Sukses

Provider Adalah Perusahaan Penyedia Layanan Web Hosting, Kenali Macam-Macamnya

Provider adalah perusahaan yang biasanya melayani pembuatan website dan mengatur penempatannya di dunia cyber.

Liputan6.com, Jakarta Provider adalah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan kepada pengguna. Istilah provider sendiri sering kali digunakan dalam teknologi komputer, smartphone maupun telepon rumah.

Secara umum, provider adalah perusahaan yang biasanya melayani pembuatan website, mengatur penempatannya di dunia cyber (termasuk juga maintenance dan penyediaan akses Internet) juga membantu dari segi promosi agar website tersebut dikunjungi oleh pengguna Internet.

Sedangkan menurut Kamus Bahasa Inggris terjemahan Indonesia, provider adalah pemberi layanan. Provider ini dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu provider internet dan provider telepon.

Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam ` dan cara menggunakannya yang telah dirangkum olr Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Provider

Berikut ini macam-macam provider, yaitu:

1. Provider Internet

Provider internet atau yang sering disebut ISP atau kepanjangan dari Internet Service Provider. ISP adalah  perusahaan yang menyediakan akses internet kepada pelanggan.

2. Provider HP

Sebuah operator telepon seluler atau operator nirkabel adalah perusahaan telepon yang menyediakan layanan untuk pengguna telepon seluler. Operator memberikan kartu SIM ke pelanggan yang memasukkan ke ponsel untuk mendapatkan akses ke layanan tersebut.

3 dari 4 halaman

Pengertian ISP

Setiap kali kita terhubung ke internet, koneksi kita dirutekan melalui ISP. Biasanya, ISP disebut sebagai provider (penyedia). Menurut Encyclopaedia Britannica, ISP adalah perusahaan yang menyediakan koneksi dan layanan internet untuk individu dan organisasi. Setiap ISP menyediakan layanan yang berbeda-beda kepada pelanggannya. Tidak hanya menyediakan koneksi internet tetapi juga meliputi pemeliharaan dan instalasi.

ISP biasanya adalah perusahaan kabel atau perusahaan telepon seluler yang menawarkan langganan internet, selain TV atau layanan komunikasi seluler. ISP juga dikenal sebagai Internet Access Provider atau IAP (Penyedia Akses Internet).

Untuk bisa terhubung ke ISP, kita membutuhkan modem dan akun aktif. Saat menghubungkan modem ke telepon atau kabel outlet di rumah, berarti kita melakukan komunikasi dengan ISP. ISP memverifikasi akun kita dan memberikan alamat IP ke modem kita. Setelah kita mendapatkan alamat IP, kita akan terhubung ke internet. Kita juga bisa menggunakan router (berupa perangkat terpisah atau terintegrasi dalam modem) untuk memungkinkan beberapa perangkat sekaligus terhubung ke internet. Jika beberapa perangkat dirutekan melalui modem yang sama maka akan memiliki alamat IP publik yang sama sesuai yang ditetapkan oleh ISP.

ISP bertindak sebagai hub di internet karena sering terhubung langsung ke tulang punggung internet. Akibat besarnya jumlah lalu lintas yang ditangani, ISP memerlukan koneksi bandwidth tinggi ke internet. Untuk mencegah gangguan akses internet, ISP harus menambahkan lebih banyak bandwidth ke koneksi tulang punggung internetnya. Caranya dengan meningkatkan jalur yang ada atau menambahkan jalur yang baru.

Perusahaan ISP atau IAP biasanya mengenakan biaya untuk memasang koneksi internet dan biaya bulanan untuk pemeliharaan. ISP menawarkan berbagai jenis koneksi seperti dial-up, DSL, melalui kabel serat optik, melalui koneksi televisi kabel, atau nirkabel.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Layanan Internet

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis layanan internet, diantaranya:

1. Dial-up

Jenis-jenis layanan internet yang pertama adalah dial-up. Internet dial-up menggunakan saluran telepon. Kelemahannya, tidak bisa menggunakan telepon rumah dan internet bersamaan. Dial-up adalah jenis koneksi internet paling lambat.

2. DSL (Digital Subscriber Line)

Jenis-jenis layanan internet yang lainnya adalah DSL. Layanan DSL menggunakan koneksi broadband, yang jauh lebih cepat daripada dial-up. DSL terhubung ke internet melalui saluran telepon tanpa harus memiliki telepon di rumah. Tidak seperti dial-up, kita bisa menggunakan internet dan saluran telepon bersamaan. Kabel Layanan kabel terhubung ke internet melalui TV kabel. Layanan ini menggunakan koneksi broadband dan bisa lebih cepat daripada layanan dial-up dan DSL. Namun hanya tersedia jika memiliki TV kabel.

3. Serat optik

Jenis-jenis layanan internet yang lainnya adalah serat optik. Broadband serat optik adalah jenis broadband berkecepatan tinggi yang menggunakan kabel serat optik. Keunggulannya, lebih baik dalam mentransfer data daripada kabel tembaga standar. Pengguna dapat melakukan semua hal yang disukai di internet dengan lebih cepat, seperti main game online, streaming film dan musik.

4. Satelit

Jenis-jenis layanan internet yang lainnya adalah satelit. Sambungan satelit menggunakan broadband tetapi tidak memerlukan kabel atau saluran telepon. Dengan satelit kita dapat terhubung ke internet melalui satelit yang mengorbit Bumi. Jenis layanan ini dapat digunakan hampir di mana saja di dunia, tetapi sambungannya dipengaruhi cuaca. Koneksi satelit biasanya lebih lambat dari DSL atau kabel.

5. Mobile internet

Jenis-jenis layanan internet yang lainnya adalah mobile internet. Mobile internet atau internet seluler terhubung secara nirkabel melalui jaringan ISP. Namun, jenis koneksi ini tidak selalu secepat DSL atau kabel. Kelemahannya, jumlah data yang dapat digunakan terbatas, tidak seperti kebanyakan paket broadband. Saat ini, layanan 3G dan 4G paling umum digunakan dengan ponsel pintar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.