Sukses

10 Negara Penghasil Teh, Indonesia Salah Satu yang Terbaik di Dunia

Berkembangnya budaya minum teh di dunia, tidak lepas dari adanya negara penghasil teh itu sendiri yang memproduksi jenis teh terbaik dan memikat setiap orang yang meminumnya.

Liputan6.com, Jakarta Dari beberapa negara penghasil teh terbaik di dunia, ternyata Indonesia merupakan salah satunya. Memang tidak heran jika Indonesia termasuk salah satu negara dengan kualitas teh terbaik. Bahkan, teh sendiri sudah sangat lekat di masyarakat Indonesia.

Pada berbagai kegiatan, biasanya masyarakat Indonesia akan memasukkan teh ke dalam daftar hidanganya. Teh, selain memiliki rasa yang enak dan sangat unik, juga memiliki berbagai manfaat yang sudah diakui oleh berbagai penelitian di dunia. Di China salah satunya, selain menjadi komoditas yang bernilai ekonomi, teh juga menjadi ramuan untuk obat dan mencegah berbagai penyakit.

Tidak heran, jika China menjadi salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Bahkan hampir separuh dari teh yang ada di dunia merupakan hasil produksi dari kebun teh yang ada di China. Berbeda negara penghasil teh, berbeda pula jenis teh yang dihasilkan. Selain itu, budaya mengonsumsinya akan berbeda di tiap negara penghasil teh tersebut.

Selain lekat dengan manfaat kesehatan, rasa yang nikmat, dan menjadi budaya di kehidupan sehari-hari masyarakat, teh juga menjadi cerminan akan suburnya tanah di negara penghasil teh tersebut. Di bawah ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai 10 negara penghasil teh yang sangat terkenal akan produk-produk teh dengan kualitas terbaik yang dihasilkan, Selasa (9/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

China dan India

1. China

Sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, China ternyata juga menjadi negara penghasil teh yang menyumbang hampir separuh dari jumlah teh yang ada di dunia. Hal ini tidak terlepas dari sejarah panjang China dalam kaitannya dengan budaya meminum teh. Teh sendiri di China sudah sangat dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, China disebut sebagai negara dengan budaya minum teh pertama di dunia.

Dibalik sangat panjangnya sejarah minum teh di China, asal mula ditemukannya minuman teh tersebut juga sangat unik. Bahkan berbagai cerita legenda meriwayatkan jika minuman teh ditemukan ketika sehelai daun teh jatuh ke dalam tempat untuk menyeduh air dari Kaisar Shen Nung. Lalu, sanga kaisar sangat terkesima dengan rasa air yang tercampur oleh daun tersebut. Memang, dahulu kala masih dianggap sebagai tanaman liar.

 

2. India

Negara penghasil teh selanjutnya yaitu India. Negara ini merupakan negara penghasil teh terbesar setelah China. Salah satu fakta uniknya, pada tahun 1598 ketika para penjajah dari Belanda ke India, mereka menemukan teh namun bukan dikonsumsi sebagai minuman. Justru, teh tersebut dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sayuran.

Lalu, pada sekitar tahun 1820, perusahaan dari Inggris membuka perkebunan dan pengolahan teh di India. Daerah yang cukup terkenal menjadi penghasil teh di India yaitu Assam dan Darjeeling. Layaknya di China, India juga memiliki cara unik dalam mengonsumsi teh, yaitu dengan mencampur teh dengan susu dan gula.

3 dari 6 halaman

Sri Lanka dan Bangladesh

3. Sri Lanka

Sri Lanka merupakan salah satu negara penghasil teh yang menghasilkan teh hitam berkualitas tinggi. Awalnya, sri lanka terkenal dengan komoditas berupa kopi. Namun, ketika turunnya nilai ekonomi kopi pada tahun 1886, akhirnya Sri Lanka yang kala itu diperintah oleh kolonial Inggris, memutuskan untuk mengembangkan teh. Dan hingga saat ini, teh hitam Sri Lanka masih jadi yang terbaik di dunia, meski jumlah produksinya tidak sebanyak teh hitam dari Kenya.

 

4. Bangladesh

Tidak jauh dari India dan Sri Lanka, negara ini juga dikneal akan kualitas teh yang dihasilkan. Awal mula dari teh di negara ini berawal dari tahun 1840. Ketika itu, Inggris membuat perkebunan teh di daerah Sylhet, yang hingga kini masih menjadi pusat dari teh produksi Bangladesh.

4 dari 6 halaman

Vietnam dan Myanmar

5. Vietnam

Budaya minum teh di Vietnam sama tuanya dengan China yang telah dimulai sejak ribuan tahun lalu. Awalnya, teh yang ada di Vietnam berkembang dari daerah utara yang berbatasan dengan Provinsi Yunan, China. Jadi tidak heran jika dari segi budaya minum teh, Vietnam hampir sama tuanya dengan China, tentu berkat letak negara yang berdekatan. Namun, teh sendiri justru mulai dikembangan menjadi komoditas yang bernilai ekonomi karena penjajah Prancis yang masuk ke Vietnam tahun 1883.

 

6. Myanmar

Masih berasal dari negara yang terletak di Asia, tepatnya Asia Tenggara. Myanmar merupakan salah satu negara dengan kualitas teh terbaik di dunia. Negara Seribu Pagoda ini memiliki perkebunan teh terbaik yang berlokasi di Shan, yang merupakan negara bagian dimana berbatasan dengan China.

5 dari 6 halaman

Indonesia dan Kenya

7. Indonesia

Teh yang ada untuk pertama kalinya di Indonesia justru berasal dari Jepang. Teh dari Jepang tersebut didatangkan pada tahun 1684. Akan tetapi, hasil yang diperoleh dari budidaya teh Jepang tersebut kurang menunjukkan hasil yang baik. Lalu, pada tahun 1877 teh dari Sri Lanka didatangkan, dan ternyata cukup cocok dengan kondisi tanah yang ada di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, teh memang sangat banyak jenis turunannya. Dan rasa yang dihasilkan juga beragam tergantung daerah dimana teh tersebut ditanam. Tapi, umumnya teh tersebut tumbuh subur di daerah dataran tinggi.

 

8. Kenya

Dimulai sejak kurang lebih tahun 1920, teh yang ada di Kenya sudah mulai menjadi komoditas bernilai ekonomi. Jenis teh yang diproduksi Kenya juga merupakan teh hitam. Seperti Sri Lanka, teh dari Kenya juga menjadi salah satu produk yang dikenal dunia dan Kenya menjadi salah satu penghasil teh hitam terbesar di dunia di atas Sri Lanka.

6 dari 6 halaman

Iran dan Turki

9. Iran

Sejarah berkembangnya teh di Iran memang berawal dari hubungan perdagangan darat dengan China yang memiliki julukan “Jalur Sutra”. Pada tahun 1882, teh di Iran semakin populer di kalangan masyarakat. Bahkan masyarakat Iran mulai menanam teh mereka sendiri. Hal tersebut dipelopori oleh Pangeran Mohammad Mirza, yang merupakan Wali Kota pertama di Teheran, Iran.

 

10. Turki

Mungkin tidak banyak yang mengetahui jika Turki merupakan salah satu negara penghasil teh yang cukup besar dan kualitasnya juga baik. Selain itu, Turki juga memiliki budaya minum teh yang sangat khas. Masyarakat Turki juga dikenal sebagai pecinta teh dan memberi sumbangsih terhadap konsumsi teh di dunia. Pada awalnya, sekitar tahun 1500 orang Turki mengenal teh lewat aktivitas perdagangan yang berada di “Jalur Sutra”. Itulah mengapa hingga kini berdampak kepada Turki yang menjadi salah satu negara penghasil teh dengan kualitas yang baik di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.