebih 30 menit lalu tiriskan, peras sisa airnya, dan iris..

- Masukkan wortel dan zucchini di dua mangkuk terpisah lalu masukkan 1/4 sendok teh garam ke setiap mangkok. Aduklah sampai rata lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan tiriskan.

- Panaskan 2 sendok teh minyak dengan api sedang lalu masaklah jamur shiitake selama kurang lebih 2 menit. Masukkan 1,5 sendok teh kedelai, 1/2 sendok teh bawang putih, dan 1/4 sendok teh gula. Aduk selama kurang lebih 1 menit lalu angkat.

- Tambahkan minyak sebanyak 2 sendok teh lalu tumis wortel sampai empuk. Angkat dan tiriskan.

- Tambahkan lagi minyak lalu tumis zucchini selama kurang lebih 4 menit.

- Rebuslah tauge selama kurang lebih 5 menit lalu tiriskan dan masukkan ke air dingin. Angkat dan tiriskan lalu taruh di mangkuk. Tambahkan 2 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh bawang putih, dan 1/4 sendok teh kecap ikan lalu aduk dan pinggirkan terlebih dahulu.

- Gorenglah telur mata sapi hingga matang. Anda bisa menyesuaikan tingkat kematangan telur sesuai dengan selera.

- Langkah terakhir adalah menyusun dan menyajikan bibimbap. Taruhlah nasi hangat di dalam mangkuk lalu susunlah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.