Sukses

Pengertian Literasi Digital adalah Cakap Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti dari literasi digital? Memahami literasi digital adalah sama dengan melek teknologi untuk memudahkan komunikasi dan memperoleh informasi. Secara sederhana, pengertian literasi digital adalah kecakapan individu pada teknologi, informasi, dan komunikasi.

Hal ini ditegaskan dalam modul berjudul Kerangka Literasi Digital Indonesia yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pengertian literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

Contoh praktik literasi digital adalah masyarakat mulai memahami pentingnya melakukan investasi yang bukan sekadar membeli emas, membeli lahan, dan melakukan deposito di bank konvensional. Kemudian siswa dan mahasiswa yang melakukan sekolah daring, memanfaatkan internet dan aplikasi pendukung belajar online lainnya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang literasi digital, pengertian literasi digital menurut para ahli, manfaat literasi digital, prinsip literasi digital, dan contoh literasi digital, Selasa (19/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pengertian Literasi Digital adalah Cakap Teknologi, Informasi, dan Komunikasi

Memahami pengertian literasi digital adalah penguasaan pada kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan pentingnya literasi digital adalah membuat seseorang mampu berpiki lebih kritis, kreatif, dan inovatif.

Kemudian dengan pemahaman pengertian literasi digital adalah seseorang akan lebih mudah memecahkan masalah. Lalu, literasi digital adalah mampu berkomunikasi dengan lebih lancar, mampu berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

Dalam modul berjudul Kerangka Literasi Digital Indonesia yang dipublikasikan Kemdikbud, pengertian literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Tujuan dari kepemilikan sesuai pengertian literasi digital tersebut adalah untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat dan mengkomunikasikan konten atau informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Dalam buku berjudul Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) oleh Devri Suherdi, pengertian literasi digital adalah pengetahuan serta kecakapan dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya.

Pengertian literasi digital adalah kecakapan seseorang memanfaatkan media digital dengan kebijaksanaan. Bagaimana para ahli menjelaskan tentang pengertian literasi digital tersebut?

1. Pengertian Literasi Digital Menurut Paul Gilster

Pengertian literasi digital adalah kemampuan seseorang dalam memanfaatkan informasi dalam berbagai bentuk. Pengertian literasi digital adalah baik itu kemampuan memanfaatkan dari sumber dari perangkat komputer ataupun dari ponsel.

2. Pengertian Literasi Digital Menurut Douglas A.J. Belshaw

Pengertian literasi digital adalah bisa dijelaskan dengan delapan elemen literasi digital, yakni: 

- Kultural, pemahaman ragam konteks pengguna dunia digital 

- Kognitif, daya pikir dalam menilai konten 

- Konstruktif, reka cipta sesuatu yang ahli dan aktual

- Komunikatif, memahami kinerja jejaring dan komunikasi di dunia digital

- Kepercayaan diri yang bertanggung jawab

- Kreatif, melakukan hal baru dengan cara baru 

- Kritis dalam menyikapi konten 

- Bertanggung jawab secara sosial. 

3. Pengertian Literasi Digital Menurut Bawden 

Pengertian literasi digital adalah berakar pada literasi komputer dan informasi. Pengertian literasi digital adalah berkaitan dengan keterampilan teknis mengakses, merangkai, memahami, dan menyebarluaskan informasi. 

4. Pengertian Literasi Digital Menurut Mayes dan Fowler

Pengertian literasi digital adalah kompetensi digital yang menekankan pada keterampilan, pendekatan, perilaku, dan konsep. Selain itu, pengertian literasi digital adalah berhubungan dengan penggunaan digital itu sendiri yang memfokuskan pada pengaplikasian kompetensi digital.

3 dari 3 halaman

Manfaat, Prinsip, dan Contoh Literasi Digital

Apabila sudah memahami pengertian literasi digital adalah kecakapan memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi, berikutnya ketahui manfaat dan prinsip literasi digital.

Manfaat Literasi Digital:

Ada enam manfaat literasi digital yang dijelaskan dalam jurnal penelitian berjudul Manfaat Literasi Digital bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada saat Pandemi COVID-19 (2020) oleh Eti Sumiati.

1. Manfaat literasi digital adalah kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu.

2. Manfaat literasi digital adalah meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi.

3. Manfaat literasi digital adalah menambah penguasaan kosa kata individu, dari berbagai informasi yang dibaca.

4. Manfaat literasi digital adalah meningkatkan kemampuan verbal individu.

5. Manfaat literasi digital adalah dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu.

6. Manfaat literasi digital adalah menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

Prinsip Literasi Digital:

Ada empat prinsip literasi digital yang diungkap dalam jurnal penelitian berjudul Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital (2018) oleh Yudha Pradana.

1. Pemahaman

Maksud dari pemahaman pada prinsip literasi digital adalah masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan media, baik secara implisit ataupun eksplisit.

2. Saling Ketergantungan

Maksud dari pemahaman pada prinsip literasi digital adalah antara media yang satu dengan lainnya saling bergantung dan berhubungan. Media yang ada harus saling berdampingan serta melengkapi antara satu sama lain.

3. Faktor Sosial

Maksud dari pemahaman pada prinsip literasi digital adalah media saling berbagi pesan atau informasi kepada masayrakat. Karena keberhasilan jangka panjang media ditentukan oleh pembagi serta penerima informasi.

4. Kurasi

Maksud dari pemahaman pada prinsip literasi digital adalah masyarakat memiliki kemampuan untuk mengakses, memahami dan menyimpan informasi untuk dibaca di lain hari. Kurasi termasuk kemampuan bekerja sama untuk mencari, mengumpulkan serta mengorganisasi informasi yang dinilai berguna.

Contoh Literasi Digital:

Agar bisa lebih memahami tentang pengertian literasi digital, simak contoh praktik literasi digital yang ada di sekitar.

1. Contoh praktik literasi digital adalah siswa dan mahasiswa yang melakukan sekolah daring, memanfaatkan internet dan aplikasi pendukung belajar online lainnya.

2. Contoh praktik literasi digital adalah perusahaan yang melakukan meeting atau rapat secara online dengan aplikasi pendukung. Termasuk praktik bekerja dari rumah atau work from home dengan memanfaatkan koneksi internet dan perangkat komputer saja.

3. Contoh praktik literasi digital adalah masyarakat melakukan galang dana dan penyaluran galang dana secara online, didukung dompet digital dan mobile banking lainnya.

4. Contoh praktik literasi digital adalah masyarakat mulai mengerti bisnis online sama menjanjikannya dengan bisnis offline. Masyarakat mulai mau memanfaatkan aplikasi belanja online atau marketplace untuk mengembangkan usahanya.

5. Contoh praktik literasi digital adalah masyarakat mulai memahami pentingnya melakukan investasi yang bukan sekadar membeli emas, membeli lahan, dan melakukan deposito di bank konvensional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS