Sukses

Entrepreneur Adalah Individu yang Menciptakan Bisnis Baru, Ini Penjelasan Lengkapnya

Entrepreneur adalah seseorang yang melakukan proses menciptakan sesuatu yang baru agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian entrepreneur adalah individu yang bisa menciptakan bisnis yang baru, bersedia menanggung sebagian besar risiko, dan sebagai imbalannya bisa menikmati sebagian besar keuntungannya.

Pengertian lain dari entrepreneur adalah seseorang yang melakukan proses menciptakan sesuatu yang baru agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Perlu digaris bawahi bahwa entrepreneur artinya tak harus berarti bisa menemukan sesuatu hal yang baru. Namun bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.

Ciri-ciri seorang entrepreneur adalah memiliki keberanian, ide-ide yang cemerlang, hingga mempunyai keinginan untuk menghadirkan inovasi. Inilah yang menjadi dasar kesuksesan seorang entrepreneur dalam sebuah bisnis.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian entrepreneur menurut para ahli beserta ciri-ciri dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (30/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Secara umum, entrepreneur adalah seseorang yang mengembangkan bisnis baru dengan berbagai inovasi. Berikut ini terdapat sejumlah pendapat lain mengenai pengertian entrepreneur menurut para ahli, antara lain:

Zimmerer dkk

Entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan.

Dun Steinhoff dan John F. Burgess

Entrepreneur adalah orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang  berusaha.

Kathleen

Entrepreneur adalah seseorang yang mengatur, menanggung, dan menjalankan usahanya diatas segala resiko bagi pekerjaan.

Arif F Hadipranata

Entrepreneur adalah seseorang yang mampu pengambil resiko yang diperlukan dalam mengelola, mengatur, dan menerima keuntungan finansial.

Heflin

Entrepreneur adalah mereka yang selalu bekerja keras dan kreatif untuk mencari peluang bisnis, mendayagunakan peluang yang diperoleh, dan kemudian merekayasa penciptaan alternatif sebagai peluang bisnis baru dengan faktor keunggulan.

Andrew J Dubrin

Entrepreneur adalah seseorang yang mampu mendirikan dan menjalankan usahanya dengan cara yang inovatif.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Seorang Entrepreneur

1. Optimis

Entrepreneur adalah berani bermimpi dan percaya hal itu bisa diwujudkan.

2. Fokus pada tujuan

Fokus pada tujuan adalah karakter entepreneur dan tidak mudah terdistraksi oleh hal lain di luar tujuan awal.

3. Berpikir terbuka

Entrepreneur adalah individu yang berpikir terbuka dan dinamis sehingga lebih peka pada perubahan. Terkadang, entepreneur adalah mereka yang berpikir di luar kebiasaan atau out of the box.

4. Berani mengambil risko

Mengambil risiko adalah karakter lain dari entrepreneur karena mereka tak terbiasa berada di zona nyaman.

5. Problem solving

Ini karena entrepreneur adalah harus mempu menganalisa dan menyelesaikan masalah.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Entrepreneur

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis entrepreneur yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Wirausaha Ahli (Craftman)

Wirausaha ahli merupakan seseorang yang memiliki suatu ide dengan ingin mengembangkan proses praproduksi hingga ke sistem produksi. Wirausaha ahli ini biasanya seseorang yang bekerja pada sebuah perusahaan besar kemudian memutuskan untuk keluar sebagai pegawai dan memulai bisnisnya sendiri.

2. The Promoter

Adalah seorang individu yang tadinya mempunyai latar belakang pekerjaan sebagai sales atau bidang marketing yang kemudian mengembangkan perusahaan sendiri.

3. General Manager

General manajer adalah seorang individu ideal yang secara sukses bekerja pada sebuah perusahaan, dia banyak menguasai keahlian bidang produksi, pemasaran, permodalan dan pengawasan.

Sedangkan menurut Ciputra, terdapat empat kategori entrepreneur, yaitu sebagai berikut:

1. Business Entrepreneur

Business entrepreneur adalah orang-orang yang memiliki daya wirausaha namun mempraktikannya diperusahaan milik orang lain.

2. Government Entrepreneur

Adalah seorang atau kelompok orang yang memimpin serta mengelola lembaga negara atau instansi pemerintahan dengan jiwa dan kecakapan wirausaha.

3. Social Entrepreneur

Yaitu para pendiri organisasi-organisasi sosial kelas dunia yang menghimpun dana masyarakat untuk melaksanakan tugas sosial yang mereka yakini.

4. Academic Entrepreneur

Ini menggambarkan akademisi yang mengajar atau mengelola lembaga pendidikan dengan pola dan gaya entrepreneur sambil tetap menjaga tujuan mulia pendidikan.

5 dari 5 halaman

Cara Menjadi Entrepreneur Sukses

Berikut cara dasar yang harus diketahui dan dipahami bila ingin menjadi entrepreneur sukses, diantaranya:

1. Harus Bisa Mengatur Waktu

Ketika mau memulai sebuah bisnis, berarti Anda harus mempersiapkan banyak hal dengan lebih cermat dan detail. Jika Anda masih suka telat ke kantor, mengerjakan tugas selalu molor dari deadline, maka secara skill manajemen waktu, Anda belum siap menjadi seorang entrepreneur. Sebab, entrepreneur merupakan orang yang bekerja secara mandiri tanpa ada patokan waktu yang jelas dan baku, karena setiap saat adalah waktu kerja. Oleh karena itu, penting memiliki kemampuan time management yang baik, agar pekerjaan terselesaikan dengan maksimal.

2. Disiplin dalam Segala Hal

Keterampilan dasar yang tak kalah penting bila ingin menjadi entrepreneur sukses adalah kemampuan untuk berdisiplin. Sebab, dengan disiplin, maka pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan bisa selesai sesuai dengan waktu yang direncanakan dan ditetapkan.

3. Punya Motivasi yang Kuat

Menjalankan bisnis yang baru tanpa adanya dorongan motivasi yang kuat tak akan mampu berjalan lama. Terlebih lagi, masa-masa awal merupakan masa terberat ketika membangun bisnis. Jika motivasi lemah, bisa-bisa bisnis tersebut hanya tinggal bayangan. Maka dari itu, penting memiliki motivasi yang kuat sebelum memulai sebuah bisnis. Keduanya harus berjalan bersama. Jangan hanya karena ingin mengikuti tren masa kini, Anda menjerumuskan diri dan coba-coba berbisnis. Boleh-boleh saja Anda termotivasi oleh lingkungan sekitar, tapi menguatkan motivasi dalam diri itu lebih penting.

4. Fokuslah pada Tujuan Awal

Bila dalam bayangan Anda bahwa menjalankan bisnis itu mudah, maka berarti yang Anda lihat hanya sebagian kecilnya saja. Di balik itu, ada jalan terjal yang harus dilalui untuk mencapai kesuksesan, mulai dari rasa bosan ketika menjalankan bisnis sehingga muncul rasa putus asa dan ingin menyerah saja. Jika Anda kalah ketika melalui tantangan tersebut, maka puncak kesuksesan berbisnis tak akan dapat Anda peroleh. Sebab itu, penting untuk tetap fokus disertai kegigihan dalam berusaha. Teruslah ingat apa tujuan utama Anda membangun bisnis, lalu kembali ke fokus utama dan jangan terjebak arus yang akan menghancurkan semangat dalam berbisnis.

5. Kembangkan Kemampuan Komunikasi

Ketika menjalankan bisnis, komunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk membantunya berkembang. Untuk itu penting agar Anda memiliki skill untuk menjalin komunkasi yang baik dengan siapa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.