Sukses

8 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita Tanpa Olahraga, Ampuh dan Aman Dilakukan

Kumpulan cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki perut yang besar karena penumpukan lemak atau buncit pada wanita sangat menggangu penampilan. Selain itu, masalah perut buncit wanita bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga? Cara mengecilkan perut buncit pada wanita bisa dilakukan tanpa olahraga dengan mengatur pola makan lebih baik dan sehat.

Seperti mengunyah perlahan, makan porsi kecil, konsumsi lebih banyak protein-serat, dan masih banyak lagi. Meski cara mengecilkan perut buncit pada wanita tersebut sudah terbukti aman menurut penelitian, tetapi belum cukup ampuh.

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga agar bisa lebih maksimal dan ampuh, seimbangkan dengan aktivitas fisik seperti olahraga. Selain lebih ampuh, olahraga akan membuat proses diet lebih sehat dilakukan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga yang ampuh dan aman, Senin (30/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita Tanpa Olahraga

1. Tidur yang Cukup

Tidur dengan durasi yang cukup dan kualitas yang baik adalah cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga. Dalam sebuah studi tahun 2016, para peneliti di King's College London menemukan hubungan antara kurang tidur dan mengonsumsi kalori ekstra.

Dalam penelitian berjudul Short sleep duration is associated with reduced leptin, elevated ghrelin, and increased body mass index oleh Shahrad Taheri, dkk diungkap kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan leptin dan ghrelin. Hormon lain, kortisol, meningkat saat stres.

Secara khusus, mereka menemukan orang yang tidak cukup tidur makan rata-rata 385 kkal lebih banyak per hari daripada orang yang cukup tidur. Cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga ini, lakukan dengan memenuhi waktu tidur yang direkomendasikan para ahli, yakni 8 jam perhari bagi orang dewasa.

2. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga adalah jangan ragu untuk mulai teratur mengonsumsi cukup air putih setiap harinya. Minum air putih dapat membantu seseorang makan lebih sedikit dan membantu menghilangkan lemak di perut, terutama jika meminumnya sebelum makan.

Dalam penelitian berjudul Water consumption increases weight loss during a hypocaloric diet intervention in middle-aged and older adults oleh Elizabeth A Dennis, dkk menemukan bahwa orang dewasa yang minum setengah liter (17 ons) air sekitar 30 menit sebelum makan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori.

Penelitian tentang cara mengecilkan perut buncit pada wanita tanpa olahraga ini dibuktikan oleh peserta yang minum air sebelum makan kehilangan berat badan 44% lebih banyak selama periode 12 minggu dibandingkan dengan mereka yang tidak.

3. Mengonsumsi Lebih Banyak Protein

Cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga adalah cobalah dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein memiliki efek kuat pada nafsu makan. Dalam sebuah studi, ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu makan lebih sedikit kalori.

Hal yang sama diungkap dalam penelitian berjudul A high-protein diet induces sustained reductions in appetite, ad libitum caloric intake, and body weight despite compensatory changes in diurnal plasma leptin and ghrelin concentrations oleh David S Weigle, dkk.

Pada studi tersebut ditemukan peningkatan asupan protein dari 15% menjadi 30% kalori membantu peserta makan 441 kalori lebih sedikit per hari dan kehilangan 11 pon selama 12 minggu, rata-rata, tanpa sengaja membatasi makanan apa pun.

4. Mengonsumsi Lebih Banyak Serat

Cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga adalah mulailah dengan makan makanan kaya serat. Ini karena makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan membantu mengurangi lemak di perut.

Dalam studi berjudul The effect of fiber on satiety and food intake: a systematic review oleh Michelle J Clark, dkk dapat ditunjukkan bahwa satu jenis serat, serat kental, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan berlebihan.

3 dari 3 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita Tanpa Olahraga

5. Kurangi Konsumsi Gula

Cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga adalah mulailah mengurangi konsumsi minuman bergula. Gula yang ditambahkan dalam minuman saat ini masih menjadi satu-satunya hal terburuk dalam diet seperti pengurangan lemak perut.

Dalam beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, terungkap minuman manis seperti soda telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit.

Cobalah cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga dengan mengonsumsi minuman sehat seperti air putih, kopi sedikit gula, dan teh hijau. Begitu pula bisa ganti dengan mengonsumsi buah yang kaya kandungan air.

6. Makan dengan Porsi Lebih Sedikit

Cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga adalah mulailah menyajikan sendiri porsi makanan yang lebih sedikit atau kecil.

Dalam beberapa penelitian yang sudah pernah dilakukan, terungkap bahwa porsi makanan yang lebih besar mendorong orang untuk makan lebih banyak dan telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan obesitas.

Satu studi berjudul Portion size of food affects energy intake in normal-weight and overweight men and women oleh Barbara J Rolls, dkk diungkap menggandakan ukuran makanan pembuka makan malam meningkatkan asupan kalori sebesar 30%.

Selain itu, cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga bisa dilakukan dengan memilih piring yang kecil agar porsinya bisa konsisten sedikit.

Hal ini diungkap dalam sebuah penelitian berjudul Ice cream illusions bowls, spoons, and self-served portion sizes oleh Brian Wansink, dkk dijelaskan piring yang lebih besar dapat membuat porsi terlihat lebih kecil, sehingga manusia harus menambahkan lebih banyak makanan.

7. Mengunyah dengan Teliti

Cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga adalah mulailah dengan kebiasaan mengunyah makanan dengan teliti dan perlahan. Otak manusia membutuhkan waktu untuk memahami bahwa tubuh sudah cukup makan.

Dalam penelitian berjudul Improvement in chewing activity reduces energy intake in one meal and modulates plasma gut hormone concentrations in obese and lean young Chinese men oleh Jie Li, dkk, dijelaskan mengunyah makanan perlahan membuat penurunan asupan makan dan ini baik untuk diet seperti mengurangi lemak di perut.

Hasil penelitian tersebut dan penelitian lainnya sesuai review Health Line, mengunyah makanan secara menyeluruh atau perlahan sebagai cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga, membuat manusia makan lebih lambat.

Hal tersebut dikaitkan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan ukuran porsi yang lebih kecil meningkatkan kemungkinan lemak di perut berkurang yang artinya perut buncit hilang pelan-pelan.

Mengunyah makanan dengan terburu-buru menurut studi memungkinkan terjadinya kenaikan berat badan. Hal ini diungkap dalam penelitian berjudul Association between eating rate and obesity: a systematic review and meta-analysis oleh T Ohkuma, dkk.

Dalam tinjauan dari 23 studi observasional dilaporkan bahwa pemakan cepat lebih mungkin untuk menambah berat badan daripada pemakan lambat. Cobalah cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga ini dengan menghitung berapa kali mengunyah dalam setiap gigitan.

8. Menghindari Menyimpan Makanan Tidak Sehat

Cara mengecilkan perut wanita tanpa olahraga adalah mulailah menghindari menyimpan makanan yang tidak sehat. Mengapa demikian?

Hal ini diungkap dalam studi berjudul Home environment and psychosocial predictors of obesity status among community-residing men and women oleh C F Emery, dkk.

Menyimpan makanan tidak sehat di tempat yang terlihat dapat meningkatkan rasa lapar dan mengidam, ini berisiko meningkatkan berat badan dan bikin lemak perut semakin menumpuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.