Sukses

36 Wisata di Bali yang Terkenal, Wajib Banget Dikunjungi

Wisata di Bali yang terkenal meliputi air terjun, tebing indah, pegunungan, pura, danau, snorkeling, taman bunga, dan banyak desa wisata.

Liputan6.com, Jakarta Menapakkan kaki di Pulau Dewata untuk melakukan perjalanan wisata, wajib banget paham tempat wisata di Bali yang terkenal. Di Bali bukan cuma ada penampang pantai yang indah nan megah, loh.

Wisatawan yang datang ke Bali, bisa banget berkunjung ke tempat wisata di Bali seperti air terjun, tebing indah, pegunungan, pura, danau, snorkeling, taman bunga, dan banyak desa wisata yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Bila ingin traveling di Bali dengan lokasi tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai, tempat wisata di Bali Selatan adalah rekomendasinya. Selain dekat Bandara Internasional, Bali Selatan pun sudah semakin mudah aksesnya karena ada Jalan Tol Bali Mandara.

Berikut Liputan6.com ulas wisata di Bali yang terkenal dari berbagai sumber, Selasa (23/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata di Bali yang Terkenal

Sanur

Wisata di Bali yang terkenal ada Sanur. Sanur adalah kota tepi pantai di sebelah tenggara pulau Bali. Hamparan pantainya yang panjang menawarkan perairan yang dangkal. Perahu nelayan jukung warna-warni bertumpu di atas pasir, didukung oleh jalur bersepeda yang beraspal.

Hotel Bali Beach di Sanur dibangun oleh Presiden Indonesia Sukarno pada tahun 1963, dan mendorong pariwisata di Bali. Saat ini Sanur memiliki sejumlah resor hotel seperti Fairmont Sanur Beach Bali dan Hyatt Regency Bali. Sanur juga merupakan rumah bagi semakin banyaknya resor vila yang populer di Bali.

Museum Bali

Wisata di Bali yang terkenal dan wajib dikunjingi ada Museum Bali. Museum Bali menyimpan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Di dalamnya terdapat koleksi peralatan, perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan budaya Bali lainnya. Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar bersebelahan dengan Pura Jagatnatha.

Uluwatu

Pura Uluwatu adalah wisata di Bali yang terkenal berupa pura laut Hindu Bali (Pura Segara), terletak di Uluwatu (Kuta Selatan, Badung). Candi ini dianggap sebagai salah satu kahyangan sedih dan dipersembahkan kepada Sang Hyang Widhi Wasa dalam perwujudannya sebagai Rudra.

Pura ini dibangun di tepi (ulu) tebing atau batu (watu) setinggi 70 meter (230 kaki) yang menjorok ke laut. Pura ini dihuni oleh monyet yang terkenal sering merampas barang-barang pengunjung seperti sandal jepit, kamera, dan kacamata hitam. Mereka biasanya dapat dibujuk untuk menebus barang-barang tersebut untuk buah, kacang-kacangan, atau permen.

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu wisata di Bali yang terkenal berupa pura yang sangat disucikan di Bali. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu.

Desa Sambangan

Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng adalah wisata di Bali yang terkenal sebagai surganya air terjun. Setidaknya ada empat air terjun memikat di sini yang siap menyambutmu bermain air, yaitu Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kroya, Air Terjun Aling-aling, dan Air Terjun Cemara.

Air Terjun Pucuk di Sambangan memiliki ketinggian 16 meter. Air yang jatuh dari air terjun ini bikin segar mata yang memandang, apalagi kalau main air di sini! Selanjutnya, Air Terjun Kroya yang siap menguji adrenalinmu.

Ketinggiannya 12 meter dengan seluncuran alami dari bebatuan yang menantang sekali. Di sisi lain, ada tebing dengan ketinggian 5 meter. Dari sinilah kamu bisa melompat dengan aman.

La Brisa Bali

Wisata di Bali La Brisa termasuk salah satu yang wajib dikunjungi, cocok banget buat nongkrong. Ada banyak dijumpai wisatawan lokal maupun luar negeri. Mereka biasanya menghabiskan waktu untuk bersantai, makan, dan ngobrol bersama teman-temannya. Tak heran memang, tempat ini begitu cozy. Makanya banyak yang betah bermalas-malasan di sini. La Brisa memang tempat tongkrong paling hits di Bali.

3 dari 7 halaman

Wisata di Bali yang Terkenal

Pantai Legian

Pantai Legian adalah merupakan wisata di Bali yang terkenal dengan hamparan pasir, berlanjut ke utara Pantai Kuta yang terkenal dan berakhir di mana Pantai Seminyak dimulai. Terletak di antara 2 pantai paling terkenal di Bali, Legian adalah perpaduan pemandangan selancar di Kuta dan kerumunan pesta di Seminyak.

Pantai ini adalah tempat rekreasi yang bagus di mana Anda bisa berenang di perairan yang jernih dan berjalan-jalan santai di sepanjang jalan yang dipenuhi butik dan restoran. Lebih sedikit keramaian dan tarif lebih rendah dibandingkan dengan resor-resor yang berada di pantai saudaranya, Legian adalah tempat yang populer untuk bersantai.

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana merupakan wisata di Bali yang terkenal dan sangat ikonik. Di sini terdapat patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya Garuda. Patung GWK mulai digagas pada tahun 1989 dan selesai pembangunannya pada September 2018 lalu. Kini Pengunjung baik lokal maupun mancanegara bisa menikmati kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana secara utuh dan sebagai wisata Bali terbaru.

Pasih Uug

Wisata di Bali yang terkenal murah seperti Pasih Uug ini menawarkan pesona keindahan yang sangat mengesankan. Ada tebing karang setinggi 200 meter yang menjorok kelautan yang disebabkan karena abrasi laut selama berabad-abad. Hingga membentuk lubang mirip dengan gua raksasa di bagian tengahnya.

Meskipun tidak ada pasir putih, tetapi tempat ini membuat banyak wisatawan menjelajahi tebing-tebing batu yang menjulang tinggi dari permukaan laut. Tidak hanya tebing, tetapi juga ada padang rumput luas yang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland (sekarang dikenal sebagai Pantai Kuta Baru) adalah wisata di Bali yang terletak di semenanjung Bukit, pulau Bali. Pantai Dreamland menyediakan akomodasi dan kafe untuk peselancar dan pelancong sehari-hari.

Ia juga terkenal dengan pembatas pantainya yang berbahaya. Pantai Dreamland adalah salah satu pantai 'tersembunyi' di Bali, menawarkan hamparan pasir putih yang dipisahkan oleh tebing kapur yang melapisi garis pantai berbatu di selatan Bukit Peninsula.

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli merupakan wisata di Bali yang terkenal dan wajib banget dikunjungi. Ini sering banget jadi lokasi syuting FTV, lho. Kerennya lagi, desa ini berhasil menyabet predikat desa terbersih di dunia, bersanding dengan Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India.

Desa Penglipuran layak banget mendapatkan predikat tersebut karena masyarakatnya bersama-sama menjaga kelestarian, keasrian, dan keindahan lingkungan desa. Hal ini membuat desa yang memiliki wilayah sekitar 112 hektare tersebut memiliki tatanan yang apik dan bersih. Nggak heran di setiap sisinya bagus diabadikan lewat lensa kamera.

Air Terjun Peguyangan, Nusa Penida

Untuk menuju ke wisata di Bali yang terkenal dengan air terjun cantik ini, kamu harus menuruni anak tangga yang sempit dan curam. Sekitar 460 anak tangga yang harus kamu turuni. Setelah itu, kamu bisa menyaksikan alam yang begitu menakjubkan.

Wisata di Bali yang terkenal ini berada jauh dari pinggir tebing. Sehingga kamu bisa berenang dan menikmati ketenangan air yang mengalir. Tempat ini sangat bagus untuk kamu mengabadikan momen. Nggak sia-sia deh kalau ke sini.

4 dari 7 halaman

Wisata di Bali yang Terkenal

Bali Shell Museum

Wisata di Bali yang terkenal selanjutnya ada Bali Shell Museum. Terletak di Kuta, museum ini adalah tempat yang unik di mana Anda dapat melihat koleksi ribuan jenis kerang laut yang indah.

Kerang tersebut berasal dari pemilik museum, yang telah mengumpulkan berton-ton kerang laut sejak kecil. Hal lain yang membuat tempat ini wajib dikunjungi adalah fakta bahwa Bali Shell Museum merupakan satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia. Bangunan ini berdesain modern, terdapat tiga lantai di museum ini.

Goa Gajah

Eksplor wisata di Bali yang terkenal ini tak hanya tentang alamnya saja, tapi juga sejarah dari daerah itu sendiri. Kalau kamu tertarik mengulik tentang sejarah, kamu bisa berkunjung ke Goa Gajah.

Wisata di Bali yang terkenal ini memiliki keunikan karena memiliki candi kuno yang didirikan lebih dari 1.000 tahun lalu dan berfungsi sebagai tempat suci umat Hindu dan Buddha. Selain masih aktif, ada hal unik dari lokasi ini yang tidak dimiliki situs candi lain.

Jika candi umumnya dibuat menjulang tinggi ke angkasa, di sini situs candi dibuat masuk ke dalam tebing. Situs ini berbentuk goa buatan. Di dalam goa buatan ini terdapat tempat sembahyang para umat Hindu. Tempat ini juga masih digunakan untuk tempat membersihkan diri saat acara besar keagamaan.

Ladang Bunga Marigold

Wisata di Bali yang terkenal murah ini menawarkan pesona keindahan bunga gemitir, membuat wisatawan seperti sedang berada di Amsterdam. Pasalnya bunga-bunga warna gold ini mekar dengan indahnya, membentang di seluruh ladang.

Bunga ini bisa hidup sepanjang tahun dan setiap musim, bahkan pada saat musim panas sekalipun Marigold ini bisa hidup dengan baik. Bunga ini selalu ada di Bali karena memang biasa digunakan untuk upacara adat atau ritual ibadah umat Hindu di Bali. Lokasinya berada di Belok/Sidan, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung.

Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang adalah salah satu wisata di Bali yang terkenal untuk selancar. Pantai Padang terletak di antara Bingin dan Uluwatu, menjadi bagian dari kelompok tempat selancar kelas dunia yang melapisi pantai semenanjung selatan Bali.

Ini adalah bagian dari barisan pantai tempat para peselancar biasanya menikmati ombak. Pantai ini juga sering menjadi spot acara selancar internasional, seperti Rip Curl Cup Padang Padang.

Untuk ke pantai ini, Anda dapat mencapainya dari Jalan Raya Uluwatu. Sekitar 30 menit berkendara melewati Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, persimpangan dengan penunjuk jalan bertuliskan 'Jalan Labuan Sait' akan membawa Anda sepanjang rute aspal 3,5 km yang berbukit tapi mulus.

Danau Batur

Danau Batur Kintamani merupakan wisata di Bali yang terkenal berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kintamani dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bangli.

Untuk bisa sampai ke Danau Batur, bisa menggunakan berbagai trasnportasi, cara paling mudah, bisa memanfaatkan jasa travel agent yang ada di Pulau Dewata.

Di sini, kamu akan disuguhi danau dengan luas mencapai 16 kilometer persegi. Danau ini pula dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Bali. Untuk bisa berendam di air panas ini, kamu harus membayar Rp 60.000.

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat merupakan wisata di Bali yang terkenal dan terletak di bagian paling barat pulau Bali. Di sini terdapat berbagai habitat hutan dan sabana. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

5 dari 7 halaman

Wisata di Bali yang Terkenal

Water Sport Tanjung Benoa

Water Sport Tanjung Benoa merupakan salah satu wisata di Bali yang terkenal dan wajib dikunjungi. Water Sport Tanjung Benoa menawarkan berbagai macam olahraga air mulai dari jet ski, para sailing, snorkeling, scuba diving, seawalker, flyboard, dan pilihan aktivitas berbasis air lainnya.

Water Sport Tanjung Benoa menyajikan aktivitas laut dengan tantangan besar, menarik dan dirancang penuh kesenangan di pulau Bali. Di Water Sport Tanjung Benoa, Anda dapat menikmati aktivitas air mulai dari yang bermotor hingga yang tidak bermotor bersama keluarga atau sahabat-sahabat Anda. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Sangeh

Monkey Forest Sangeh terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung. Wisata di Bali yang terkenal ini berjarak 22 km dari Kota Denpasar.

Saat sampai di gerbang masuk kita akan melihat pura di dalam hutan, wisatawan juga akan disambut oleh banyak monyet yang berdatangan mencari makan. Namun pemandu di Monkey Forest Sangeh berpesan agar tidak mengepalkan tangan selama di area itu, karena para kawanan monyet akan menganggap wisatawan sedang memegang makanan.

Selain melihat monyet, wisatawan juga bisa berswafoto dengan para monyet itu dengan dipandu oleh pemandu agar lebih aman.

Pantai Blue Point

Jarak pantai Blue Point dari pantai Kuta adalah sekitar 45 menit, dengan melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik turun. Lokasi wisata di Bali yang terkenal ini masih satu arah menuju Pura Uluwatu, Pantai Padang-padang, dan Dreamland.

Pantai ini terletak di desa Pecatu, di ujung selatan Kabupaten Badung. Sebenarnya, nama asli pantai ini adalah pantai Suluban. Di dekat pantai ini terdapat hotel yang bernama Bluepoint Villas, jadi Suluban kemudian lebih dikenal dengan sebutan Bluepoint. Hotel ini cukup terkenal dan pernah digunakan untuk syuting iklan minuman bermerek yang dibintangi Miss Universe.

Bali Underwater Scooter

Ini merupakan wisata di Bali yang terkenal dan tak biasa. Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengarnya. Namun inilah keindahann dari Bali. Underwater Scooter ini, layaknya kapal selam.

Kamu bisa mengendarai skuter ini di dalam air dan menikmati keindahan bawah air. Selain memang seru, kamu akan mendapat foto yang nggak biasa lho, pasti sangat menarik jika kamu mempostingnya di Instagram.

Saat kamu naik skuter ini, kamu cukup duduk dan bernapas dengan normal, karena helm yang dipasangkan ke kamu, berfungsi sebagai pelindung serta agar kamu bisa bernapas. Skuter ini melaju dengan kecepatan 2 km/jam dan bisa menyelam hingga 20 meter. Gimana? Kamu ingin mencobanya?

Pura Taman Saraswati

Wisata di Bali yang terkenal murah ini cukup religius. Pura taman saraswati memang tempat ibadah yang sengaja dibangun untuk memuja Dewi Saraswati atau dewi Ilmu Pengetahuan. Pura Taman Saraswati Ubud, sedikit berbeda dari pura-pura lain yang ada di Bali. Pura ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai berwarna merah mudah dan taman air yang tertata rapi.

Wisatawan memang tidak diperbolehkan masuk ke dalam pura, karena ini tempat pemujaan atau sembahyang. Di balik gerbang utama akan ada tembok tinggi sekali dan di balik tembok tinggi tersebut aka nada patung raksasa dengan tinggi sekitar 3 meter. Selain itu juga ada bangunan Padmasana dengan pahatan berbentuk kura-kura yang dililit dua ekor naga.

Kebun Raya Bedugul

Wisata di Bali yang terkenal ini berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kebun Raya Bedugul atau yang juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali merupakan salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia.

Kini wisata di Bali yang terkenal ini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Kebun Raya Bedugul terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi.

6 dari 7 halaman

Wisata di Bali yang Terkenal

Danau Beratan

Danau Beratan berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Wisata di Bali yang terkenal ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Tempat wisata di Bali ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba. Di pinggir danau Beratan terdapat Pura Ulun danu yang merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali.

Kuil Bawah Laut di Pemuteran

Bali memiliki pantai dengan keindahan bawah lautnya bak kuil. Terdapat patung-patung yang memang sengaja ditenggelamkan. Wisata di Bali yang terkenal ini wajib banget wisatawan kunjungi.

Pantai Tulamben di Karangasem ini sudah menjadi salah satu wisata yang memiliki peminat cukup tinggi, banyak yang ke sini untuk menyelam agar bisa melihat keindahan dari patung-patung tersebut. Jika kamu ke sini dan menyelam di pantai ini, kamu akan takjub dengan keindahan patungnya.

Danau Buyan

Tak jauh dari Danau Beratan, ada Danau Buyan. Wisata di Bali yang terkenal ini berlokasi di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari ketiga danau kembar, Danau Buyan merupakan danau yang paling luas.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Kawasan wisata di Bali yang terkenal ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Danau ini tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar tempat wisata di Bali ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara ini dikenal sebagai wisata di Bali Selatan yang menawarkan fasilitas privat yang berkelas. Tidak heran karena pantai ini memang dikelola oleh satu restort dan resto yang paling tekenal di wilayah Ungasan.

Tiket masuk ke pantai ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 250.000 per orang. Sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, pengunjung bisa dengan bebas menikmati keindahan pantai Karma Beach Bali sepanjang hari. Bahkan biaya tiket masuk ini dapat digunakan untuk membeli makanan dan minuman yang dijual di Karma Beach Bali.

Tirta Gangga

Kalau bosan dengan suasana pantai, coba mampir ke wisata di Bali yang terkenal, yakni Tirta Gangga. Tempatnya keren banget dan cukup bikin nyaman siapa pun yang ke sini. Wisata ini berada di Jalan Abang, Amlapura, Kabupaten Karangasem, Bali.

Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan kolam yang berisikan ikan. Kamu juga bisa malukan terapi dengan dibantu oleh ikan-ikan tersebut, terasa rilek dan santai banget. Masuk ke sini kamu nggak perlu mengeluarkan uang banyak lho, cuma Rp 30.000 saja, kamu sudah bisa menikmati fasilitas yang ada.

7 dari 7 halaman

Wisata di Bali yang Terkenal

Desa Munduk

Kali ini suguhan keindahan Bali daerah utara yang siap memanjakanmu. Wisata di Bali yang terkenal ini sering disebut sebagai “Desa di Atas Awan” versi Bali. Pasalnya, letak desa ini di ketinggian kurang lebih 900 mdpl.

Desa yang terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini menawarkan panorama hamparan perkebunan kopi, teh, dan cengkih. Cocok untuk kamu yang ingin mengeluarkan racun pikiran dan melonggarkan dada yang sesak dengan hawa sejuk khas dataran tinggi.

Selain pemandangan perkebunan, di desa ini juga ada air terjun menawan. Namanya air terjun Melanting. Ketinggiannya mencapai 20 meter dan memiliki debit air yang deras. Bisa nih buat main air untuk merefreshkan pikiran.

Joger

Wisata di Bali yang terkenal untuk berbelanja adalah Joger. Joger menawarkan beragam bentuk oleh-oleh seperti kaos, sandal, mug, dan lainnya dengan kata-kata unik khas Joger. Joger bahkan dijuluki sebagai pabrik kata-kata di Bali.

Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari berlokasi di Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar, Kota Denpasar. Wisata di Bali yang terkenal ini adalah salah satu pasar terbesar di Denpasar yang menjual beraneka ragam alat seni dan bahan pokok makanan.

Pasar ini buka 24 jam. Di malam hari, pasar ini menjual beragam pernak pernik khas Bali. Produk yang dijual di antaranya kerajinan perak, batik Bali, aksesoris dan pernak pernik khas Bali, patung, makanan, hingga lukisan.

Air Terjun Leke-Leke

Air Terjun Leke-Leke berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Lokasi wisata di Bali yang terkenal ini sangat tenang dan rindang dengan kesejukan udara yang dikeluarkan dari pepohonan dengan gemercik suara air yang menghantam batu.

Kerta Gosa

Taman Kerta Gosa berlokasi di Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Lokasi wisata di Bali yang terkenal ini berada di jantung kota Semarapura, Kabupaten Klungkung.

Kerta Gosa merupakan kompleks bangunan atau balai pengadilan warisan Keraton Semarapura. Di Kompleks ini setidaknya masih tersisa tiga objek penoinggalan Keraton Semarapura yaitu Bale Kerta Gosa, Bale Kambang dengan kolam Taman Gili, serta Gapura Keraton.

Air Terjun Tukad Cepung

Hampir semua wisata di Bali yang terkenal bisa dikatakan keren-keren, termasuk wisata airnya. Salah satu yang menarik adalah saat kamu mengunjungi air terjun Tukad Cepung. Suasana di sini benar-benar terasa di alam bebas, kamu tak hanya sekedar bisa menikmati air terjunnya saja, namun kamu juga bisa memanjati tebing. Kawasan ini masih sangat asri.

Banyak yang mengatakan bahwa air terjun Tukad Cepung ini merupakan air terjun yang masih perawan, sehingga tidak ada tiket masuk resmi. Paling kamu hanya membayar untuk parkir kendaraan saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini