Sukses

Diangkat Ratusan Orang, Video Tradisi Pindah Rumah ala Suku Bugis Ini Viral

Mappalette bola merupakan tradisi suku Bugis saat pindah rumah.

Liputan6.com, Jakarta Pindah rumah bagi banyak orang, tentunya pindah ke rumah baru yang akan ditempati. Rumah lama pun tetap masih ada atau kemungkinan sudah dijual.

Namun pindah rumah bagi sebagian Suku Bugis di Indonesia tentunya berbeda dari pindah rumah pada umumnya. Pasalnya dalam Suku Bugis, pindah rumah yaitu memindahkan sebuah bangunan rumah ke lokasi baru.

Rumah yang biasanya terbuat dari kayu ini pun tidak dibongkar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Namun dipindahkan dalam kondisi masih membentuk rumah pada umumnya.

Seperti sebuah video viral di TikTok yang dibagikan oleh akun @sul_kifli. Selain itu, tradisi pindah rumah Suku Bugis ini pun syarat akan makna di dalamnya. 

Berikut ulasan video tradisi pindah rumah ala Suku Bugis yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (18/11/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Pindah Rumah ala Suku Bugis Disebut Mappalette Bola

Pindah rumah bagi Suku Bugis, yaitu dengan memindahkan rumah ke lokasi baru. Rumah yang terbuat dari kayu ini pun memang didesain bisa dipindahkan dengan bantuan ratusan orang.

Pindah rumah ini pun dilakukan karena beberapa alasan. Salah satunya ialah tanah yang sebelumnya ditempati telah dijual dan rumah pun harus dipindahkan.

3 dari 4 halaman

Proses Pindah Rumah ala Suku Bugis

Pemindahan rumah oleh Suku Bugis ini dilakukan oleh ratusan orang laki-laki. Biasanya bagian bawah rumah akan diberi sebuah pegangan yang terbuat dari bambu agar mudah saat mengangkatnya.

Prosesi ini pun dipimpin oleh ketua adat yang nantinya memberikan aba-aba saat mengangkat, berjalan, hingga meletakan pada lokasi yang baru. Sedangkan warga perempuan akan menyiapkan makanan bagi warga yang membantu mengangkat rumah.

Sebelumnya, pemilik rumah pun akan menyediakan makanan untuk warga yang membantu, baik makanan pembuka sebelum memindahkan dan makanan berat usai meletakan rumah di lokasi baru. Tradisi Mappalette Bola ini penuh dengan arti gotong royong yang terjadi di dalam masyarakat Suku Bugis yang solid.

4 dari 4 halaman

Viral di TikTok

@sul_kifli

kalian Bugis mana, bone, tulis aja di kolom komentar yah#tolitolisulteng #fypbetandatiktok

♬ original sound - fikaaa✨ - fikaaa✨

Diunggah pada 14 November 2020, video viral di TikTok yang dibagikan oleh akun @sul_kifli ini viral di dunia maya. Hingga berita ini ditulis, video ini sudah ditonton sebanyak 5 juta kali. Sejumlah warganet turut meninggalkan komentar di akun Zul Kifli R Sul. 

"Ini baru namanya pindah rumah" ujar akun TikTok @diana

"Hikmahnya gotongroyong dan kebersamaan"  ujar akun Tiktok Akim Arilaha

"Bone emang gini guys hahaahah, rumah nenenkku juga diangkat" tulis warganet lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini