Sukses

6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Merusak Rambut, Segera Hindari

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut harus kamu hindari segera. Permasalahan rambut seperti ketombe, rambut patah-patah, hingga timbulnya ketombe, menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Pasalnya rambut dapat menunjang penampilan agar semakin cantik. 

Perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami hingga dengan memakai teknologi modern zaman sekarang pun dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, rambut rusak sering kali terjadi karena perawatan sehari-hari yang tidak baik.

Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut perlu diketahui agar kamu dapat menghindarinya. Kebiasaan seperti tidur dengan rambut basah, mengikat rambut terlalu erat, hingga malas menyisir rambut dapat membuat rambut rentan mengalami berbagai masalah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/12/2020) tentang kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Tidur dengan Rambut Basah

Salah satu kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut adalah tidur dengan rambut basah. Hal ini membuat rambut kamu menjadi mudah rontok. Pada saat basah, rambut dalam keadaan rentan patah.

Selain itu ketika menempel pada bantal, rambut juga akan kehilangan kelembapannya sehingga dengan mudah akan rontok. Banyaknya gesekan rambut basah pada sarung bantal berpotensi menyebabkan kutikel rambut rapuh. Rambut jadi cenderung terlihat kering dan sulit diatur nantinya. 

Jadi, bila kamu terbiasa keramas sebelum tidur, pastikan rambut sudah dikeringkan terlebih dahulu sebelum tidur.

3 dari 7 halaman

Mengikat Rambut Terlalu Erat

Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut berikutnya adalah mengikat rambut terlalu erat. Jika kamu mengikat rambut terlalu erat pada saat tidur, akan membuat helaian rambut dan akarnya sulit bernapas. Hal ini menjadi salah satu penyebab rambut mudah rontok. Hal ini biasanya dilakukan agar rambut tampil prima di pagi hari.

Namun, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut bila tak ingin rambut mudah rusak. Mengikat rambut dengan kencang akan membuatnya rapuh dan mudah patah, terlebih bila kamu mengikatnya saat basah. 

Daripada menggunakan ikat rambut, kamu bisa menggunakan jepit rambut yang lebih aman untuk kesehatan rambut. Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut ini tentu harus kamu hindari.

4 dari 7 halaman

Malas Menyisir Rambut

Menyisir rambut pada malam sebelum tidur adalah perawatan rambut terbaik jika dilakukan secara rutin. Hal ini disebabkan karena menyisir rambut dapat menyebarkan minyak alami di kulit kepala.

Kulit kepala memiliki kelenjar yang memproduksi minyak. Menyisir rambut saat kering akan mendistribusikan minyak alami tersebut ke sepanjang batang rambut. Selain itu, menyisir rambut sebelum tidur dapat menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut.

Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut ini dapat membuat rambut semakin kusut karena menempel pada bantal dan membuat pangkal rambut bercabang.

5 dari 7 halaman

Menggunakan Sarung Bantal Berbahan Katun

Selain memperhatikan perawatan, kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut juga dapat dipengaruhi oleh sarung bantal yang kamu gunakan. Terutama jika kamu menggunakan sarung bantal berbahan katun.

Katun merupakan bahan kain yang riskan untuk digunakan sebagai alas bantal. Meski bahannya nyaman untuk digunakan namun katun dapat membuat rambut kamu semakin kering. Sarung bantal dengan bahan ini berpotensi menyebabkan gesekan pada rambut ketika tidur. 

Sebagai pilihan, kamu dapat menggunakan alas bantal berbahan silk yang lebih aman untuk rambut. Kain yang lembut seperti sutra dapat mengurangi gesekan penyebab rambut rusak.

6 dari 7 halaman

Jarang Mencuci Sarung Bantal

Selain menggunakan sarung bantal berbahan katun, tidak mencuci alas atau sarung bantal juga dapat merusak rambut. Menggunakan alas bantal yang kotor, dapat membuat bakteri berkembang di rambut sehingga muncul ketombe. Hal ini tentu sangat mengganggu, pastikan kamu mencuci sarung bantal minimal sekali dalam seminggu.

7 dari 7 halaman

Tidak Membersihkan Produk Perawatan Rambut

Kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut berikutnya adalah tidak membersihkan produk perawatan rambut. Banyak wanita tidak mencuci rambut setelah menggunakan produk perawatan.

Padahal, ketika kamu membawa produk perawatan rambut tersebut untuk tidur baik itu dalam bentuk serum, gel dan lainnya akan merusak rambut. Hal ini karena produk perawatan rambut tersebut hanya bisa diaplikasikan pada rambut tidak lebih dari enam jam.

Jadi, kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambut ini harus kamu hindari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan rambut yang sudah memakai berbagai produk perawatan rambut. Perhatikan juga saat kamu menggunakan gel atau minyak rambut agar tidak tertinggal saat tidur. Selalu bersihkan rambut sebelum tidur sampai benar-benar bersih.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS