Sukses

5 Tujuan Permainan Bola Voli yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Bola voli adalah salah satu olah raga yang cukup populer di Indonesia. Olah raga ini banyak digemari baik oleh orang dewasa dan juga anak-anak.

Untuk bermain bola voli anda tidak membutuhkan modal yang mahal. Permainan ini sederhana dan seru untuk dilakukan bersama teman-teman mendorong kesuksesan olah raga yang satu ini. Selain itu, ada berbagai tujuan permainan bola voli yang perlu diketahui.

Permainan bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan. Pada awalnya, permainan bola voli ini hanya berkembang di Amerika saja.

Akan tetapi, pada perkembangannya, permainan ini kemudian menyebar ke benua lainnya dan menjadi semakin populer. Saat ini, voli menjadi salah satu cabang olah raga yang populer yang dipertandingkan di berbagai kejuaraan internasional seperti SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade.

Permainan olah raga yang satu ini memiliki berbagai tujuan. Tujuan permainan bola voli bisa bersifat eksplisit maupun implisit. Lalu, apa saja tujuan permainan bola voli tersebut?

Berikut ini beberapa tujuan permainan bola voli yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (19/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Sekilas Mengenai Permainan Bola Voli

Seperti yang sudah dibahas di atas, permainan bola voli diciptakan oleh William G Morgan pada tahun 1895. Awalnya permainan ini dikenal sebagai permainan mintonette sebelum berubah menjadi bola voli pada tahun 1896 yang dikenal luas saat ini. Morgan menciptakan permainan ini berdasarkan insporasi dari permainan bola basket yang dipopulerkan oleh James Naismith.

Seiring berjalannya waktu, permainan bola voli mulai menyebar dan semakin populer. Pada awalnya, permainan ini hanya berkembang di Amerika saja. Akan tetapi, permainan ini kemudian mulai menyebar ke berbagai kawasan lain seperti Eropa dan Asia dan menjadi semakin populer.

Kepopuleran permainan ini juga sampai ke Indonesia. Di Indonesia, pada awalnya, permainan ini digemari dan dimainkan oleh para bangsawan saja. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, permainan ini mulai dimainkan oleh rakyat biasa, membuat kepopulerannya semakin berkembang di negara ini.

Bola voli sendiri adalah salah satu olah raga beregu yang dimainkan di atas lapangan seluas 162 meter persegi. Lapangan ini memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Setiap tim beranggotakan 6 pemain dan 4 cadangan. Olah raga ini dilakukan dengan memantulkan bola menggunakan tangan ataupun anggota tubuh lainnya melewati net yang terdapat di tengah lapangan ke area lawan.

Permainan bola voli biasanya terdiri dari 2 sampai 3 babak. Setiap babak dimenangkan oleh tim yang mencetak skor 25 terlebih dahulu. Akan tetapi, apa bila skor ke dua tim seimbang (24-24), maka pertandingan akan ditambah 2 poin. Bila 2 babak pertama dimenangkan oleh satu tim, maka babak ketiga tidak perlu dimainkan dan tim tersebut dinyatakan sebagai pemenang.

3 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Bola Voli

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bola voli memiliki berbagai tujuan, baik secara eksplisit maupun implisit. Setidaknya ada 5 tujuan permanian bola voli yang meliputi:

1. Mengirim Bola Melewati Net

Salah satu tujuan permainan bola voli yang utama ialah mengirim bola melewati net. Untuk mencetak skor, anda perlu mengirimkan bola melewati net baik menggunakan tangan ataupun menggunakan bagian tubuh lainnya ke arah kotak permainan lawan dan memastikan lawan tidak bisa mengembalikan bola tersebut.

Untuk memastikan supaya lawan tidak bisa mengembalikan bola, anda perlu untuk mengarahkan bola ke area perainan lawan yang sulit untuk dijangkau. Selain itu anda juga perlu untuk memastikan supaya bola jatuh di kotak permainan lawan. Bila bola yang kita pukul jatuh di luar kotak permainan lawan, maka akan dinyatakan sebagai out dan lawan memenangkan poin.

2. Meraih Kemenangan

Tujuan permainan bola voli yang berikutnya ialah meraih kemenangan. Ya, sama seperti cabang olah raga lainnya, tujuan suatu tim bermain bola voli adalah untuk menang.

Suatu tim hanya bisa menorehkan prestasinya dengan meraih kemenangan di berbagai pertandingan dan kompetisi. Oleh sebab itu semua atlet dan tim bekerja keras dan berlatih secara rutin untuk mencapai kemenangan.

Oleh karena itu, memenangkan pertandingan adalah salah satu tujuan utama dari semua cabang olah raga, tidak terkecuali bola voli.

4 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Bola Voli

3. Meraih Prestasi

Selain untuk meraih kemenangan, tujuan permainan bola voli yang berikutnya adalah untuk menorehkan prestasi. Meraih prestasi adalah salah satu tujuan umum bagi setiap atlet maupun tim di cabang olah raga manapun.

Menorehkan prestasi tidak hanya membuat seseorang atlet atau tim menjadi lebih bangga dengan dirinya sendiri, tetapi juga bisa membanggakan orang tua, keluarga, dan juga daerah ataupun negaranya. Inilah yang menjadi salah satu motivasi utama seseorang ataupun tim ketika berlatih dan mengikuti pertandingan bola voli.

4. Menciptakan Solidaritas

Bola voli adalah salah satu olah raga tim. Permainan ini dimainkan oleh 6 pemain dan 4 cadangan. Anda tidak bisa memenangkan permainan bola voli hanya dengan satu orang saja. Oleh sebab itu, membangun solidaritas dan kerja sama tim yang baik adalah salah satu kunci untuk memenangkan pertandingan bola voli.

Latihan yang rutin adalah kunci dari membangun kerja sama tim yang solid serta solidaritas di dalam tim. Selain itu, dengan mengikuti semakin banyak pertandingan, para pemain juga memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan banyak orang lain dan membangun jaringan yang luas.

5 dari 6 halaman

Tujuan Permainan Bola Voli

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Tujuan permainan bola voli yang terakhir ialah untuk menjaga kesehatan tubuh. Sama seperti olah raga lainnya, bermain bola voli dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Selama permainan, para pemain dituntut untuk aktif menggerakkan berbagai anggota tubuh dan ototnya. Semakin rutin seseorang berolahraga dan melatih tubuh dan ototnya, maka semakin baik untuk kesehatan dirinya. Bermain voli bisa membantu seseorang untuk merenggangkan otot, memperlancar aliran darah, hingga menjaga kesehatan jantung.

Di samping itu, saat seseorang aktif bergerak, maka tubuhnya juga membakar lebih banyak kalori. Dengan demikian, berolahraga, termasuk bermain voli, bisa membantu seseorang untuk menjaga dan menurunkan berat badannya agar tetap ideal.

6 dari 6 halaman

Teknik Dasar Bola Voli

Untuk bermain bola voli, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu oleh para pemain. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar permainan bola voli tersebut:

1. Service

Service adalah pukulan bola di belakang garis lapangan untuk melewati net dan masuk ke kotak permainan lawan. Service dilakukan setiap awal pertandingan dan setelah pelanggaran dilakukan oleh pemain lawan.

2. Passing

Passing adalah pukulan yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengoper bola pada kawan di kotak permainannya sendiri.

3. Spike atau Smash

Sebuah serangan yang berupa pukulan keras dan terarah ke arah pertahanan musuh yang bertujuan untuk meraih poin.

4. Block

Salah satu cara bertahan dengan mencegah bola yang dipukul oleh lawan masuk ke area lapangan miliknya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS