Sukses

Doa Memohon Rezeki di Hari Raya, Amalkan Saat Lebaran

Berdoa memohon rezeki merupakan sebagian dari usaha.

Liputan6.com, Jakarta Idul Fitri merupakan momen bersuka cita bagi seluruh umat Islam. Pada hari ini, pintu maaf dibuka dan segala berkah mengalir deras. Tak jarang, Idul Fitri adalah momen berbagi kebaikan untuk sanak saudara.

Di hari yang suci ini, salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah berdoa. Doa yang bisa dibaca adalah doa memohon rezeki di hari raya. Berdoa memohon rezeki merupakan sebagian dari usaha. Karena Idul Fitri merupakan hari yang istimewa, berdoa di hari ini bisa mendatangkan keberkahan.

Ada banyak doa yang bisa dipanjatkan untuk memohon rezeki di hari raya. Berikut doa memohon rezeki di hari raya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makna hari raya Idul Fitri

Idul fitri berasal dari dua kata "id" dan "al-fitri". Id secara bahasa berasal dari kata aada – ya’uudu, yang artinya kembali. Hari raya disebut ‘id karena hari raya terjadi secara berulang-ulang, dimeriahkan setiap tahun, pada waktu yang sama. Sementara kata fitri memiliki dua makna yang berbeda menurut beberapa pendapat. Kata fitri bisa berarti "berbuka puasa" dan "suci".

Idul Fitri dapat dijabarkan dengan hari raya kemenangan dimana umat muslim merayakannya dengan kembali "buka puasa" atau makan. Oleh karena itulah salah satu sunah sebelum melaksanakan shalat Idul Fitria dalah makan atau minum walaupun sedikit. Hal ini untuk menunjukkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 syawal itu waktunya berbuka dan haram untuk berpuasa.

Makna Idul Fitri juga dapat digambarkan sebagai kembalinya seseorang kepada keadaan suci, atau keterbebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga berada dalam kesucian atau fitrah.

3 dari 7 halaman

Doa menyambut Hari Raya Idul Fitri

Doa pertama

" Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau Turunkan kepadaku."

"Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim."

Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia."

Doa kedua

"Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair."

Artinya: "Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah!"

4 dari 7 halaman

Doa memohon rezeki di hari raya

Allahumma robbanaa anzil ‘alainaa maa’idatan minnassamaa’I takuunu lanaa ‘iidalli’awwalinWa ‘akhirina wa ‘ayatan minka warzuqna wa anta khoirurrooziqin.

Artinya: Ya Tuhan kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, beri rezekilah lagi dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.

5 dari 7 halaman

Doa memohon rezeki berlimpah

Doa pertama

Rabbana anzil 'alaina ma'idatam minas sama'i takunu lana 'idal li' awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Artinya: " Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama."

Doa kedua

Allahumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halalan wasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wala masyaqqotin wala dhoirin wala nashobin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: " Ya Allah, aku minta pada Engkau agar melimpahiku rizki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

Doa ketiga

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wa syifaa-an min kulli daa-in.

Artinya: “ Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

6 dari 7 halaman

Doa mencegah rasa kekurangan dan menarik rezeki

Doa mencegah rasa kekurangan

Allahumma Ikfina bikhalalika 'an kharamika wa bitho'atika 'an ma'shiyatika wa bi fadllika 'amman siwaka.

Artinya: " Ya Allah, cukupilah kami dengan yang halal sehingga kami tidak menyentuh yang haram, dengan ketaatan kepada-Mu, sehingga kami tidak mendekati kedurhakaan dan dengan anugerah-Mu, sehingga kami tidak menoleh kepada selain Engkau."

Doa menarik rezeki

Rabbi inni lima anzalta ilayya min khoirin faqir.

Artinya: " Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau Turunkan kepadaku."

7 dari 7 halaman

Makna bulan Syawal

Syawal adalah bulan ke 10 dalam kalender Islam setelah bulan suci Ramadhan. Hari pertama di bulan Syawal dirayakan sebagai Idul Fitri. 'Syawal'—berasal dari kata Arab Sawaal yang berarti 'dibesarkan'. Syawal berarti naik atau meninggi.

Pada bulan Syawal ini, kedudukan dan derajat kaum Muslimin meninggi di sisi Allah SWT karena telah melewati bulan ujian dan ibadah selama Ramadan. Diyakini, penamaan Syawal diberikan untuk menandakan waktu tahun di mana unta betina akan mengandung bayinya. Ini merupakan simbol kehidupan baru dan pembaruan setelah sebulan pembersihan spiritual.

Syawal adalah bulan pertama dari tiga bulan (sebelum bulan Dzulhijjah) di mana beberapa amalan haji dapat dimulai. eriode haji juga dimulai pada bulan Syawal, yang disebut juga dengan Asyhur Al-Hajj atau bulan-bulan haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.