Sukses

Tak Pakai Kunci, Pria Ini Ubah Cara Menyalakan Motor Pakai Fingerprint

Pria ini modifikasi motor, tak perlu lagi pakai kunci.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang memiliki sepeda motor. Kendaraan roda dua ini merupakan salah satu transportasi yang dianggap efisien dan cepat. Tak heran kalau banyak orang memilih sepeda motor untuk menunjang kegiatan mereka sehari-hari.

Kendaraan ini cukup bisa diandalkan ketika sedang sangat terburu-buru. Selain itu, kendaraan roda dua ini juga bisa memenuhi hobi mereka dalam bidang modifikasi. Seperti yang dilakukan oleh pria satu ini.

Jika kebanyakan orang memodifikasi bentuknya, pria ini justru memodifikasi cara menyalakan motor. Tak perlu lagi kunci seperti biasanya, pria ini mengubah cara menyalakan motor dengan fingerprint.

Alasan pria ini mengubah dan memodifikasi start motor ini pun terdengar simpel. Ia menjelaskan karena ia sering kali lupa meletakkan kunci moornya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Modifikasi Motor Pakai Fingerprint

Dilansir dari Siakapkeli oleh Liputan6.com, Jumat (3/12/2021) seorang pria di Malaysia membagikan video yang menunjukkan motor dengan kecanggihan baru. Lewat akun bernama TOKAN Helmet, ia menyebut teknologi baru untuk menyalakan motor yang tak lagi memerlukan kunci.

Tampak pria berambut cepak meminta kawannya untuk menyalakan motor jenis Yamaha RXZ. Dalam video itu temannya memperlihatkan cara menyalakan motor dengan fingerprint.

Bahkan dengan jari yang berbeda pun motor itu tak akan menyala. Menurut pemilik motor, hanya sidik jari yang sudah disetel yang bisa menghidupkan dan mematikan motor. Dalam video ia memasang ibu jarinya sebagai finger scan.

3 dari 3 halaman

Cocok Bagi yang Sering Lupa Kunci Motor

Detektor sidik jari akan memancarkan lampu merah jika sidik jari yang tidak ditentukan ditempatkan pada detektor. Jika sidik jari cocok dengan sistem yang telah diatur, lampu akan berubah menjadi biru dan sepeda motor dapat dihidupkan.

Ide awal itu rupanya bermula dari banyak orang yang sering lupa menyimpan kunci motornya. Apalagi kalau kamu sedang berpergian, tentunya panik jika kunci motor tiba-tiba menghilang.

Video yang dibagikan di Facebook itu pun viral di media sosial. Hingga kini video tersebut sudah ditonton sebanyak 2,6 ribu pengguna lain sejak diunggah 30 November lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.