Sukses

Kelebihan iPhone 6s dan Kekurangannya, Perhatikan Spesifikasi

Kelebihan iPhone 6s cukup menarik diulik.

Liputan6.com, Jakarta Kelebihan iPhone 6s dibanding iPhone 6 cukup menarik diulik. iPhone 6 dan 6s merupakan smartphone yang dirilis 2015 silam. Tiap ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali bagi iPhone 6s ini.

Kelebihan iPhone 6s merupakan salah satu inovasi Apple dalam industri smartphone. Meski hampir 6 tahun berlalu, kelebihan iPhone 6s masih banyak dicari pengguna setia iPhone. iPhone 6s merupakan generasi penerus dari seri sebelumnya dan dilengkapi dengan spesifikasi yang lebih menarik.

Kelebihan iPhone 6s bisa dilihat dari dimensi, sistem operasi, prosesor, hingga kamera. Kelebihan iPhone 6s ini bisa jadi bahan pertimbanganmu jika kamu masih berminat membelinya. Selain, kelebihan iPhone 6s, kekurangannya mungkin juga bisa jadi pertimbangan.

Berikut kelebihan iPhone 6s dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(18/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kelebihan iPhone 6s

Ukuran dan material

Kelebihan iPhone 6s yang pertama adalah desain dan tampilannya. iPhone 6s memiliki dimensi sedikit lebih besar dari iPhone 6 yaitu 138,3 x 67,1 x 7,1 mm. iPhone 6s hadir dengan warna lebih beragam space grey, silver, gold dan Rose gold. Sedangkan iPhone 6 hanya tersedia warna Space Grey, silver dan gold.

Phone 6s menggunakan material yang lebih baik dari iPhone 6, yakni Aluminium 7000 yang membuatnya lebih kuat dari potensi bengkok.

Kualitas layar

iPhone 6s memiliki resolusi layar 750 x 1334 pixels serta berkemampuan menghasilkan kerapatan layar hingga ~326 ppi pixel density. Ponsel satu ini memiliki layar seluas 4.7 inches dengan perbandingan rasio antara layar dan body ~65.6%.

Kelebihan iPhone 6s pada sektor layar adalah sudah dibekali dengan layar berteknologi LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen serta mampu menciptakan hingga 16 juta warna. iPhone 6s juga sudah dibekali layar bersifat multitouch serta sudah dilengkapi dengan pelindung layar Ion-strengthened glass, oleophobic coating.

3 dari 6 halaman

Kelebihan iPhone 6s

Sistem operasi

Kelebihan iPhone 6s selanjutnya adalah terletak pada sistem operasi. Jika iPhone 6 menggunakan sistem operasi iOS 8 dengan pembaruan hingga iOS 12, iPhone 6s sudah menggunakan iOS 9 dengan pembaruan hingga iOS 12.

Selain tampilan lebih menarik dan beberapa fungsi tambahan lainnya, iOS 9 jauh lebih ringan dan tidak rakus storage layaknya iOS 8.

Prosesor

Kelebihan iPhone 6s selanjutnya adalah unggul dengan CPU Apple A9, Dual-core 1,84 GHz Twister dan chipset A9 dengan arsitektur 64-bit. iPhone 6s memiliki GPU PowerVR GT7600 (six-core graphics).

Apple mengklaim bahwa Apple A9 punya kecepatan 70 persen lebih baik dibanding Apple A8. Apple juga mengatakan performa Apple A9 bisa disejajarkan dengan prosesor sekelas desktop PC. Kelebihan iPhone 6s ini tentu saja akan membawa dampak besar bagi kinerja ponsel.

Kelebihan iPhone 6s sudah dibekali dengan RAM cukup besar yakni 2 GB yang dapat mendukung kinerja dapur pacu iPhone 6s lebih maksimal serta responsif.

4 dari 6 halaman

Kelebihan iPhone 6s

Kamera

Kelebihan iPhone 6s yang tak kalah istimewa adalah dari segi kamera. Dibanding iPhone 6, iPhone 6s lebih unggul dengan kamera belakang 12 MP, f/2.2, Dual-LED, Dual-tone Flash, HDR, PDAF dan kamera depan 5 MP, f/2.2 dengan perekaman video 720p.

IPhone 6S dilengkapi dengan fitur Live Photos, dimana pengguna dapat menyimpan beberapa foto sebagai gambar bergerak lengkap dengan suara, mirip dengan video atau gambar format .gif. selain itu ada Photo, video, slo-mo, square, dan panorama. Kamera utama iPhone 6s bisa digunakan untuk merekam video 4K dengan kualitas yang sangat baik, bahkan bisa digunakan untuk kebutuhan profesional.

Konektivitas

Dari segi konektivitas, kelebihan iPhone 6s memiliki dukungan internet lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dengan teknologi LTE yang lebih “advance” mendukung Band 23 LTE, iPhone 6s memberikan kecepatan sampai dengan dua kali lipat. Bukan hanya LTE, koneksi wi-fi juga menjadi dua kali lebih cepat pada iPhone 6s.

Kelebihan iPhone 6s dari segi konektivitas lainnya adalah sudah dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth serta USB yang berfungsi untuk mempermudah para pengguna untuk memudahkan transfer data karena tanpa harus terhubung dengan internet. iPhone 6s juga sudah dibekali fitur NFC namun hanya dapat dipergunakan untuk Apple Pay saja.

5 dari 6 halaman

Kelebihan iPhone 6s

Keamanan dan fitur pendukung

Dari segi keamanan, iPhone 6s sudah dilengkapi dengan teknologi Fingerprint sensor (Touch ID v2) atau pemindai sidik jari yang berfungsi untuk keamanan.

Pada desain, iPhone 6s memiliki fitur 3D touch. Fitur 3D Touch awalnya digunakan pada Apple Watch. Fitur ini membuat layar smartphone dapat merespon sentuhan dengan tingkat tekanan yang berbeda. Pengguna bisa menyentuh, menekan pelan, atau menekan kencang layarnya untuk menjalankan fungsi yang berbeda, terasa lebih efektif dan efisien.

Harga lebih murah

iPhone 6s merupakan ponsel yang rilis pada 2015. Saat ini Apple sudah tidak memproduksi dan memasarkan iPhone 6s. Namun, kamu mungkin masih bisa menemukannya di beberapa toko offline maupun online. Harga iPhone 6s tentunya akan lebih murah dari harga awal saat rilis pertama kali.

Saat ini iPhone 6s dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan untuk kapasitas penyimpanan 16 GB dan 32 GB. Untuk kapasitas peyimpanan 64 GB dan 128 GB masih bisa ditemukan dengan harga Rp 3 jutaan.

6 dari 6 halaman

Kelemahan iPhone 6s

Kapasitas baterai lebih kecil

iPhone 6s memiliki baterai 1715 mAh. Ini jauh lebih kecil dibanding iPhone 6 yang memiliki kapasitas baterai 1810 mAh. Perbedaan kapasitas baterai ini tentunya bisa memengaruhi ketahanan iPhone.

Fitur NFC hanya mendukung Apple Pay

iPhone 6s sudah memiliki fitur NFC di dalamnya. NFC yang digunakan pada smartphone, dapat mengubah smartphone menjadi alat pembayaran transaksi keuangan seperti halnya kartu kredit. Namun, fitur ini hanya dapat dipergunakan untuk Apple Pay saja.

Ketinggalan zaman

Bagi kamu yang memerhatikan tren, iPhone 6s mungkin akan terlihat ketinggalan zaman. Saat ini Apple sudah merilis banyak smartphone dengan beragam fitur menariknya. iPhone 6s bisa saja memiliki ketertinggalan fitur dari smartphone baru yang dirilis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.