Sukses

10 Minuman Kaya Antioksidan, Segarkan dan Kuatkan Tubuh

Antioksidan bisa dinikmati dalam minuman.

Liputan6.com, Jakarta Antioksidan merupakan senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Senyawa ini membantu melindungi sel dari kerusakan. Antioksidan bisa ditemukan dalam makanan dan minuman.

Sayur dan buah merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi. Selain dalam bentuk makanan, antioksidan bisa dinikmati dalam bentuk minuman. Ada banyak minuman antioksidan yang bisa dicoba.

Minuman kaya antioksidan ini bisa dibuat dan didapatkan dengan mudah. Minuman kaya antioksidan berasal dari jus buah, sayur, dan minuman alami lainnya. Rutin minum minuman kaya antioksidan bisa membantu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh.

Berikut 10 minuman kaya antioksidan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(7/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Minuman kaya antioksidan

Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman antioksidan paling populer. Teh ini kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki efek antioksidan kuat. Teh hijau juga menyediakan beberapa antioksidan dan polifenol lainnya, termasuk asam galat, epikatekin, dan katekin.

Teh hijau mengandung polifenol tingkat tinggi yang dipercaya dapat mencegah jenis kanker tertentu seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Teh madu

Madu berkualitas tinggi kaya antioksidan. Madu bisa menjadi minuman manis yang sehat dan nikmat. Kandungan antioksidan dalam madu juga tak kalah kuat dari buah dan sayuran. Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat.

3 dari 6 halaman

Minuman kaya antioksidan

Kopi

Kopi juga memiliki kandungan antioksidan yang tak kalah kuat dari teh hijau dan cokelat. Secara khusus, kopi sarat dengan antioksidan seperti asam caffeic, asam klorogenat, katekin, quercetin, dan rutin. Minum kopi bebas gula bisa menambah asupan antioksidan yang penting untuk tubuh.

Cokelat

Secangkir cokelat panas dari bubuk kokoa merupakan sumber antioksidan yang baik. Kokoa mengandung flavonoid yang tinggi. Antioksidan dalam coklat dan cokelat hitam telah dikaitkan dengan efek penurunan risiko penyakit jantung. Kokoa juga meningkatkan kadar antioksidan darah, meningkatkan kadar kolesterol HDL "baik" dan mencegah kolesterol LDL "jahat" teroksidasi.

4 dari 6 halaman

Minuman kaya antioksidan

Air kelapa

Air kelapa mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Air ini juga merupakan sumber mikronutrien yang bagus seperti kalium, vitamin C, dan mangan. Air kelapa juga bisa menjadi minuman yang sempurna untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang. Antioksidan dalam air kelapa dapat membantu mencegah peradangan dan meminimalkan risiko penyakit kronis.

Air lemon

Lemon adalah sumber antioksidan vitamin C dan flavonoid yang sangat tinggi. Konsumsi air lemon dikaitkan dengan pencegahan kerusakan akibat radikal bebas. Minuman yang tinggi vitamin C dan antioksidan lainnya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan. Memasangkan makanan dan minuman yang tinggi vitamin C dengan makanan kaya zat besi juga akan memaksimalkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

5 dari 6 halaman

Minuman kaya antioksidan

Jus buah bit

Bit dikemas dengan antioksidan dan senyawa fenolik yang bermanfaat. Bit terutama kaya akan antioksidan yang disebut betalains. Ini memberi bit warna kemerahan dan telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Senyawa ini dikaitkan dengan penurunan risiko kanker usus besar dan saluran pencernaan.

Karena kandungan antioksidannya, buah bit kerap diolah menjadi minuman sehat yang dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan pertumbuhan sel kanker. Jus buah bit memiliki rasa yang ringan dan merupakan sumber serat, kalium, zat besi, dan folat.

Jus delima

Delima sangat kaya akan antioksidan, dengan penelitian menunjukkan bahwa potensi antioksidan jus delima mungkin lebih tinggi dari pada anggur merah dan teh hijau. Jus buah segar ini mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu meredakan beberapa jenis radang sendi.

Jus delima juga kaya akan vitamin C yang meningkatkan kekebalan. Jus delima juga menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap penumpukan plak lemak di arteri.

6 dari 6 halaman

Minuman kaya antioksidan

Jus kale

Kale adalah salah satu sayuran hijau paling bergizi yang kaya akan vitamin A, K, dan C. Kale sarat akan antioksidan kuat seperti quercetin dan kaempferol. Kale dapat diolah menjadi jus yang sehat dan segar. Varietas kale merah bahkan dapat mengandung hampir dua kali lipat antioksidan. Kale juga merupakan sumber kalsium nabati yang baik untuk tulang.

Jus cranberry

Jus cranberry mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker, serta meningkatkan kesehatan saluran kemih. Cranberry mengandung banyak antioksidan, seperti asam fenolik dan flavonoid.

Jus cranberry juga kaya akan kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin. Minuman ini baik untuk mengisi elektrolit tubuh yang hilang. Buah cranberry merupakan sumber vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Dua vitamin ini merupakan agen antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini