Sukses

18 Rekomendasi Wisata di Puncak Bogor untuk Anak, Pasti Bagus dan Murah

Simak rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak.

Liputan6.com, Jakarta Ingin mengisi waktu libur bersama anak di kawasan Puncak Bogor tak perlu pusing-pusing lagi. Ada sekitar delapan belas rekomendasi wisata di Puncak Bogor untuk anak yang bisa dikunjungi.

Tarif atau biaya masuk ke kawasan rekomendasi wisata di Puncak Bogor untuk anak hanya dibanderol dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribu saja. Seperti apa tempat wisata untuk anak itu?

Rekomendasi wisata di Puncak Bogor untuk anak mayoritas menawarkan wisata edukasi, mulai dari tempat penangkaran hewan, taman, perkebunan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, anak bisa outbound dengan bermain air di rekomendasi wisata di Puncak Bogor untuk anak berupa Curug. Tertarik mengunjungi rekomendasi wisata di Puncak Bogor untuk anak ini?

Berikut Liputan6.com ulas delapan belas rekomendasi wisata di Puncak Bogor untuk anak yang pasti bagus dan murah meriah, Kamis (24/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata di Puncak Bogor untuk Anak

1. Tirta Sanita Ciseeng

Tempat wisata di Bogor Tirta Sanita Ciseeng bisa dikunjungi untuk anak-anak. Rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini berada di daerah Parung yang menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami.

Rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang murah ini, airnya mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Sementara rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu.

2. Telaga Warna

Telaga Warna merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang menawarkan keindahan telaga sejuk dan asri. Telaga ini dapat berubah warna dengan sendirinya setiap saat.

Warna telaga rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini terkadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Secara ilmiah, perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Pengunjung yang membawa anak bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

3. Taman Safari Indonesia

Taman Safari merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia. Termasuk satwa langka seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.

Taman Safari merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang murah dan menjadi kebanggaan Indonesia. Taman Safari berlokasi di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak Taman Safari ini sudah berstandar Internasional, lho. Di sini pengunjung yang membawa anak bisa berkeliling menggunakan mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan pengelola Taman Safari. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan.

4. Istana Bogor

Istana kepresidenan ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor. Kini Istana Bogor digunakan sebagai tempat kediaman Presiden Joko Widodo sekaligus digunakan untuk menyambut tamu dari negara lain. Ini rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak.

Istana ini dikenal unik dengan kehadiran rusa-rusa yang dipelihara di halaman istana, maka cocok untuk anak-anak bukan?

Pada waktu dan kesempatan tertentu, masyarakat umum bisa masuk mengunjungi istana ini. Selain menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung yang membawa anak bisa menikmati keasrian taman dan memberi makan rusa yang dipelihara di sana.

5. Curug Cibeureum

Curug Cibeureum apabila diartikan memiliki makna air terjun sungai merah. Warna merah di tempat wisata di puncak Bogor yang murah ini disebabkan oleh lumut merah yang tumbuh di tebing.

Rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini menawarkan kesejukan air terjun dengan pemandangan alam yang sejuk dan memesona. Curug Cibeureum terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

 

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata di Puncak Bogor untuk Anak Selanjutnya

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas berada di Sindanglaya, Cipanas, Cianjur. Ini rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang terkenal dengan pohon sakuranya. Bunga yang identik dengan warna pink dari rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini sudah ditanam sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Kurang lebih ada 435 pohon bunga Sakura yang dapat kamu temukan di tempat wisata di puncak Bogor yang murah ini. Lokasinya dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango. Bunga sakura bisa dinikmati pada sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus, jangan ragu membawa anak-anak mengunjunginya ya!

7. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Penangkaran Rusa Cariu Bogor merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak, biaya masuknya murah meriah. Di sini pengunjung pengunjung yang membawa anak tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu​ adalah taman penangkaran hewan rusa yang dikelola oleh Perhutani.

8. Curug Panjang

Curug Panjang adalah rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang terletak di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor. Tempat wisata di puncak Bogor yang murah ini cukup unik karena memiliki bentuk air terjun yang memanjang seperti seluncuran. Suasana di curug ini sangat sejuk dan asri karena berada di lereng Gunung Paseban.

9. Warso Farm Puncak Bogor

Warso Farm Puncak Bogor merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak berupa kawasan pertanian lokal dengan tur edukasi. Kawasan wisata yang cocok untuk anak ini dikenal dengan perkebunan durian dan buah naganya. Warso Farm Puncak Bogor bahkan menawarkan wisata petik durian sendiri, anak-anak pasti senang sekali!

10. Kebun Wisata Inkarla Cipanas

Kebun Wisata Inkarla Cipanas berada di Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak satu ini menawarkan pemandangan pegunungan serta kenyamanan pondok penginapan disertai dengan berbagai jenis tanaman hias dan bunga potong. Di wisata puncak Bogor ini terdapat berbagai jenis tanaman dengan bunga-bunga yang bermekaran indah. Jangan ragu membawa anak ke sini, ya.

11. Curug Kembar

Curug Kembar merupakan kawasan Perhutani yang banyak ditanami tumbuhan kopi. Ini rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang murah dan dinamakan Curug Kembar karena memiliki dua aliran yang berbeda dan jatuh di kolam yang sama. Kolam Curug Kembar tidak terlalu dalam, hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja. Kolam ini sangat cocok untuk bermain bagi anak-anak atau wisatawan yang kurang mahir berenang.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata di Puncak Bogor untuk Anak Lainnya

12. Gunung Pancar

Gunung pancar merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang cocok untuk piknik di tengah alam. Tempat wisata di puncak Bogor ini tepatnya di Sentul, Bogor berupa merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Untuk retribusinya cukup merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah pada hari biasa dan 7.500 rupiah pada hari minggu dan sabtu. Bagaimana, tertarik dengan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini?

13. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak berupa taman indah tematik pertama di Indonesia. Ada lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya di taman ini, cocok untuk edukasi anak.

Di destinasi wisata Puncak Bogor ini ada taman-taman dengan tema tertentu. Taman Mediterania yang memiliki koleksi kaktus dan tanaman yang bisa tumbuh di hamparan pasir putih.

Selain itu, ada Taman Bali yang bernuansa seperti di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar berbagai warna, Taman Air dengan berbagai jenis bunga teratau, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang bisa kamu jelajahi.

14. Curug Hordeng

Curug rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini dinamai Curug Hordeng karena aliran air terjunnya mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai. Dalam bahasa Sunda berarti tirai penutup jendela. Keistimewaannya rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter.

15. Telaga Biru Cipanas

Telaga Biru Cipanas merupakan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang berlokasi di Sindangjaya, Cipanas, Cianjur. Wisata Puncak satu ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Warna air di rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini bisa berubah dari biru, hijau bahkan terkadang coklat kemerahan.

16. Gunung Mas

Destinasi wisata Puncak Bogor dengan pemandangan yang indah datang dari hamparan perkebunan teh. Selain kebun teh, ada juga penginapan di dalamnya.

Pengunjung bisa menemukan area perkemahan, gantole, dan berkuda di dalam kawasan rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini.

Agrowisata Gunung Mas ini berada di antara Masjid At-Ta’awun dan Taman Safari Indonesia. Di sini pengunjung akan diajak berkeliling kebun teh dan melihat proses pemetika daun teh, cocok untuk wisata edukasi anak.

17. Curug Cibaliung

Tak hanya Taman Wisata Gunung Pancar, Karang Tengah juga punya rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak berupa curug cantik. Inilah Curug Cibaliung yang berair biru jernih dan sejuk. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat wisata di puncak Bogor yang murah ini. Tarif masuknya Rp10 ribu saja

18. Kebun Raya Bogor

Berwisata ke Bogor tak lengkap jika tak mengunjung Kebun Raya Bogor. Ini rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak yang memiliki luas 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Tempat wisata ini sudah ada sejak pemerintahan Sri Baduga Maharaja dari Kerajaan Sunda, lho. Masuk ke Kebun Raya Bogor, pengunjung hanya perlu membayar Rp 15 ribu. Salah satu daya tarik utama rekomendasi wisata di puncak Bogor untuk anak ini adalah bunga bangkai yang merupakan bunga majemuk terbesar di dunia.

Selain melihat koleksi bunga lokal dan berbagai negara, di sini pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengunjungi pusat-pusat keilmuan seperti Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan Perpustakaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.