Sukses

6 Contoh Surat Pribadi dan Cara Membuatnya yang Benar

Surat pribadi harus ringkas, jelas, sederhana, dan sopan.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu surat pribadi? Memahami surat pribadi adalah dibuat perseorangan dan tidak resmi. Bagaimana cara membuat dan contoh surat pribadi yang benar?

Cara membuat dan contoh surat pribadi bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pengakuan dan pemberitahuan. Misalnya perasaan cinta, kerinduan karena lama tidak bersua, dan lain sebagainya.

Ahli dalam bidang ini, Hidayat & Jumiatin (2016) menjelaskan ada empat prinsip pembuatan surat pribadi. Cara membuat surat pribadi adalah harus ringkas, jelas, sederhana, dan sopan.

Berikut Liputan6.com ulas contoh surat pribadi untuk guru, orang tua (ayah atau ibu), teman, nenek, saudara, dan lain-lain, Senin (21/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Surat Pribadi dan Prinsipnya

Cara membuat surat pribadi harus dimulai dengan memahami prinsip-prinsipnya. Pengertian surat pribadi yang dibuat perseorangan dan tidak resmi, dalam pembuatannya tidak memerlukan kop surat dan nomor surat.

Ahli dalam bidang ini, Hidayat & Jumiatin (2016) menjelaskan ada empat prinsip pembuatan surat pribadi. Cara membuat surat pribadi adalah harus ringkas, jelas, sederhana, dan sopan.

Priansa & Garnida (2015) menjelaskan ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan agar surat pribadi menjadi surat yang efektif.

Berikut cara membuat surat pribadi:

1. Teknik Penyusunan

Surat harus disusun dengan teknik penyusunan surat yang benar, yaitu:

- Penyusunan letak bagian-bagian surat.

- Pengetikan benar, jelas, bersih dan rapi.

- Pemakaian kertas sesuai dengan kepentinga.

2. Isi Surat

Isi surat harus dinyatakan secara ringkas, jelas, dan eksplisit. Maka penerima surat akan memahami isi surat dengan tepat dan tidak ragu-ragu, dan pengirim surat mendapatkan jawaban secara tepat, seperti yang dikehendaki.

3. Bahasa

Bahasa yang digunakan hendaklah bahasa yang benar dan baku sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Bahasa surat haruslah logis, wajar, hemat, cermat, sopan, dan menarik.

3 dari 4 halaman

Contoh Surat Pribadi yang Benar

1. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Cara membuat surat untuk guru apabila tujuannya urusan pribadi harus disesuaikan dengan contoh surat pribadi untuk guru.

Contoh surat pribadi untuk guru bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pemberitahuan.

Bagaimana contoh surat pribadi untuk guru yang dimaksudkan? Ini contoh surat pribadi untuk guru:

Bandung, 1 Juli 2022

Teruntuk Guruku Tersayang, Ibu Andriani S.Pd

Di Tempat

Salam (…)

Ibu Andirani guruku tersayang, bagaimana kabar ibu? Saya berharap semoga ibu sekeluarga diberikan rahmat oleh Yang Maha Kuasa, dilancarkan segala urusannya dan sehat selalu sampai saya bisa sukses dan membahagiakan Ibu.

Ibu Rahma Anita, tujuan saya menyampaikan surat ini karena ada kabar bahagia yang harus ibu ketahui. Pertama, saya lulus seleksi perguruan tinggi negeri yang saya inginkan. Iya bu, saya lulus seleksi di Universitas Indonesia, Jakarta. Semua ini tidak akan terjadi tanpa bimbingan dan dukungan ibu.

Kabar baik kedua, saya memperoleh beasiswa Bidik Misi. Jadi, saya tetap bisa kuliah tanpa membebani orang tua bu. Terima kasih karena dulu Ibu memberikan saya saran dan membimbing proses pendaftaran dari awal hingga akhir.

Ketiga, dalam jangka waktu dekat ini. Saya dan teman-teman berniat mengunjungi ibu di rumah. Kami berniat untuk tetap menjalin silaturahmi, walaupun sudah lulus dari SMA Negeri 14 Bandung.

Ibu, sekali lagi terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena telah membimbing dan mengantarkan kami pada pintu gerbang kesuksesan.

Keempat, ibu ingat lomba puisi beberapa waktu yang lalu? Saya menjadi juara, tidak tahu bagaimana jadinya jika waktu itu ibu tidak memilihkan tema yang tepat dan membimbing bagaimana cara menulis puisi yang baik dan benar.

Walau saat ini saya dan teman-teman belum bisa membalas kebaikan Ibu. Sebagai gantinya ada sedikit hadiah dari saya dan teman-teman. Tidak mahal Bu, tapi kami tulus memberikannya sebagai apresiasi perjuangan dalam mendidik kita selama ini.

Sekian dari saya bu, salam (…)

Murid tersayang,

Maria

2. Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Cara membuat surat untuk teman sepenuhnya memuat urusan pribadi sesuai contoh surat pribadi yang akan diulas kali ini.

Contoh surat pribadi untuk teman bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pengakuan. Misalnya perasaan cinta, kerinduan karena lama tidak bersua, dan lain sebagainya.

Bagaimana contoh surat pribadi untuk teman yang dimaksudkan? Ini contoh surat pribadi untuk teman:

Surakarta, 7 Desember 2022

Teruntuk teman masa kecilku,

Caca

Di tempat

Hidup Sipil!

begitulah slogan jurusan ku, terdengar tangguh bukan ? haha kamu harus mendengarnya secara langsung kapan-kapan, pasti kamu kaget sejak kita terpisahkan oleh jarak karena masuk PTN yang berbeda, seringkali kita jadi sibuk masing-masing, dan fokus pada mimpi kita masing-masing, tapi tentunya aku sering tiba-tiba kangen masa-masa belajar dan nongkrong kamu, nurul. 

Udah gak berasa ya emang, kita udah enggak ketemu 4 tahun seandainya kita satu pulau pasti kita udah meet up dari kapan tau haha. Aku sangat senang waktu aku mendapat surat dari kamu, pasti kamu gak percaya, tapi begitu kenyataannya.

Saat ini akupun juga lagi skripsi dan mempersiapkan diri untuk sidang akhir, mungkin beberapa minggu lagi. Namun saat ini belum ada tanggal pastinya, aku akan mengabarimu jika jadwal sidangku sudah keluar, biar kamu juga doain aku, masa aku doang yang doain sidang kamu hahaha.

Semoga skripsimu lancar dan sidangmu juga ya, aku tahu banget si orang kayak kamu gak mungkin gak lancar jawabnya pas sidang, karena kamu tipe pekerja keras, tapi aku tetap ingin mendoakan yang terbaik buat kamu. 

Salam dari yang lebih manis dari yang termanis dan sampai bertemu ya,

Vera.

3. Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Cara membuat surat untuk orang tua seperti ayah/ibu sepenuhnya memuat urusan pribadi sesuai contoh surat pribadi yang akan diulas kali ini.

Contoh surat pribadi untuk orang tua bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pengakuan dan pemberitahuan. Misalnya kabar, kepentingan mengirim surat, dan keinginan lainnya.

Bagaimana contoh surat pribadi untuk orang tua yang dimaksudkan? Ini contoh surat pribadi untuk orang tua:

Untuk Ayah/Ibu

Di tempat

Salam (…)

Ayah/Ibu, aku menulis surat ini karena ada yang ingin saya sampaikan kepada Ayah/Ibu. Gimana kabar Ayah/Ibu di situ? Apakah Ayah/Ibu betah kerja di situ? Sebenarnya aku nggak mau Ayah/Ibu jauh dari kami.

Kalau bisa ayah bekerja di tempat yang dekat saja, jangan jauh-jauh ke luar negeri. Kami sekeluarga sering khawatir tentang Ayah/Ibu.

Ayah/Ibu, aku berhasil lulus UN. Yang bikin aku bangga, aku masuk 10 besar di sekolahku. Gimana perasaan Ayah/Ibu? Tentu senang dong anak Ayah/Ibu yang dulu sering manja ini mendapat prestasi di sekolah.

Aku ingin melanjutkan kuliah. Tapi, kalau Ayah/Ibu tidak punya cukup biaya, enggak apa-apa. Aku bisa bekerja dulu untuk mengumpulkan uang buat biaya kuliah.

Sekian dulu surat dari aku.

Anak Ayah/Ibu,

Nana Irawan

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Pribadi yang Benar

4. Contoh Surat Pribadi untuk Saudara

Cara membuat surat untuk saudara seperti kakak atau adik sepenuhnya memuat urusan pribadi sesuai contoh surat pribadi yang akan diulas kali ini.

Contoh surat pribadi untuk saudara bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pengakuan dan pemberitahuan. Misalnya kabar, kepentingan mengirim surat, dan keinginan lainnya.

Bagaimana contoh surat pribadi untuk saudara yang dimaksudkan? Ini contoh surat pribadi untuk saudara:

Yogyakarta, 15 Mei 2022

Untuk Dania Saudaraku

Di tempat

Salam (…)

Hai Dania, bagaimana kabarmu? Wah, ternyata sudah lama ya kita tidak bertemu. Sejak lulus SMP, kita belum bertemu lagi. Bagaimana kabarmu dan keluarga di rumah? Pasti kamu sudah punya banyak teman baru ya.

Selama tinggal bersama nenek dan setelah lulus SMP, aku melanjutkan ke SMA favorit di sini. Alhamdulillah aku bisa diterima di sekolah itu. Awalnya aku ragu dengan nilaiku yang pas-pasan. Tapi, namanya juga sudah takdir, aku diterima di sekolah itu.

Aku senang sekali bisa diterima di sekolah favorit yang dulu aku inginkan. Di sekolah itu aku jadi punya banyak teman baru. Guru-gurunya juga baik-baik. Tapi, namanya juga sekolah, banyak tugas sampai bikin aku sibuk. Aku menyempatkan menulis surat ini karena aku kangen sama kamu, Gayuh dan ingin rasanya segera pulang ke rumah berkumpul bersama keluarga.

Kalau ada waktu, kamu main dong ke rumah nenek biar kita bisa bermain dan bercanda seperti dulu. Bila perlu ajak juga ayah dan ibu.

Sekian dulu, ya! Sampai nanti.

Saudaramu,

Gayuh Kesuma

5. Contoh Surat Pribadi untuk Nenek

Cara membuat surat untuk nenek atau kakek sepenuhnya memuat urusan pribadi sesuai contoh surat pribadi yang akan diulas kali ini.

Contoh surat pribadi untuk nenek atau kakek bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pengakuan dan pemberitahuan. Misalnya kabar, kepentingan mengirim surat, dan keinginan lainnya.

Bagaimana contoh surat pribadi untuk nenek atau kakek yang dimaksudkan? Ini contoh surat pribadi untuk nenek atau kakek:

Magelang, 5 November 2022

Kepada Nenekku tercinta Salam hormat

Halo Nenek! Rasanya canggung juga berkirim surat begini. Sehari-hari aku sibuk dengan rutinitas sampai tak sempat mengunjungi nenek setiap minggu dan ngobrol panjang. Kata-kata yang malu untuk kuucapkan langsung, biarlah kuungkapkan dalam surat ini.

Bagaimana kabar nenek? Di usia nenek sekarang, nenek masih saja bangun pagi, masak, dan bekerja di pekarangan. Maaf aku tidak banyak membantu selain berdoa agar nenek sehat selalu.

Terima kasih nenek sudah menyayangi dan merawatku, sejak aku masih kecil sampai sekarang. Entah bagaimana, semakin besar aku semakin malu-malu sama nenek. Padahal rasa sayangku tetap sama. Aku tahu kadang prilakuku yang cuek bikin nenek merasa kesepian. Namun bukan berarti aku tidak sayang.

Jangan sampai nenek melewati masa tua dengan kesepian dan merasa ditinggalkan. Kalau rasa itu tiba-tiba datang, beri tahu aku. Akan kuusir rasa itu, seperti nenek mengusir nyamuk tiap aku tidur. Bagaimanapun juga, aku tetaplah cucu kesayangmu.

Salam sayang,

dari cucumu yang malu-malu

6. Contoh Surat Pribadi Singkat Lainnya

Cara membuat surat singkat sepenuhnya memuat urusan pribadi sesuai contoh surat pribadi yang akan diulas kali ini.

Contoh surat pribadi singkat bagian isi adalah menyampaikan tentang perasaan hingga keperluan pribadi seperti pengakuan dan pemberitahuan secara lebih singkat, padat, dan jelas.

Bagaimana contoh surat pribadi singkat yang dimaksudkan? Ini contoh surat pribadi singkat:

Untuk Brenda Renata

Di tempat

Salam (…)

Hai, apa kabar kamu di situ? Aku harap kamu sehat-sehat saja. Sudah lama ya kita enggak bertemu. Aku kangen banget lho sama kamu. Kamu juga kangen kan sama aku. Aku kangen saat-saat kita bersama, bermain bersama, liburan bersama. Setelah kamu pindah ke kota lain, aku jadi kangen masa-masa itu.

Aku mau curhat nih, sebentar lagi kan ujian nasional. Aku deg-degan, takut enggak lulus. Belajar sih belajar, tapi tetap saja aku deg-degan. Kenapa sih harus ada UN ya? Pengennya sih langsung lulus eggak ada UN. Hahaha. Kalau kamu sih tenang-tenang saja dong ya. Kamu kan anak pandai. Dulu aja kalau hitung-hitungan, aku kalah cepat sama kamu. Kamu juga pintar bahasa Inggris.

Intan, aku ingin bertemu sama kamu. Aku ingin bermain, becanda ceria bersama kamu. Setelah lulus UN kan ada banyak waktu libur. Aku boleh enggak ke tempat kamu? Aku sangat senang kalau bisa bertemu kamu.

Sekian dulu ya surat dari aku. Aku tunggu balasan darimu.

Temanmu,

Nora Melina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.