Sukses

Apa Itu Iklan? Pengertian Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Apa itu iklan? Apa itu iklan adalah segala yang menarik perhatian. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa itu iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Apa itu iklan adalah pesan berbayar. Melansir dari The Economic Times, pada Selasa (11/1/2022) apa itu iklan adalah pesan yang dibayar pihak yang mengirimkan dan dimaksudkan untuk menginformasikan atau mempengaruhi publik.

Apa itu iklan paling populer dipublikasikan melalui media massa, seperti televisi, radio, media cetak, dan media online. Encyclopaedia Britannica menjelaskan iklan adalah teknik dan praktik yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau layanan agar diperhatikan oleh publik.

Berikut Liputan6.com ulas tentang pengertian iklan, tujuan, fungsi, dan jenis-jenisnya, Selasa (11/1/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

1. Pengertian Iklan Menurut Djaslim Saladin

Apa itu iklan adalah satu di antara alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat, di mana bentuk penyajian iklan ini bersifat non-personal.

2. Pengertian Iklan Menurut Kriyantono

Apa itu iklan adalah komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk memengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.

3. Pengertian Iklan Menurut Durianto

Apa itu iklan adalah proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

4. Pengertian Iklan Menurut Faela Sufa

Apa itu iklan adalah media informasi yang dibuat dengan cara tertentu untuk menarik penonton, asli, dan memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga konsumen secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan pengiklan.

5. Pengertian Iklan Menurut Iyer et. al.

Apa itu iklan adalah satu di antara keputusan terpenting yang dilakukan seorang pemasar, dan pemilihan media juga merupakan elemen terpenting bagi pemasar.

6. Pengertian Iklan Menurut Liliweri

Apa itu iklan adalah suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran dalam membantu menjual barang, dengan memberi layanan serta gagasan atau ide-ide melalui sasaran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

7. Pengertian Iklan Menurut Wibowo dan Kharimah

Apa itu iklan adalah elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh sponsor dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan pemakaian barang atau jasa.

8. Pengertian Iklan Menurut Kotler

Apa itu iklan adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

9. Pengertian Iklan Menurut Rhenald Kasali

Apa itu iklan adalah sebuah pesan yang menawarkah suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media.

10. Pengertian Iklan Menurut Fandy Tjiptono

Apa itu iklan adalah satu di antara bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.

11. Pengertian Iklan Menurut Morissan

Apa itu iklan adalah satu instrumen promosi yang penting, terutama bagi perusahaan yang memproduksi barang atau jasanya untuk masyarakat luas. Iklan juga adalah hal yang banyak dibicarakan orang karena jangkauannya cukup luas.

12. Pengertian Iklan Menurut Gilson & Berkman

Apa itu iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respons dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran.

3 dari 4 halaman

Tujuan dan Fungsi Iklan

Tujuan Iklan

Iklan adalah instrumen promosi, apa tujuan pembuatannya? Dalam modul Prakarya dan Kewirausahaan yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tujuan pembuatan iklan terdiri dari:

1. Tujuan iklan adalah untuk memperkenalkan atau menyampaikan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.

2. Tujuan iklan adalah untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.

3. Tujuan iklan adalah untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan.

4. Tujuan iklan adalah untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk kompetitor.

5. Tujuan iklan adalah untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

6. Tujuan iklan adalah untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Fungsi Iklan

Iklan bukan hanya media komunikasi untuk menghasilkan respon. Dalam kajian teori penelitian yang diterbitkan Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, fungsi iklan berupa:

1. Memberi Informasi

Fungsi iklan adalah memberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.

2. Membujuk

Fungsi iklan adalah membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang produk, mengajak konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan membujuk konsumen untuk membeli sekarang.

3. Mengingatkan

Fungsi iklan adalah menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen dan meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.

4. Memberikan Nilai Tambah

Fungsi iklan adalah memberikan nilai tambah pada merek dengan memengaruhi persepsi konsumen sehingga sering kali merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, dan biasa lebih unggul dari tawaran pesaing.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Iklan

Apa itu iklan tak hanya untuk keperluan komersial, karena iklan juga ditujukan untuk memberi informasi, edukasi, imbauan, dan sosialiasi. Dalam buku berjudul Buku Ajar Pengantar Iklan oleh Dr. Finnah Fourqoniah M. Si. dan Muhammad Fikry Aransyah, MBA, BBA, jenis-jenis iklan terdiri dari:

1. Iklan Tanggung Jawab Sosial

Iklan yang dirancang untuk menyebarkan informasi dan memiliki sifat untuk mendidik agar masyarakat memiliki tanggung jawab atas suatu masalah sosial.

2. Iklan Bantahan

Iklan yang disampaikan melalui media dan bertujuan untuk membantah/ menyangkal suatu tuduhan yang tidak benar. Iklan ini bertujuan untuk memperbaiki citra produk tersebut.

3. Iklan Pembelaan

Ini merupakan kebalikan dari iklan bantahan. Iklan ini bertujuan untuk mendapatkan simpati publik.

4. Iklan Perbaikan

Iklan yang digunakan untuk memperbaiki pesan-pesan yang salah dan sudah terlanjur disebarluaskan melalui media.

5. Iklan Keluarga

Iklan yang berisikan pesan-pesan tentang seputar keluarga.

6. Iklan Cetak

Iklan yang dipasang dan dibuat menggunakan teknologi cetak. Contohnya yaitu surat kabar, baliho, poster, spanduk, dan lain sebagainya.

7. Iklan Baris

Iklan yang terdiri beberapa baris kata atau kalimat saja. Iklan ini biasa ditemukan di koran.

8. Iklan Kolom

Iklan ini memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibandingkan iklan baris. Contoh dari iklan ini adalah iklan kolom adalah advertorial.

9. Iklan Display

Ini merupakan iklan yang lebih luas dari iklan iklan kolom dalam menampilkan sesuatu. Contoh iklan display yaitu iklan radio dan iklan televisi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS