Sukses

Cara Membuat Antena TV Sendiri di Rumah, Modal Kawat dan Papan

Meski sudah beralih ke digital, antena TV masih dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat antena TV bisa dilakukan sendiri dengan alat dan bahan yang sederhana. Antena televisi dirancang khusus untuk menerima sinyal siaran dan mengirimkan gelombang bagus itu langsung ke layar. Cara membuat antena TV bisa jadi pilihan ketika ingin memasang TV.

Meski kini siaran sudah beralih ke digital, antena TV masih dibutuhkan. Ini karena antena berfungsi untuk menangkap sinyal. Ini sebabnya, cara membuat antena TV bisa sangat membantu.

Cara membuat antena TV bisa menjadi alternatif penangkap sinyal TV. Cara membuat antena TV bisa dicoba ketika antena rusak. Secara umum, cara membuat antena TV adalah dengan merangkai kawat tembaga, kayu, dan kabel sambungan ke TV.

Berikut cara membuat antena TV sendiri, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(13/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara kerja antena TV

Tujuan antena adalah untuk mencegat gelombang radio dari stasiun televisi yang diinginkan dan mengubahnya menjadi arus bolak -balik frekuensi radio kecil yang diterapkan ke tuner televisi, yang mengekstraksi sinyal televisi.

Melansir Science Focus, antena TV terbuat dari logam, sama seperti antena lainnya. Gelombang elektromagnetik yang membawa sinyal televisi menginduksi arus listrik kecil di antena. Pesawat televisi memperkuat sinyal dan memilih informasi yang membawa penglihatan dan suara.

Para insinyur menyebut antena TV sebagai 'array yagi'. Pelat logam di ujung array memantulkan sinyal kembali ke panjangnya. Struktur seperti batang paralel yang membentang di sepanjang antena ditempatkan secara khusus untuk mengoptimalkan kekuatan sinyal.

3 dari 5 halaman

TV digital tetap butuh antena

Melansir Indonesia Baik, siaran TV digital tetap butuh antena biasa (UHF) baik antena indoor maupun outdoor. Ada dua cara atau mekanisme untuk bisa menikmati siaram TV digital yakni dengan tetap menggunakan TV analog yang disambungkan dengan bantuan STB/dekoder atau menggunakan TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2.

Antena tetap dibutuhkan untuk menangkap sinyal. Sementara, STB/dekoder berguna untuk mengubah sinyal digital yang diterima antena menjadi sinyal analog untuk diteruskan ke pesawat TV analog. Ini sebabnya, meski kini siaran TV sudah beralih ke digital, antena adalah alat yang masih harus digunakan.

4 dari 5 halaman

Cara membuat antena TV

Berikut cara membuat antena TV dikutip dari WikiHow:

Alat dan bahan:

Papan kayu berukuran panjang 55 cm dengan spesifikasi of 2,5x7,5 cm atau 5x7,5 cm

Spidol atau pensil

Sekrup

Cincin washer

Kawat tembaga atau gantungan baju kawat berukuran 4,5 m

Dua jaring panggangan berukuran 38x23 cm

Balun

Kabel coax

Alat pemotong kabel

Obeng

Cara membuat antena TV:

1. Letakkan papan secara mendatar, buatlah garis dari kiri ke kanan di ukuran 5 cm, 18 cm, 30 cm, dan 45 cm. Gunakan spidol atau pensil.

2. Buatlah 2 tanda titik pada setiap garis secara merata.

3. Potong kawat tembaga menjadi 8 bagian. Setiap bagian harus berukuran panjang 35 cm.

4. Bengkokkan setiap bagian kawat. Setiap bagian harus dibengkokkan sehingga setiap sisi berukuran panjang 18 cm. Celah di antara setiap sisi harus berukuran panjang 7,5 cm. Setelah selesai, setiap kawat harus menyerupai bentuk "V".

5. Pasang kawat berbentuk “V” pada papan. Pasang bagian tengah (bagian yang bengkok) masing-masing kawat pada bagian yang diberi tanda titik di papan menggunakan sekrup dan cincin washer. Setelah selesai, setiap kawat berbentuk “V” akan memanjang keluar papan.

6. Buat jalinan 2 kawat pada papan.

7. Bagian kawat berbentuk “V” yang dibengkokkan harus saling bersilangan. Kawat tidak boleh saling bersentuhan. Pastikan setidaknya salah satu kawat yang dijalin memiliki sekat. Sekat berbahan vinil bisa digunakan.

8. Setelah selesai, kawat akan menyerupai 2 bentuk “X” yang menyambungkan antara kawat bagian pertama, kedua, ketiga, dan keempat, secara berurutan. 2 garis mendatar harus menyambungkan bentuk “X” antara bagian kedua dan ketiga pada kawat berbentuk “V”

9. Pasang reflektor (jaring panggangan) pada papan. Kedua reflektor harus terpasang secara merata pada bagian belakang papan. Masing-masing reflektor harus berukuran 38x23 cm.

10. Gunakan sekrup untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Reflektor tidak boleh menyentuh kawat berbentuk “V”.

11. Pasang balun pada 2 bagian tengah kawat. Balun merupakan transformator yang dapat dibeli melalui internet atau toko elektronik. Ikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan balun.

12. Pasang antena pada televisi HD. Gunakan kabel coax, yang bisa dibeli melalui internet atau toko elektronik. Ikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan kabel coax.

5 dari 5 halaman

Beda TV analog dan TV digital

Melansir Difference in Between, perbedaan utama antara kedua jenis ini adalah dengan sinyal yang dapat mereka proses. TV Analog dibatasi untuk sinyal analog sementara TV Digital dapat memproses sinyal digital dan sinyal analog.

Karena TV analog hanya dapat memproses sinyal analog, TV analog juga cukup rentan terhadap masalah yang dialami sinyal analog. Masalah seperti noise, interferensi, dan bahkan tampilan terdistorsi sangat umum di TV analog. Meskipun TV digital masih dapat terpengaruh oleh masalah ini jika sinyalnya juga analog, beralih ke sinyal digital hampir menghilangkannya.

Perbedaan lainnya adalah transmisi TV digital mendukung format rasio aspek layar lebar (16:9). Ini cocok dengan rasio aspek sebagian besar TV digital dan HDTV, yang lebih menyerupai bentuk layar film. Ini memungkinkan penggunanya untuk menonton film seperti yang diinginkan pembuat film. Anda melihat lebih banyak aksi dalam satu bidikan kamera selama acara olahraga, seperti melihat seluruh panjang lapangan sepak bola tanpa terlihat seperti jauh dari kamera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.